Konsumsi
masnasih.com - Dalam konsumsi, ada aspek-aspek penting yang harus diperhatikan. Salahsatunya  harus memperhatikan faktor kebutuhan dan kelestarian alam. Berikut materi Konsep Konsumsi dalam Islam.

Konsumsi dalam Islam

Konsumsi dalam Perspektif Hadits Nabi

Dari Anas ra. Katanya, Rasulullah SAW bersabda, “Seandainya seorang manusia mempunyai harta sebanyak dua lembah niscaya ia akan mencarinya lembah yang ketiga dan tidak akan penuh mulut manusia itu kecuali dengan tanah (kematian) dan Allah akan mengampuni orang yang bertobat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hidup hemat dan tidak bermewah-mewah bermakna tindakan konsumsi diperuntukkan hanya sekedar pemenuhan kebutuhan hidup (needs), bukan pemuasan keinginan (wants).

Tujuan konsumsi dalam Islam

Tujuan Konsumsi untuk memenuhi kebutuhan manusia, yaitu

  1. Kebutuhan primer (dharuriyyah) yaitu kebutuhan yang berkaitan dengan hidup-mati seseorang, ct makan, minum.
  2. Kebutuhan sekunder (hajiyyah), yaitu kebutuhan yang diperlukan untuk mengatasi kesulitan, tetapi tidak sampai mengancam kehidupan apabila tidak dipenuhi, ct. kendaraan.
  3. Kebutuhan tersier (tahsiniyyah), yaitu kebutuhan yang bersifat asesoris, pelengkap, dan memberi nilai tambah pada pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder, ct. Perhiasan.

Aktivitas konsumsi dalam Islam bertujuan untuk meningkatkan ibadah dan keimanan kepada Allah SWT dalam rangka mendapatkan kemenangan, kedamaian dan kesejahteraan akhirat (falah).

Aktivitas konsumsi dalam konvensional berkaitan dengan maksimalisasi kepuasan (utility).

Pemilihan Konsumsi


  1. Mengutamakan akhirat daripada dunia.
  2. Konsisten dalam prioritas pemenuhannya.
  3. Memperhatikan etika dan norma.

Prinsip-prinsip Konsumsi dalam Islam


  1. Prinsip keadilan: mengonsumsi sesuatu yang halal dan baik (tidak membahayakan tubuh), tidak menzalimi dan tidak dizalimi (riba).
  2. Prinsip kebersihan
  3. Prinsip kesederhanaan
  4. Prinsip kemurahan hati: zakat, sedekah, infak dan wakaf.
  5. Prinsip moralitas: etika dalam mengonsumsi, ct. Makan dengan tangan kanan.

Demikian Konsep Konsumsi dalam Islam. Semoga Bermanfaat.

Baca Artikel Pendidikan Lainnya.