Bikin Cerita Wattpad Menarik

masnasih.com - Siapa sih yang nggak mau cerita wattpadnya banyak yang baca? Semua penulis di wattpad tentunya pengen hasil karyanya dibaca oleh orang banyak. Begitu juga dengan kamu, mau kan cerita wattpadnya dibaca oleh banyak orang? Di Artikel ini saya akan memberikan tips mendapatkan banyak pembaca.

Tips Membuat Cerita di Wattpad Banyak Peminatnya

Langsung saja simak pembahasannya.

Membuat Cerita yang Menarik

Cerita yang menarik akan membuat orang tertarik untuk mengikuti update cerita yang sudah kamu buat. Ciri-ciri cerita yang menarik itu tulisannya mudah dipahami oleh semua pembaca, baik anak-anak maupun dewasa; adanya feedback positif dari pembaca; selalu ditunggu-tunggu update terbarunya oleh pembaca; bertambahnya follower baru di wattpad; dsb

Share Ke Media Sosial

Media Sosial adalah cara mudah untuk menambah pembaca wattpad. Pengguna sosial media berjumlah milyaran orang. Jika mampu memanfaatkannya maka kita bisa mendapatkan banyak pembaca dari situ.

Untuk memaksimalkan penggunaan sosial media, share ke tempat yang sesuai dengan sasaran. Share ke grup yang sesuai dengan cerita wattpad yang kita buat. Misalkan cerita tentang cinta, maka share ke grup remaja, bukan grup jual beli, ataupun grup peternak hewan. Untuk mendapatkan feedback berupa kritik saran bisa share cerita wattpad ke grup penulis.

Promosikan melalui blog

Blog adalah tempat berbagi informasi yang biasanya dioptimasi agar bisa muncul di google. Blog yang sudah banyak pengunjungnya bisa dijadikan media promosi cerita wattpad kita. Dengan promosi di blog yang sudah banyak pengunjungnya maka akan menambah pembaca juga.

Promosi melalui blog bisa dilakukan di blog sendiri maupun blog orang lain. Bisa menggunakan tulisan, gambar yang menarik maupun video cuplikan yang kreatif. Berilah link ke wattpad agar orang yang iklannya bisa langsung meng-klik link wattpadnya.

Berikan Reward / Give Away untuk Pembaca Setia

Give away atau bonus atau penghargaan akan membuat pembaca senang. Give away juga salah satu cara untuk mendapatkan banyak pembaca cerita wattpad.

Lakukan give away dengan cara menyediakan hadiah menarik untuk orang yang mampu menjawab pertanyaan. Pertanyaannya berupa tokoh dalam cerita ataupun konflik yang terjadi, atau bisa juga setting cerita.

Contoh :

Dalam rangka HUT RI Indonesia Ke 73, maka saya adakan give away.

Jawab Pertanyaan ini, yang jawabannya benar nanti saya undi dan jika beruntung dapet Uang senilai 1 Milyar beserta 10 buku novel best seller.

Dimanakah tono menemukan jodohnya?

Give away saya tutup jam 10 dan pengumuman jam 11.

Nah dengan seperi itu maka secara otomatis membuat orang yang belum pernah membaca jadi kayak dipaksa buat baca. Kalo ceritanya bagus bisa jadi follower nantinya.

Memperbanyak Follower

Follower yang banyak adalah salah satu indikator ceritanya menarik. Biasanya follower sejati akan merekomendasikan cerita ke teman-temannya agar ikut membaca. Jadi sebisa mungkin untuk memperbaiki cerita dan mengikuti perkembangan zaman agar mendapatkan follower yang banyak.

Bergabung dengan Forum Penulis

Forum penulis adalah langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pembaca cerita wattpadmu. Dengan bergabung dengan forum penulis kamu bisa belajar banyak ilmu untuk mendapatkan tips-tips menulis cerita wattpad yang baik dan benar. Kamu bisa bebas membaca tips curhat, konsultasi agar cerita wattpadmu banyak yang baca.

Nah, mungkin seperti itu Cara Agar Cerita di Wattpad Banyak Dibaca. Intinya adalah lakukan tips-tips tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan.

Tips tambahan dari saya adalah gunakan prinsip ATM (amati, tiru, dan modifikasi). Cobalah lihat cerita-cerita di wattpad yang banyak pembacanya, perhatikan cara penyampaiannya, tiru polanya, dan tambahi kekurangannya sebagai bumbu-bumbu penyedapnya. Insya Allah hasilnya akan lebih maksimal.

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.