Cara Sukses Ngeblog
masnasih.com - Siapa sih yang nggak pengen jadi orang sukses? apalagi suksesnya sepanjang masa. Semua orang pasti pengen dong. 

Nah,  kali ini saya tergugah untuk menulis tips ini karena saya rasa tips ini sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang bingung cari cara menjadi blogger sukses seperti yang kamu inginkan itu. Oke, Langsung to the point saja agar nggak terlalu panjang lebar.

Kunci Menjadi Blogger Sukses Sepanjang Masa

Baca Semua dan Jangan sampai ada yang kelewatan satu katapun karena di sela-sela artikel ini saya taruh Tips Rahasia yang sebenarnya.

Kunci Blogger Sukses 

Hanya ada satu kunci untuk menjadi blogger yang sukses sepanjang masa yaitu apa?
Jangan pernah berhenti untuk menulis artikel tiap harinya
Sudah itu saja tips menjadi blogger yang sukses sepanjang masa. Dan saya jamin 100% jika kamu mempraktekkan tips tersebut pasti kamu akan menjadi blogger yang sukses sepanjang masa.

Mulailah dari sekarang. Sekarang mulailah belajar menulis rutin setiap hari. Itu jauh lebih baik daripada hanya belajar banyak teori tanpa praktek. Ya  itu sama seperti punya keinginan tapi hanya diam. Alhasil keinginan tak tercapai dan berakhir pada frustasi.

Mungkin bagi kamu yang sudah lama ngeblog, pasti paham dengan yang saya sampaikan tersebut. Tapi, bagi bagi jamu yang baru memulai ngeblog, pasti belum ngeh apa yang saya maksud. 

Oke, saya akan jelaskan mekanisme kerjanya tentang bagaimana langkah-langkah menjadi blogger yang sukses sepanjang masa. 

Pengertian Blogger Sukses

Seorang blogger sukses adalah dia yang mempunyai blog dengan konten yang selalu update secara berkala dan dikelola dengan penuh cinta. Tak dapat dipungkiri, blog yang selalu update akan lebih disukai search engine dan menaklukkan halaman satu mesin telusur, lalu mendapatkan banyak pengunjung dari situ.

Alasan Dikatakan Sukses

Yang pertama, nyawa dari blog adalah konten. Semakin update konten semakin segar blog untuk dipandang. Blog yang terkelola dengan baik menandakan bahwa pemiliknya sangat antusias dalam mengelolanya. Maka, jika sebuah blog dikatakan sukses, pemiliknya pun jauh lebih sukses.

Jumlah pengunjung yang banyak juga  jumlah yang banyak juga menjadi indikator blog itu sukses. Pengunjung yang banyak artinya sukses menarik banyak orang untuk mengunjungi blognya. Lalu bisa dikatakan bahwa pemiliknya sangat pandai dalam urusan marketingnya, pandai dalam membuat artikelnya, dan pandai segalanyalah.

Pertanyaan dan Kekaguman Para Newbie

Para newbie pasti kagum saat melihat blog seseorang ramai pengunjung.  Misalnya,p perharinya bisa sampai ratusan, Ribuan, puluh ribuan, ratus ribuan, atau bahkan jutaan. Jika belum membuktikan, pasti tak akan percaya. Namun, juga ada yang bertanya-tanya tentang cara mendapatkan pengunjung yang begitu banyak.

Saya kasih tahu ya..

Pertanyaan yang sering muncul dipikiran blogger pemula biasanya berkaitan dengan trafik blog.

Misalnya bertanya seperti ini.

Kenapa blog saya masih sepi tidak ada pengunjungnya?

Apakah artikel saya kurang bagus atau gimana sih?

Pertanyaan itu sangat wajar sekali. Dengan bertanya-tanya seperti itu, akhirnya kamu mau belajar lebih lebih dalam lagi.

Tapi yang terpenting jangan Pernah Mengeluh, karena kalau dari awal saja sudah mengeluh, fokusnya akan berkurang dan tujuanpun tak akan pernah bisa tercapai.

Ngeblog itu langkah untuk menjadi pengusaha sukses. Kamu pasti sudah tahu, untuk menjadi pengusaha yang sukses butuh proses yang tidak cepat, butuh proses yang lama untuk mencapainya. 

Dalam berusaha, kamu harus berani bayar harga, artinya kamu harus rela kehilangan waktunya untuk belajar dan terus mencoba. Rela kehilangan waktu untuk bersenang-senang. Dan rela meninggalkan sesuatu demi meraih kesuksesan di masa mendatang.

Begitu juga dengan ngeblog. Kamu harus merelakan sebagian waktu untuk membuat konten blog, share ke medsos, dan lain sebagainya.

3 Langkah Mengelola Blog

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh seorang blogger.

Membuat Konten Blog

Untuk awalanya sebuah blog itu pasti sepi. Itu sudah pasti. Ibaratnya membuka usaha tapi di tengah hutan belantara, nggak pake lampu, bukanya malam hari pisan euy, udah gitu usahanya nggak jelas, pokoknya parah babget. Itu sangat wajar kalau  usahanya sepi. Kalau usahanya rame malah mencurigakan kan? Dari mana pengunjungnya dan sebagainya.

Ibaratnya seperti itu. Wajarkan kalo blogmu masih sepi.

Nah kalo sudah tau seperti itu tentunya temen-temen akan berpikir bagaimana cara memperbaikinya. Kuncinya ya hanya seperti yang saya sampaikan di atas yaitu membuat produknya atau membuat Kontennya. Bisa berupa artikel atau video, digabungin juga bisa.

Kategori Konten Blog

Blog mempunyai kategori yang bermacam-macam. Berikut penjelasannya.

Konten Informasi

Konten informasi ibaratnya produk makanan, konten ini bersifat jangka pendek karena cepet basi atau di butuhkan hanya sampai batas waktu tertentu.

Konten How To dan Tips

Konten ini bersifat jangka panjang karena informasinya berguna sampai kapanpun. Kalo ada perubahanpun perubahannya tidak terlalu cepat.

Nah, kamu perlu buat 3 konten ini nih. Buat aja terus menerus. Kalo bisa sih banyakin yang jangka panjangnya. Yang penting rutin aja dan jangan pernah berhenti seperti tips yang sudah saya sampaikan di atas. Ibaratnya konten ini sebagai stok barang buat persiapan nanti kalo ada orang yang mau beli/berkunjung. 

Kalo produknya banyak kan orang yang berkunjung akan puas atau bahkan kebingungan atau minimal dia kepo ingin tau apa sih fitur-fiturnya dan sebagainya. 

Kalo semisal stok kita masih sedikit ya pasti orang yang berkunjung akan keluar  masuk. Dan dipikirannya, ahh cuma gini-gini aja. Apalagi nggak pernah update, ya sudah dapat dipastikan dan pasti tidak akan ada pelanggannya, iya kan? Itu kenapa kunci menjadi blogger sukses sepanjang masa adalah jangan pernah berhenti membuat artikel blog.

Tapi ini hanya penjelasan dasarnya saja, saya akan sampaikan penjelasan lanjutannya di akhiran artikel ini.

Sosial Media Marketing

Kalau semuanya sudah siap, langkah selanjutnya adalah share ke medsos.

Walaupun di hutan belantara, perlu menyebarkan info ke perkampungan-perkanpungan terdekat.

Nah,  ini adalah tahap pengenalan produknya. Pertama pasti pengunjungnya sedikit hanya beberapa orang saja yang ingin melihat-melihat.

Itu sangat wajar kan?

Nah, kalau kamu rajin membuat produknya, dan setiap kali membuat produk, share ke mana saja, dilakukan terus menerus, pasti pengunjungnya semakin banyak karena produknya selalu update. Dan kalo produknya bagus pasti banyak orang yang merekomendasikannya ke keluaganya atau teman-temannya. Nah, mulai saat itu trafik blog mulai banyak. Tapi perlu update dan share juga biar ada pengunjungnya.

Di sela-sela itu jangan lupa juga untuk mendaftarkan blog ke webmaster mesin pencarian (google, bing, yahoo, msn, dsb). Karena kalo beruntung, artikelnya bisa berada di halaman pertama mesin pencarian. Nggak perlu share-share aja sudah pasti ada pengunjungnya. Ibaratnya kamu membuka toko di pasar.

Ini sangat penting untuk jangka panjangnya. Sebenarnya tanpa didaftarkan juga tidak apa-apa, tapi prosesnya akan lebih lama. Pengalaman saya, artikel saya baru masuk ke halaman pertama pencarian kira-kira setahun setelah posting artikelnya. Sedangkan yang saya daftarkan, hanya dalam sekejap saja sudah langsung masuk ke halaman pertama mesin pencarian. Tentunya juga harus memperhatikan kompetitornya.

Internet Marketing

Inti dari internet marketing adalah mempopulerkan blog dikenal banyak orang.

Search Engine Optimization

Berfungsi untuk membuat blog temen-temen menjadi sangat disukai oleh mesin pencarian dan pengunjung.

Dari kedua meteri tersebut bertujuan untuk mendapatkan trafik pengunjung sebanyak-banyaknya.

Quotes

Jangan pernah sombong dan cepat puas dengan sesuatu yang telah kita miliki. Tetaplah belajar untuk tetap bertahan dan menciptakan inovasi baru.
Dalam ilmu marketing, ada 4 istilah yaitu lifecycle Produk atau siklus hidup sebuah produk. Siklus ini dimulai dari Introduce dimana kita mengenalkan usaha kita. Kemudian growth dimana kita sudah mempunyai pelanggan dengan strategi marketing yang baik. Kemudian kita memasuki tahap Mature dimana blog kita sudah dikenal dimana-mana tanpa kita harus beriklan. Dan mengalami Decline jika terlalu nyaman dengan pencapaiannya.

Decline adalah titik jatuh setelah berjaya karena kelalaiannya. 

Belajar Dari Nokia

Temen-temen tau Perusahaan Nokia?

Dia dulu sangat terkenal, populer, dan sangat disukai oleh masyarakat. Tapi kenapa sekarang dia menghilang begitu saja, masih ada tetapi seperti tidak ada? Itu karena saat itu ketika dia dalam kondisi mature dia tidak mau mengikuti perkembangan jaman, ketika android muncul dia tidak mau memanfaatkan peluang itu sehingga sampai sekarang dia mengalami decline (penurunan bahkan menghilang). Kalo sudah mengalami decline ini perusahaan akan sulit untuk bangun pagi dan harus mengulangi dari awal atau bahkan lebih sulit lagi.

Belajar Dari Pos

Temen-temen tau kantor pos?

Kalo temen-temen berpikir saat itu ketika handphone mulai muncul, pasti kita akan mengira kalau kantor pos bakalan nggak laku. Tapi ternyata sampai sekarang kantor pos masih menjadi kepercayaan masyarakat dan pelanggannya masih setia bahkan bertambah. Itu kenapa? Karena dia melakukan inovasi-inovasi sebelum dia mengalami decline atau keruntuhan.

Sekarang tinggal pilih sendiri mana yang terbaik. Apakah pingin seperti kantor pos? Atau membiarkan usahamu mengalami decline seperti perusahaan nokia.

Sekarang sudah mudeng kunci menjadi blogger yang sukses sepanjang masa kan? 
Jangan pernah berhenti untuk membuat Artikel Blog

Alasan Membuat Artikel Rutin

Nih saya kasih tau manfaatnya. Simak baik-baik manfaat dari membuat artikel blog yang rutin dan terus menerus.

  1. Peluang untuk masuk ke halaman pertama mesin pencarian semakin banyak. Karena banyak kata kunci yang kita gunakan dan berbeda-beda.
  2. Pengunjung bisa jadi pelanggan, karena update terus informasi terbaru. Kalo nggak update pelanggan akan cari blog yang lain.
  3. Mengasah kemampuan marketing. Karena terus belajar dan mencari inovasi.
Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya.

Buku Hukum 10 Ribu Jam

Temen-temen sudah pernah baca buku hukum 10000 jam?

Di buku tersebut menjelaskan ketika seseorang menekuni suatu bidang, maka dia akan menjadi pakar dalam waktu 10000 Jam. Contoh kita ngeblog sehari 1 jam, maka pada tahun ke 20 kita akan jadi pakar blogger. Nah itu juga salah satu manfaatnya juga. 

Kesimpulan
Kunci menjadi blogger sukses adalah Jangan Pernah Berhenti Membuat Artikel.
Bagi kamu yang ingin mengembangkan bakat ngeblog, atau ingin belajar lebih dalam lagi dan ingin serius menyelami dunia blogging, mulai dari Pengetahuan dasar blogging, SEO, Internet Marketing dan Facebook Marketing, Instagram Marketing, dan lain sebagainya.

Kamu bisa bergabung di grup-grup blogger dan seo. Ada banyak sekali grup-grup yang bisa dimasuki. Kamu bisa belajar bareng disana.

Baca Artikel Blogging Lainnya.