Apa Hubungan Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional?

Apa Hubungan Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional? 
masnasih.com - Jam 23.05 baru kebangun dari tidur bingung mau ngapain, ya udah Saya memilih untuk menulis postingan yang berjudul "Apa Hubungan Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional" mengingat judul yang berupa pertanyaan ini pernah di tugaskan oleh dosen, maka Saya rasa perlu membagikan juga ke sobat-sobat  juga yang mungkin membutuhkan.


Terkait referensi, Saya masih menggunakan buku yang sama seperti postingan-postingan sebelumnya yaitu buku "Pendidikan Kewarganegaraan-Untuk Perguruan Tinggi" Karya Prof. Dr. H. Kaelan, M.S. dan Drs. H. Achmad Zubaidi, M.Si. dosen Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Baiklah langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Apa Hubungan Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional?

Dalam menyelenggarakan kehidupan nasional agar tetap mengarah pada pencapaian tujuan nasional diperlukan suatu landasan dan pedoman yang kokoh berupa konsepsi wawasan nasional.


Wawasan nasional Indonesia menumbuhkan dorongan dan rangsangan untuk mewujudkan aspirasi bangsa serta kepentingan dan tujuan nasional. Upaya pencapaian tujuan nasional dilakukan dengan pembangunan nasional yang juga harus berpedoman pada wawasan nasional.
Dalam proses pembangunan nasional untuk mencapai tujuan nasional selalu akan menghadapi berbagai kendala dan ancaman. Untuk mengatasi perlu dibangun suatu kondisi kehidupan nasional yang disebut dengan ketahanan nasional.

Keberhasilan pembangunan nasional akan meningkatkan kondisi dinamik kehidupan nasional dalam wujud ketahanan nasional yang tangguh. Sebaliknya, ketahanan nasional yang tangguh akan mendorong pembangunan nasional yang semakin baik.

Wawasan nasional bangsa Indonesia adalah Wawasan Nusantara yang merupakan pedoman bagi proses pembangunan nasional menuju tujuan nasional.

Sedangkan ketahanan nasional merupakan kondisi yang harus diwujudkan agar proses pencapaian tujuan nasional tersebut dapat berjalan dengan sukses.

Oleh karena itu diperlukan suatu konsepsi Ketahanan Nasional yang sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia.

Secara ringkas dapat dikatakan bahwa Wawasan Nusantara dan ketahanan nasional merupakan dua konsepsi dasar yang saling mendukung sebagai pedoman bagi penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara agar tetap jaya dan berkembang seterusnya.

Semoga penjelasan singkat tersebut dapat sedikit memberikan gambaran untuk sobat. Jika masih bingung coba baca dibaca lagi dan dipahami. Dan jangan lupa baca referensi lainnya agar semakin luas pengetahuan sobat.

Nah, seperti itulah cara memahami Hubungan Antara Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional. Semoga bermanfaat.