Tips Mencintai Masjid - Rajin Berjama'ah

Gambar sholat berjamaah di masjid

masnasih.com - Masjid adalah tempat yang sangat strategis untuk mencari pahala dan ridho Allah SWT. Melangkah ke masjid langkahnya di nilai pahala dan mendapat ridho Allah SWT. Sholat berjama'ah mendapat keutamaan 27 derajat dari pada sholat sendirian.

I'tikaf di masjid ketiduran sekejap saja juga mendapatkan pahala sama dengan membebaskan satu budak. Dan masih banyak lagi keutamaan lainnya yang bisa kita dapatkan jika kita mau menyempatkan waktu untuk melakukannya.

Namun sayangnya banyak orang yang terlalu sibuk dengan urusannya sehingga tidak sempat menyentuh masjid entah alasan karena kecapekan atau memang tidak waktu untuk menyentuhnya.

Dan karena sudah jarang atau tidak pernah lagi ke masjid akhirnya terasa berat dan malas untuk melangkah ke masjid. Dari situ saya mencoba memberikan solusi alternatif agar Anda yang merasa malas ke masjid jadi rajin ke masjid.

Tips Mencintai Masjid - Rajin Berjama'ah

Paksakan Diri untuk Datang ke Masjid

Hebat

Memaksakan diri sholat berjamaah di masjid adalah langkah awalnya. Ketika Anda sudah menyentuh masjid maka Anda akan merasakan sensasi dan aroma rasa nyamannya. Pikiran Anda akan lebih tenang karena suasana masjid yang lebih tenang dengan energi positif yang mengalir tiada henti.

Memaksakan diri datang berjamaah di masjid paling tidak 40 hari. Tak perlu memaksakan 5 waktu langsung, tetapi dimulai dari waktu yang paling Anda rasa luang dan nyaman untuk menyempatkan waktu berjamaah. Lakukan hal tersebut secara rutin sampai 40 hari. Jika sudah genap 40 hari Anda bisa menambahnya yaitu sehari 2 kali. dst.

Berdzikir dan Berdoa Setelah Sholat Berjamaah

Gambar orang sedang i'tikaf
Untuk membuat hati lebih tentram, cobalah Anda untuk berdzikir sebentar di masjid setelah sholat berjama'ah. Hal ini akan membuat hati Anda lebih nyaman, lebih damai, dan lebih mau berlama-lama di masjid. Tips kedua ini akan berhasil jika Anda memenuhi tips pertama yaitu mencari waktu yang luang yang tidak banyak pikiran.

Berdoalah untuk diri sendiri, orang tua, saudara, anak keturunan, dan umat muslim di dunia yang hidup ataupun yang sudah meninggal. Berdoa agar diberi kehidupan yang lebih baik, ilmu yang yang baik dan bermanfaat, rezeki yang melimpah dan berkah dan hidup bahagia di dunia dan akhirat.

Dengan berdoa seperti ini, hidup anda akan semakin baik. Orang-orang akan menyukai Anda dengan sendirinya, mereka merasa nyaman jika melihat Anda karena energi doa-doa yang terucapkan oleh lisan dan hati Anda saat berdoa di masjid secara tidak langsung tersampaikan kepada orang-orangnya.

Istirahat Sebentar di Masjid

Gambar kucing sedang tiduran
Setelah berdzikir dan berdoa, istirahatlah sebentar beberapa menit di masjid. Carilah tempat yang paling nyaman, dan bisa duduk meluruskan kaki ataupun bisa tiduran menikmati kenyamanan suasana masjid.

Cara ini sangat ampuh untuk membuat nyaman hati Anda dan selalu rindu dengan masjid. Untuk mendapatkan suasana yang paling nyaman adalah pada siang hari atau setelah sholat Dhuhur, karena pada jam-jam itu memang udara sangat nyaman untuk dirasakan, anginnya sepoi-sepoi.

Kalau untuk waktu selain dhuhur mungkin Anda bisa duduk-duduk sebentar, tapi kalau untuk waktu dhuhur mungkin Anda bisa tiduran karena memang suasananya sangat pas.

Niat

Gambar jalan tanah yang ada tulisannya start
Senjata yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa malas berjama'ah ke masjid adalah Niat untuk rajin berjamaah ke masjid. Jika niat Anda sudah bulat, maka semua tiga cara di atas mungkin sangat ringan untuk dilakukan, dan segala halangan dan rintangan yang membuat Anda mengurunkan diri untuk ke masjid menjadi hilang. Yang ada adalah rasa nyaman dalam melangkah ke masjid walaupun hujan dan segala rintangan menghadang.

Demikianlah Cara agar Anda nyaman sholat berjamaah di masjid. Semoga Bermanfaat.

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.


Previous
« Prev Post