masnasih.com - Bangun tidur nyalain notebook, ngetik, kok ada yang rubah (keyboard tidak sesuai dengan yang diketik, keyboard notebook tidak bisa mengetik huruf, tombol huruf menjadi angka). Ketik huruf K jadi angka 2, ketik huruf J munculnya angka 1, ketik huruf U yang muncul angka 4, ketik huruf I yang muncul angka 5, ketik huruf O jadinya angka 6, dan ketik huruf L yang muncul angka 3. Sempet mau frustasi, tapi inget dulu pernah kayak gini, dan langsung buka google cari cara penyelesaian.

Oh.. ternyata caranya cukup simpel cara mengatasi keyboard laptop error huruf jadi angka dan nggak perlu dibawa ke tempat service segala. Jadi begini caranya :

Cara Mengatasi Keyboard Error di Laptop - Huruf Jadi Angka

Cara Mengatasi Keyboard Error

Caranya adalah : Tekan Fn dan NumLK atau Insert secara bersamaan.

Gambar Solusi penyelesaian Error keyboard huruf jadi angka

Setelah menekan Fn dan NumLK keyboard notebook saya kembali normal sedia kala. Alhamdulillah bisa buat ngetik lagi. Tapi seandainya dengan cara tersebut, kamu belum dapat mengatasi keyboard notebookmu yang error, maka bisa menggunakan alternatif di bawah ini.

Penyebab dan Solusi Keyboard Error

Berikut ini adalah penyebab keyboard laptop rusak dan cara mengatasinya.

Driver Keyboard Error

Driver keyboard adalah syarat wajib agar keyboard laptop bisa digunakan di laptop driver yang error akan menyebabkan keyboard laptop tidak bisa digunakan.

Cara mengatasinya adalah dengan menginstal ulang driver keyboard.


  1. Masuk ke Control Panel
  2. Pilih Hardware and Sound
  3. Pilih Device Manager cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian
  4. Di device manager pilih keyboard, maka akan muncul driver keyboard. Silakan klik kanan dan uninstal - Ok. mengatasi keyboard double huruf
  5. Sampai sini silakan Klik kanan keyboard dan pilih scan for hardware changes, atau pilih menu action dan pilih scan for hardware changes.
  6. Silakan bisa di tes untuk mengetik. Jika belum bisa teratasi silakan lanjutkan membaca.

Keyboard berdebu/kotor

Kotoran debu yang menempel dan masuk ke keyboard akan mengganggu fungsi keyboard. Cara mengatasinya adalah buka keyboard dan bersihkan menggunakan tisu atau lap yang bersih. 

Namun anda harus berhati-hati dalam membuka keyboard laptop, beda merk beda juga cara membukanya, tentunya Anda juga harus berhati-hati agar tidak ada komponen lain yang rusak gara-gara membuka keyboard laptop. Jika Anda tidak yakin, Anda bisa membawanya ke tempat service laptop terpercaya.

Flexible Laptop Rusak

Flexibel adalah komponen penghubung antara sistem dengan hardware. Jika komponen ini rusak, Cara mengatasinya : anda harus menggantinya dengan yang baru. Dan jika anda tidak ahli dalam hal ini tentunya harus mengeluarkan uang untuk biaya service.

Keyboard Laptop Rusak

Keyboard yang rusak tentunya sudah tidak maksimal untuk digunakan. Biasanya terdapat banyak tombol yang tidak berfungsi. Jika ada beberapa tombol Keyboard laptop rusak anda tidak bisa menggantinya satu persatu, melainkan harus mengganti semuanya. Silakan bisa membawanya ke tempat service terdekat untuk diperbaiki.

Selesai

Bagaimana, apakah Anda sudah dapat menyelesaikan permasalahan keyboard laptop yang error?
Jika ada step-step yang belum anda pahami dalam tutorial ini, silakan bisa ditanyakan di kolom komentar.
Dengan adanya tutorial ini paling tidak bisa menjawab pertanyaan tentang keyboard laptop error windows 7, cara memperbaiki keyboard laptop asus yang tidak berfungsi, cara memperbaiki keyboard laptop acer yang tidak berfungsi,  cara memperbaiki keyboard laptop asus yang error. dan cara setting keyboard laptop asus.
Sekian Artikel tutorial  tentang Cara mengatasi keyboard Notebook/Laptop error, Ketik huruf jadi angka yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Techno Lainnya.