Cara Membuat Rak Dinding Melayang Mengesankan

Rak Dinding

masnasih.com - Rak dinding melayang maupun rak dinding lainnya sangat bermanfaat jika ada di dalam rumah, karena memiliki fungsi sebagai alat untuk penyimpanan barang memiliki.  Peranan rak dinding melayang sangat penting seperti halnya laci atau box.

Cara Membuat Rak Dinding Melayang Mengesankan

Dengan menggunakan rak dekoratif,  barang akan lebih tertata dan terlihat rapi serta enak dipandang mata. Selain itu, dengan mengunakan sedikit desain akan dapat menambah keindahan ruangan. Rak dekoratif ini juga bisa digunakan untuk meletakkan pernak-pernik atau hiasan rumah unik yang kita letakkan di ruang tamu, dapur, maupun kamar tidur.

Kita bisa membuat penyangga papan rak dinding tidak terlihat dengan cara pemasangan tersendiri. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk membuat kesan rak dinding terlihat melayang.

Tips Sebelum Membuat Rak Dinding Melayang

  1. Sediakan papan triplek dengan ukuran persegi panjang yang sudah diberi lapisan halus. 
  2. Sisi depan triplek dibuat sebisa mungkin tertutup rapi. 
  3. Sisi yang menempel di dinding diberi tiga lubang untuk menyelipkan penyangga besi [jarak dari ketiga lobang tersebut harus sama]
Kita bisa menggunakan ukuran lebar sekitar 15-20cm, dengan panjang berkisar antara 40-120cm, dan tebal kira-kira 4-6 cm atau bisa menyesuaikan dengan kondisi ruang yang akan kita pasangi rak dinding melayang.

Untuk material ambalan atau rak bisa menggunakan multipleks yang difinishing melamik, duko atau HPL. Selain menggunakan bahan multipleks kita juga bisa menggunakan kayu solid yang difinishing dengan cat duco [sebagai bahan alternatifnya].

Bahan-Bahan Rak Dinding Melayang

Berikut ini material-material untuk membuat rak dinding yang terkesan melayang :


Sekrup
Sekrup untuk Rak Dinding Melayang
Rangka penyangga
Rangka penyangga untuk Rak Dinding 
Papan Ambalan
Papan Ambalan dimasukkan ke besi penyangga
Hasil Akhir rak Dinding
Hasil Akhir rak Dinding Akan Lebiih Terkesan Melayang 
      

Langkah-Langkah Membuat Rak Dinding Melayang Mengesankan

Berikut langkah-langkah cara memasang ambalan yang terkesan melayang :

  1. Memilih papan yang ingin kita gunakan sebagai ambalan rak dinding yang akan kita buat. Bahan yang digunakan untuk ambalan bisa kita pilih sesuai selera. kita bisa memmilih kayu solid atau multipleks. 
  2. Membuat lubang pada sisi papan untuk penopang, yang nantinya akan kita gunakan untuk menempelkan ambalan di dinding 
  3. Menyiapkan penyangga ambalan. Setelah letak ambalan ditentukan, kita perlu membuat penyangga dari multipleks dengan ukuran 12mm-15mm. Lubangi satu sisi papan terlebih dahulu menggunakan bor. Kemudian, buatlah papan yang menjadi penyangga menyerupai huruf J. Letakkan penyangga pada sudut 90° di tiap sisinya. Lekuk pendek yang berbentuk J ini berfungsi sebagai pengait sekaligus pengunci ambalan agar lebih stabil dan tak mudah goyah. Sedangkan lengan panjangnya disekrup ke dinding yang berfungsi sebagai penyangga. 
  4. Menandai posisi ambalan tersebut yang akan dipasang. Pastikan letak ambalannya agar aman dan tak mudah terbentur. Lebih baiknya, beri jarak dan letakkan pada dinding yang jarang dilalui orang. 
  5. Memasang ambalan, setelah penyangga masuk pada lubang, geser ambalan ke arah lekukan yang berbentuk J. Pastikan ambalan sudah “terjepit” di penyangga. Biar lebih kuat lagi, pasang sekrup di bawah ambalan Sampai menembus rangka.
Biar lebih mudah tonton videonya langsung saja :)

Video Tutorial Membuat Rak Dinding Melayang



Demikianlah Cara Membuat Rak Dinding Melayang Mengesankan yang bisa saya bagikan. Langsung praktekkan aja biar bermanfaat. Semoga Bermanfaat.


Sumber : rumah pantura

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post