Cara Membuat Rak Piring dari Bambu dengan Hasil yang Menawan

masnasih.com - Bambu adalah tumbuhan yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam peralatan rumah tangga, salah satunya adalah dapat digunakan untuk membuat rak piring.

Dalam artikel ini saya akan menyampaikan Cara Membuat Rak Piring dari Bambu dengan Hasil yang Menawan. Untuk membuat rak piring menggunakan bambu anda perlu memperhatikan berbagai aspek diantaranya adalah ukuran, bentuk dan juga kapasitas rak piring yang akan dibuat.

Dengan membuat rak piring dari bambu anda akan menghemat biaya karena harga bambu relatif lebih murah dan mampu bertahan untuk digunakan sampai tahunan. Banyak orang yang memanfaatkan bambu untuk membuat rak piring dengan alasan murah, dan tahan lama.

Desain Rak Piring Simple Elegan

Cara Membuat Rak Piring dari Bambu dengan Hasil yang Menawan

Untuk membuat rak piring menggunakan bambu, anda tidak akan menghabiskan waktu yang cukup lama karena proses pembuatannya hanya memerlukan beberapa menit saja, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Persiapan Membuat Rak Piring dari Bambu

Memilih Bambu yang Berkualitas dan Pas

Berikut ini adalah kriteria bambu yang dibutuhkan.
  • usianya lebih dari 2 tahun
  • sudah kering. 

Mengawetkan Bambu

Bambu diawetkan yaitu dengan cara direndam selama beberapa bulan

Mengeringkan Bambu

Bambu yang sudah diredam, dikeringkan kurang lebih 1 bulan sampai bambu menjadi lebih kuat dan dan tahan lama.

Setelah bambu sudah melalui proses persiapan dan sudah siap untuk digunakan, selanjutnya adalah membuat rak piring dengan langkah-langkah berikut ini :

Langkah-langkah Membuat Rak Piring dari Bambu

Membuat Desain Rak Piring

Mendesain bentuk rak adalah langkah awal untuk membuat rak piring dengan memperhatikan bentuk, ukuran dan juga kapasitas. Pastikan semua ukuran sudah pas sesuai dengan bambu yang ada. Jika salah dalam mendesain maka bisa dipastikan dalam proses selanjutnya akan mengalami kesusahan. Jika anda kesusahan dalam membuat desainnya silakan lihat beberapa contoh desainnya di sini (Desain Rak Piring)

Memotong Bambu

Setelah selesai mendesain, langkah selanjutnya adalah memotong bambu dengan ukuran yang sesuai dengan desain yang sudah dibuat. Setelah dipotong-potong bersihkan bambu agar aman dan terlihat lebih rapi. Di langkah ini hanya memotong untuk rangka saja, dan untuk bagian dalamnya akan dilakukan di langkah keempat karena harus menyesuaikan rangka yang sudah jadi.

Menyusun Rangka Rak

Rangka rak adalah bentuk luar yang masih setengah jadi dari desain rak yang anda inginkan.  Dengan menyusun rangka anda akan mudah menyusun bagian dalam dan pelengkapnya. Rangka yang dibuat harus kuat dan tidak mudah patah.

Memotong Bambu untuk Bagian Dalam

Setelah rangka dipastikan kokoh dan tidak mudah patah, selanjutnya adalah memotong bambu yang akan digunakan untuk bagian dalam rak piring. Ukur terlebih dahulu kemudian potong-potong bambu sesuai dengan rangka yang sudah jadi.

Memasang Bambu dan Mengikatnya

Pasang bambu yang sudah dipotong-potong sesuai dengan desain yang dinginkan dan ikat bagian-bagian penting menggunakan tali rotan agar rak dari bambu tersebut kokoh dan tahan lama.

Selesai

Dalam pembuatan rak dari bambu sebenarnya tidak sampai berjam-jam, namun proses persiapannya saja yang lumayan lama pada saat harus memilih bambu dan mengawetkannya. Alternatifnya adalah membeli bambu yang sudah siap untuk dipakai di penjual bambu yang dekat dengan lokasi anda agar biaya yang dikeluarkan tetap irit.

Demikianlah Cara Membuat Rak Piring dari Bambu dengan Hasil yang Menawan yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post