Cara Mudah Membuat Sitelinks di Hasil Pencarian Google

Sitelink masnasih.com

masnasih.com - Di Artikel ini saya akan membahas Cara Mudah Membuat Sitelinks di Hasil Pencarian Google. Sitelink adalah kumpulan link yang tampil di google ketika menelusuri kata kunci blog kita. Dengan mendapatkan sitelink, sebuah website akan terlihat professional. Adanya sitelink juga menandakan bahwa navigasi blog sudah bagus karena sitelink hanya didapatkan oleh website-website yang dirayapi oleh spider google.

Dulu sitelink bisa dibuat sendiri melalui webmaster google, tetapi sekarang sitelink tidak bisa kita buat sendiri melainkan akan muncul secara otomatis setelah dirayapi oleh bot google. Jadi langkah yang harus dilakukan untuk membuat sitelink adalah mengoptimasi website dengan memperbaiki struktur template maupun struktur sebuah konten. Semakin baik strukturnya, maka semakin cepat website mendapatkan sitelink.

Cara Mudah Membuat Sitelinks di Hasil Pencarian Google

Menurut pengamatan saya, Ada beberapa hal yang bisa kita untuk mendapatkan sitelink dengan cepat. Berikut ini tipsnya.

Memperbaiki Template

Template sebuah website akan sangat berpengaruh terhadap perayapan google, semakin bagus struktur templatenya, semakin mudah pula bot google merayapinya.

Edit template agar lebih seo friendly, diantara ciri-ciri template seo friendly adalah mempunyai tag heading (h1, h2, h3, dst), fast loading, responsive, ada schemanya atau mempunyai struktur template terbaru, dsb.

Silakan bisa dicek melalui gmatrix agar bisa tahu template yang digunakan sudah seo friendly atau belum. Kalau nggak mau ribet, bisa memakai template yang saya pakai ini. Dengan template ini saya mendapatkan sitelink kembali setelah beberapa waktu lalu sempat hilang ketika ganti template.

Gunakan Meta Description

Meta description sangat mempengaruhi sitelink sebuah website. Meta description adalah meta tag khusus untuk menampilkan deskripsi sebuah website di hasil penelusuran google jika kita mengetikkan kata kunci dari website tersebut. Meta Description terletak di antara tag head.

Pengalaman saya, ketika menggunakan meta description sitelink muncul. Tapi pas dihapus, sitelinknya lama-lama hilang dan ketika saya pasang lagi, sitelinkpun muncul kembali. Jadi saya sarankan untuk memasang meta description jika menginginkan sitelink muncul di hasil penelusuran google.

Masukkan meta description secara manual ke template secara manual, jangan menggunakan fitur yang ada di blogger karena saya sering kehilangan meta desciption dan sudah beberapa kali memasukkan tapi hilang terus.

Daftarkan Website ke Webmaster Google

Webmaster google adalah alat yang disediakan google bagi pemilik website untuk mendaftarkan, mengindeks dan melihat performa website menurut google.

Dengan mendaftarkan website ke webmaster google maka kita bisa mudah mengoptimasi website dengan baik sehingga mudah dirayapi oleh bot google. Dengan mempermudah bot google merayapi website, maka website cepat terindeks begitu juga dengan sitelinknya.

Perbanyak Visitor Organik

Visitor organik adalah pengunjung blog yang datang melalui hasil penelusuran google. Dengan didatangi visitor dari google, maka itu artinya bot google juga merayapi website terus menerus sehingga akan muncul sitelink.

Sitelink adalah kumpulan link yang dianggap penting oleh google. Semakin sering sebuah artikel dikunjungi, maka artikel itu akan muncul sebagai sitelink. Ini hanya perkiraan saya saja, dan kenyataannya bisa Anda lihat di google sendiri.

Artikel Seo

Artikel Seo adalah cara mudah untuk memperbanyak visitor organik. Ciri-ciri artikel seo adalah mempunyai tag heading sebagai poin-poin, internal link, kata kunci di judul, kata kunci di awal paragraf, kata kunci di tag heading, kata kunci di permalink. Artikel seo ini adalah modal untuk mendapatkan peringkat teratas di google.

Backlink

Backlink sebagai penguat website agar bisa bersaing di search engine. Artikel seo belum tentu bisa mendapatkan halaman satu google. Dengan menggunakan Backlink maka bisa mendongkrak peringkat website di hasil penelurusan google.

Artikel seo dan backlink adalah tambahan yang bersifat opsional. Dan menurut saya, yang paling berpengaruh adalah traffik atau pengunjung website. Semakin banyak pengunjung website, semakin cepat pula sebuah website mendapatkan sitelink.

Demikianlah Cara Mudah Membuat Sitelinks di Hasil Pencarian Google yang bisa saya sampaikan. Semoga Bermanfaat

Jika ada sesuatu yang masih belum bisa dipahami, silakan tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.

Baca Artikel Blogging Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post