#6 Cara Efektif untuk Berkomunikasi dengan Orang Tua


Kali ini masnasih.com akan berbagi tips tentang bagaimana sih cara berkomunikasi dengan orang tua secara efektif. Ini adalah tips dari Bimbingan konseling sekolah adek saya hehe.. Oke langsung saja simak tips berikut ini.

6 Cara Efektif untuk Berkomunikasi dengan Orang Tua

  1. Jika melakukan suatu hal yang kurang benar, segera meminta maaf dan memberikan penjelasan yang jujur, sekalipun itu perbuatan yang tidak baik, serta berjanji tidak akan mengulangi lagi. Jujur adalah modal utama untuk bahan pembicaraan yang tepat.
  2. Jangan ragu-ragu mengatakan rasa sayang pada orang tua lewat kata-kata pelukan, ciuman. Tentunya dengan batas kewajaran ya.
  3. Ungkapkan perasaan jika orang tua menghukummu setelah suasana tenang. Ini penting banget, karena untuk mengingatkan orang tua yang nantinya demi kebaikan bersama.
  4. Apabila mempunyai suatu keinginan, usahakan memenuhi kewajiban terlebih dahulu. Namun kewajiban tersebut jangan hanya dilakukan ketika punya keinginan saja, tetapi lakukanlah kewajiban tersebut dengan rutin dan ditingkatkan intensitasnya. Ini tidak kalah pentingnya. Kalau sampai tidak melaksanakan kewajiban pasti orang tua tidak simpatik terhadap kemauan kita.
  5. Jika ada masalah yang ingin di bicarakan. Cari waktu yang tepat dan tidak melakukannya saat orang tua sedang lelah atau butuh istirahat. Ini perlu sedikit kepekaan dan jika salah sedikit saja pasti akan berakibat fatal.
  6. Apabila kedua orang tua sedang terlibat pembicaraan, tunggu sampai mereka selesai/tidak memotong pembicaraan. Tunggu sampai mereka selesai berbicara kemudian sobat baru boleh berbicara.
Nah cukup sekian dulu tips berkomunikasi efektif dengan orang tua. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.