Gambar Imam Syafi'i


masnasih.com - Kali ini saya akan berbagi tentang Biografi dan keistimewaan Imam Syafi'i serta sejarah madzab Syafi'iyah. Bagi kamu yang ingin mengetahui tentang kisah Imam Syafi'i silahan baca artikel ini sampai selesai.

Biografi Imam Syafi'i dan Sejarah Madzab Syafi'iyah

Sejarah Madzab Syafi’iyah

Di dunia Islam telah terkenal empat imam madzhab, mereka adalah Imam Malik, Imam Abu Hanifah, Imam Syafi’I, dan Imam Ahmad bin Hambal.

Lalu Imam Syafi’I beliau bernama Muhammad bin Idris bin Abbas bin Syafi’I keluarganya hidup di Makkah Al-Mukarramah akan tetap kedua orangtuanya telah pindah ke Palestina dan di Jalur Gaza Palestina Imam Syafi’i lahir pada tahun 150 H.

Imam Syafi’I adalah anak yatim, karena ayahnya meninggal tidak lama setelah beliau lahir. Ketika usianya mencapai 2 tahun, ibunya mengajak kembali ke Makkah untuk dibesarkan diantara keluarganya.

Imam Syafi’I bukan termasuk keluarga kaya, kemudian anak yatim ini dibesarkan di Makkah sebagai anak yatim. Tetapi meskipun beliau takdir beliau sangat senang mencari ilmu pengetahuan. Kemudian beliau menghafal Alquran pada usia 7 tahun. Beliau senang ilmu Nahwu, Bahasa, dan Syair, Kemudian beliau belajar fiqih dan hadits dan ilmu pengetahuan lainnya.

Imam Syafi’I pergi ke Madinah dan beliau hidup bersama Imam Malik selama 9 tahun, beliau belajar ilmu hadits dan Fiqih kepada Imam Malik, akan tetapi beliau mengadakan perjalanan ke Negara-negara Arab yang mengetahui keadaan-keadaan manusia.

Ketika Imam Maliki wafat pada tahun 179 H Imam Syafi’I kembali ke Makkah, kemudian disana beliau mempelajari ilmu-ilmu arab.

Setelah itu Imam Syafi’I pergi ke Baghdad, lalu beliau mempelajari madzhab Imam Abu Hanifah, kemudian beliau membandingkan Madzab Imam Malik dan Madzhab Imam Abu Hanifah dan beliau mengeluarkan Madzab baru.

Kemudian beliau pergi ke mesir pada tahun 199 H, dan beliau tinggal di desa fusthof sekaligus mengajar di masjid umar dan fusthof sampai wafat pada tahun 204 H pada usia 54 tahun dan dimakamkan di kairo. 

Keistimewaan Imam Syafi'i

Imam Syafi’I adalah orang yang cerdas, fasih dan mampu menyampaikan pidato dan menyusun syair. Sebagian orang menjulukinya (Juru bicara ulama).

Imam bin Hambal yang lahir pada tahun 164 telah berkata,”Saya tidak pernah melihat seseorang yang telah lebih mengetahui kitab Allah dari pemuda ini. 

Imam Syafi'i Buku

Imam Syafi’I telah meninggalkan banyak karya ilmiyah diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Al Umm
  2. Musnat Hadits
  3. Ahkamul Qur’an 
  4. Dan risalah (fi ushul fiqh) 

Biografi Imam Syafi'i Singkat

Madzhab Syafi’i termasuk salah satu madzhab 4 yang sholeh diikuti oleh orang muslim di dunia.

Imam Syafi’I adalah anak yatim dan termasuk dari keturunan orang yang tidak kaya. Akan tetapi, beliau mampu menjadi Imam kaum muslim di dunia. Hal itu karena semangat kecintaannya terhadap ilmu akhlak, keikhlasannya dan kekuatan agama.

Kita selalu berdoa kepada Allah SWT., agar kita termasuk hamba-hamba –Nya yang mengambil manfaat dari ilmu mujtahid dan akhlak-akhlaknya, keikhlasannya, dan kekuatan agamanya.

Demikianlah kisah imam syafi'i yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat :)

Baca Artikel Religi Lainnya.