Siapakah Penemu Konsep pH - Derajat Keasaman?

masnasih.com - Halo Sobat pecinta Kimia. Apakah  kamu kenal dengan S. P. L. Sørensen? Ternyata dialah penemu konsep pH atau derajat keasaman. Artikel ini berisi biografi beliau yang mungkin diantara kalian yang belum mengenalnya lebih dekat.

Siapakah Penemu Konsep pH - Derajat Keasaman?

Biar lebih dekat, langsung saja baca selengkapnya biografinya di bawah ini 
Biografi Søren Peder Lauritz Sørensen

Nama lengkap : Søren Peder Lauritz Sørensen

Foto :
 Søren Peder Lauritz Sørensen

Lahir : 09 January 1868 di Havrebjerg, Denmark
Meninggal : 12 Februari 1939 di usia 71 di Kopenhagen, Denmark.
Warga negara : Denmark
Bidang yang dikuasai :  Kimia
Institusi Laboratorium Carlsberg
Beliau Dikenal karena Konsep pH

Penemu Konsep pH

Søren Peder Lauritz Sørensen lahir di Havrebjerg, pada tanggal 09 Januari 1868 dan meninggal di Kopenhagen, pada tanggal 12 Februari 1939 di usia 71 tahun. Beliau adalah seorang kimiawan dari Denmark. Ia biasa dikenal sebagai penemu konsep pH (derajat keasaman) yang berguna sebagai penentu asam atau basanya suatu unsur atau senyawa kimia.

Sejarah Konsep pH

Sejak dari tahun 1901 sampai 1938 Sørensen telah menjadi Kepala Laboratorium Carlsberg, yaitu sebuah laboratorium yang masyhur di Kopenhagen. Pada saat bekerja di Laboratorium Carlsberg, S.P.L. Sørensen (lulusan Universitas Kopenhagen) ini mempelajari berbagai macam ilmu kimia diantaranya adalah pengaruh konsentrasi ion pada protein. 

Karena konsentrasi ion hidrogen itu sangat penting, maka Sørensen memperkenalkan skala pH ( dengan menggunakan notasi pH) sebagai cara yang paling sederhana untuk mengekspresikannya di tahun 1909. Pertama kali S.P.L. Sørensen memperkenalkan skala notasi pH dengan menggunakan dua metode sebagai pengukur keasaman. Metode yang pertama didasarkan pada elektroda, dan metode yang kedua melibatkan perbandingan warna sampel dan serangkaian indikator yang telah dipilih sebelumnya.

Luar biasa bukan penemuannya, andai beliau tidak menemukan konsep pH, tentunya kita akan kesulitan mengukur derajat keasaman pada senyawa kimia. 

Demikianlah artikel tentang Siapakah Penemu Konsep pH - Derajat Keasaman?, Semoga bermanfaat.

Sumber : Wikipedia

Baca Artikel Inspiration Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post