Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Prolog Novel

Ilustrasi Buku
masnasih.com - Prolog novel adalah bagian opsional dari sebuah novel. Artinya bagian yang bisa saja ada atau bagian yang bisa saja tidak ada. Biasanya jika ada prolog maka ada epilog. Di artikel ini saya ingin menyampaikan beberapa pendapat orang tentang prolog novel.

Pengertian dan Cara Membuat Prolog Novel

6 Pendapat Tentang Prolog Novel

  1. Pendapat yang pertama mengatakan prolog novel adalah bersifat pilihan. Bisa diadakan dan juga bisa diabaikan.
  2. Pendapat yang kedua menganggap prolog novel adalah bagian yang penting untuk dimanfaatkan. Pendapat kedua ini menyatakan bahwa prolog novel akan sangat bermanfaat untuk menyampaikan hal yang tidak memungkinkan untuk dimasukkan ke dalam tubuh novel itu sendiri.
  3. Pendapat ketiga menganggap prolog novel itu adalah kutipan dari novel yang dijadikan untuk menarik perhatian pembaca. Dengan asumsi dengan melihat cuplikan adegan dalam novel tersebut, pembaca akan tertarik untuk langsung membaca isi novel tersebut.
  4. Pendapat keempat mengatakan prolog novel itu rangkuman dari keseluruhan isi novel, hanya saja ada sesuatu yang disembunyikan agar pembaca penasaran.
  5. Pendapat kelima menyatakan prolog novel adalah kejadian yang melatarbelakangi cerita dalam novel.
  6. Pendapat keenam mengungkapkan prolog novel itu susah membuatnya.
Itulah beberapa pendapat dari beberapa penulis yang saya temui di google. Jika kurang puas anda bisa mencarinya sendiri di google maupun di buku-buku yang membahas dunia kepenulisan.

Fungsi Prolog Novel

Disadur dari maxmanroe.com ada 3 fungsi prolog, yaitu :
  1. Sebagai pendahuluan atau kata pembuka suatu karya sastra. 
  2. Untuk memperkenalkan para pemeran dan tokoh, konflik, dan sinopsis lakon dari cerita.
  3. Untuk mempecantik awalah sehingga menarik perhatian pembaca dan membuat pembaca semakin penasaran dengan isi cerita.

Bagaimana cara membuat prolog Novel?

Jika saya melihat melalui kaca mata saya sendiri, pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat prolog novel, maka saya akan menjawab. Cara membuat prolog novel yang baik dan benar adalah dengan melihat novel-novel yang sudah diterbitkan, terlebih lagi novelnya penulis yang terkenal.

Sesuaikan juga dengan genre novel yang anda buat agar tidak salah menempatkannya. Karena tiap genre, tentunya cara penyampaian prolognya pun berbeda-beda, dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Demikian, pengertian dan cara membuat prolog novel. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post