Local Business Organization

masnasih.com - Halo Sobat, Apa kabar? Pada Postingan Kali ini saya akan berbagi tips tentang seo untuk jualan, Baik untuk jualan barang maupun jualan jasa. Teknik ini saya dapatkan secara gratis di salah satu video tutorial SB1M. Dan saya sudah menguji coba teknik ini dan ternyata teknik ini manjur juga.

Teknik Seo Newbie - Seo untuk Jualan - Teknik LBO

Teknik ini sudah banyak digunakan oleh imers. Tapi saya saya rasa banyak juga yang belum tahu tentang teknik ini. Oleh karena itu saya tertarik untuk mengulasnya kembali.

Kembali ke topik pembahasan. Jadi yang akan saya sampaikan pada artikel ini yaitu teknik LBO (local business organization). Saya tidak tahu definisi dari LBO itu sendiri, namun yang saya pahami LBO adalah salah satu teknik SEO yang menarget kata kunci suatu lokasi/tempat tertentu.

Struktur Teknik LBO

Kata Kunci (keyword) + Lokasi/tempat + CP (contact Person)

Contoh

  • Jasa Laundry di Bandung 08328727266
  • Jasa pengetikan di jakarta 08328727266

Penjelasan

  • Jasa Laundry dan jasa pengetikan = kata kunci (keyword)
  • Di Bandung = Lokasi/tempat
  • 082328727266 = Cp (contact person)

Anda juga bisa menggunakan long tail keyword

Contoh

  • Jasa laundry terpercaya di bandung 082328727266
  • Jasa pengetikan profesional di jakarta 08232877266

Atau anda bisa mengkreasikan kata kunci sesuai dengan selera anda yang terpeting adalah struktur LBO tetap mencantumkan Lokasi dan Contact Person. Anda juga dapat mendahulukan contact personnya misal : “082328727266 Jasa laundry di bandung” dsb.

Inti dari teknik LBO ini adalah mempermudah calon konsumen untuk mengakses contact person dan mengetahui lokasi anda sehingga dapat menjaring calon konsumen yang tertarget dan siap untuk transaksi.

Studi Kasus

Saya ingin membuka usaha jasa pembuatan blog. Karena saya lahir di pekalongan dan berdomisili di pekalongan maka target pasar utama saya adalah daerah pekalongan.

Yang bisa saya lakukan adalah membuat blog baru dengan memanfaatkan teknik LBO atau memposting artikel dengan teknik LBO ke blog yang sudah ada.

Karena saya masih ingin mengetahui kinerjanya maka saya memilih memakai blog yang sudah ada, selain mudah di indeks oleh mesin pencari, postingan saya juga bisa bertahan lebih lama di mesin pencari karena blog yang saya gunakan sudah pernah saya optimasi sebelumnya.

Rumus LBO

Untuk mencoba teknik LBO ini saya menggunakan rumus LBO yaitu:

Kata kunci (keyword) + Lokasi/tempat + CP (contact person)

- Kata kunci yang saya pakai adalah jasa pembuatan blog,

Maka LBOnya adalah:

- “Jasa pembuatan Blog di pekalongan 082328626255”

Atau longtail keywordnya

- “jasa pembuatan blog profesional di pekalongan 082328626255”

Dengan menggunakan teknik LBO ini dalam beberapa menit langsung mendapatkan posisi tertinggi di mesin pencari tanpa melakukan optimasi apapun walaupun isi postingannya hanya satu paragraf saja karena pesaing kata kunci yang saya target untuk daerah saya belum ada.

Jika ada pesaingnya maka harus melakukan sedikit optimasi untuk mengalahkan pesaing keyword yang saya target. Tapi biasanya pesaingnya tidak terlalu tinggi dan mereka adalah pemain LBO yang tidak berdomisili di daerah saya. Jadi saya tetap lebih unggul dari mereka.

Ada beberapa kata kunci yang pernah saya target untuk daerah saya sendiri. Diantara yang telah berhasil menarik calon konsumen adalah:

- “Jasa pembuatan blog di pekalongan 08328626255”

Dan

- “jual bibit ayam broiler di pekalongan 082328626255”

Kata kunci yang pertama berhasil menarik calon konsumen baru sekali melalui sms. Mungkin karena di daerah saya kesadaran masyarakat tentang dunia blog masih tergolong rendah.

Kata kunci yang kedua berhasil menarik calon konsumen sebanyak kurang lebih 15 kali. Mereka mengakses contact person yang ada di postingan. Saya sudah mendapatkan chat wa, sms, dan telepon beberapa kali untuk kata kunci ini.

Hal ini menandakan adanya peluang besar yang dapat kita manfaatkan dari teknik LBO ini.

Selain menarget daerah domisili sendiri teknik LBO ini bisa digunakan untuk menarget lokasi pasar sesuka anda. Tapi jika produk yang anda tawarkan berupa barang maka anda perlu memperhatikan faktor distribusi, apakah anda mendistribusikan ke lokasi yang ingin anda terget atau tidak. Jika anda merasa belum mampu menjangkau target lokasi tersebut sebaiknya anda urungkan dulu niat anda untuk menarget lokasi yang belum bisa anda jangkau dalam hal distribusi barang tersebut.

Hal tersebut akan berdampak pada citra brand/perusahaan anda. Jika anda tidak bisa memenuhi kebutuhan calon konsumen maka citra nama anda akan turun di mata calon pelanggan karena dianggap tidak professional.

Saya sendiri dalam menentukan target pasar untuk kata kunci jual bibit lebih hati-hati daripada kata kunci jasa pembuatan blog, karena untuk mendistribusikan bibit yang berupa barang hidup tersebut tidak bisa sembarangan mendistribusikannya ke lokasi yang terlalu jauh. Selain biayanya mahal faktor keamanan barang juga sangat berpengaruh. Berbeda dengan jasa pembuatan blog. Dengan kata kunci ini saya lebih fleksibel menentukan lokasi pasar saya karena produk yang saya tawarkan berupa jasa dan transaksinya bisa dilakukan secara online.

Alternatif untuk target kata kunci yang berupa barang hidup seperti yang saya target adalah membuka cabang di lokasi yang ingin saya target atau mencari relasi di lokasi yang ingin saya target tersebut. Dengan mencari relasi saya bisa menjadi dropshipper atau affiliate. Tentunya hal ini sangat menguntungkan dan lebih simpel.

Tapi jika anda tidak mau kehilangan kesempatan, maka anda bisa menarget lokasi sesuka anda tanpa memperhatikan faktor distribusi dengan catatan di lokasi-lokasi yang anda rasa belum bisa menjangkaunya anda perlu menambahkan informasi tambahan yaitu berupa permohonan maaf bahwa untuk lokasi tersebut belum tersedia dan juga informasi tambahan lokasi-lokasi yang sudah tersedia produknya.

Dengan cara tersebut maka calon konsumen akan tahu dan bisa jadi mereka akan menunggu ketersediaan produk di tempat mereka. Nah secara tidak langsung berarti anda telah membangun brand di lokasi tersebut. Dan suatu saat nanti jika anda sudah mampu menjangkau lokasi tersebut anda tinggal mengganti informasinya menjadi tersedia. Anda juga bisa langsung menghubungi calon konsumen yang pernah bertanya kepada anda.

Pernak-Pernik untuk Menghiasi Teknik LBO

Agar teknik ini terlihat lebih cantik dan menawan maka anda perlu menambahkan pernak-pernik yang akan menghiasi teknik ini menjadi lebih cantik dan menawan. Pernak pernik ini bisa anda tambahkan di postingan LBO / Isi dari postingan LBO.

Berikut ini adalah pernak-pernik yang akan mempercantik Postingan LBO anda:

Contact

Kontak adalah informasi tentang fakta keberadaan yang meliputi: Alamat lengkap, No. Hp/ Telepon, Social media, dsb.

About (Tentang)

About adalah informasi tentang produk yang anda tawarkan. Bisa berupa uraian produk secara sederhana ataupun uraian produk secara mendetail yang bisa memberi manfaat bagi calon konsumen dan bisa menggambarkan kaseluruhan produk yang anda tawarkan.

Why Us?

Why us adalah informasi tentang mengapa mereka harus memilih anda, yaitu berupa keunggulan yang anda miliki baik dari segi pelayanan maupun produknya.

Our Team

Our Team adalah informasi tentang tim anda yaitu orang yang ikut berkontribusi di dalam bisnis anda [jika ada]. Biasanya berupa foto dan profil singkat.

Relasi 

Relasi adalah informasi tentang jaringan yang anda miliki, yaitu berupa perusahaan atau pengusaha lain. Bisa berupa logo perusahaan atau foto pengusaha beserta profil singkatnya.

The Power Of LBO

Agar teknik LBO lebih powerfull maka anda perlu melakukan beberapa langkah diantaranya adalah hipnoselling, riset pasar, dan Optimasi Mesin Pencari (Seo).

Hipnoselling

Hipnoselling adalah kalimat yang membangkitkan emosi positif dan membuat calon konsumen tertarik, merasa cocok dan ingin segera membeli produk anda.

Anda bisa meletakkan hipnoselling di kalimat awal dan kalimat akhir pada postingan dan juga memasukkannya ke dalam pernak-pernik LBO. Silahkan bisa anda kreasikan sendiri.

Riset Pasar

Riset pasar adalah menentukan lokasi pasar yang tepat untuk menawarkan produk anda dan berpeluang mendapat konsumen yang lebih banyak.

Riset pasar ini dilakukan dengan memanfaatkan salah satu produk google yaitu google trends. Dengan menggunakan google trends anda bisa tahu di kota mana produk anda banyak dicari oleh konsumen. Sehingga jika anda berhasil menarget lokasi tersebut dan dapat bersaing di mesin pencari maka anda berpeluang kebanjiran order.

Untuk teknisnya bisa anda coba-coba sendiri di trends.google.co.id/trends

Jika masih belum bisa riset pasar menggunakan google trends anda bisa mencari tutorialnya di google, youtube, atau tanya ke teman yang tahu.

Kegunaan Teknik LBO

Teknik ini bisa anda gunakan untuk bermain dropship, affiliate, atau menjual produk anda sendiri. Silahkan dicoba sendiri. Saya sudah membuktikannya, sekarang giliran anda.

Silahkan dikreasikan sendiri sesuai dengan kemampuan anda. Semoga bermanfaat.

Note

Jika Postingan ini bermanfaat jangan sungkan-sungkan untuk membagikannya ke teman-teman anda secara gratis karena anda mendapatkannya secara gratis. Atas Segala Kekurangannya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima Kasih.

Baca Artikel Blogging Lainnya.