Pengalaman Nulis di Wattpad


masnasih.com - Tahun 2017 saya mempunyai pengalaman nulis di wattpad. Nulis di wattpad itu asik, selain melatih untuk menulis novel juga kita bisa mendapatkan feedback dari pembaca. Jadi kalo baru publikasi cerita nanti ada yang komentar, biasanya berupa masukan baik kritik maupun saran.

Pengalaman Nulis di Wattpas

Ujian Nulis di Wattpad

Seperti di kehidupan kita sehari-hari terkadang ada orang yang nggak suka banget sama cerita kita, sehingga mengkritik bahkan mencaci maki serta tak menghina karya kita. Saya pernah bertemu sama orang yang kayak gitu, rasanya bikin kesel banget.

Tapi orang yang seperti itu hanya ada 1 per seratus orang. Jadi kalo ada seratus orang yang komentar, salah satunya ada yang nggak ngenakin kayak gitu, yang lainnya enak-enak semua.

Kalo ketemu sama orang yang nggak ngenakin mendingan dibuat cuek aja, kalo ditanggepin serius entar malah bikin badmood aja. Fokus aja sama karya sendiri, biarlah orang lain menilai, yang penting kalo ada yang salah langsung perbaiki aja.

Awal Mula Mengenal Wattpad yang Menyenangkan

Saya mengenal wattpad bermula dari facebook, tepatnya grup facebook penulis. Melalui grup ini saya mendapatkan informasi seputar wattpad. Setelah saya lihat ternyata kok keren, akhirnya sayapun menulis di wattpad pada tahun 2017.

Saya tertarik sama wattpad karena mudah banget cari followersnya. Untuk mendapatkan rating pun mudah banget sehingga semangat banget nulisnya. Bayangkan tiap hari follower bertambah tanpa promosi, mungkin karena ceritanya yang menarik dan juga ratingnya kecil jadinya mudah untuk di temukan.

Mengupgrade Pengetahuan Tulis Menulis

Selain itu, menulis di wattpad juga bisa menambah wawasan kita, melatih skill menulis biar lebih pro. Kita bisa tahu kosa kata yang gaul, resmi, benar sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), mengerti alur cerita, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Ya pokoknya asiklah, bisa lihat-lihat referensi juga melalui novel-novel rating teratas. Biasanya aku baca novel 2-4 novel sebelum menulis. Saya amati dulu gaya bahasanya, dan memperkaya kosa kata.

Biasanya tiap penulis berbeda-beda tulisannya, dengan membaca banyak novel maka saya bisa membuat novel yang lebih unggul dari mereka karena menguasai banyak kosa kata.

Rintangan Menulis

Tapi yang menjadi masalah, menulis novel itu butuh ketenangan dan harus menyempatkan waktu. Sedangkan saya lebih suka menulis di blog dari pada di wattpad, dan sampai saat ini saya belum update lagi di wattpad karena kesibukan aktivitas ngeblog saya.

Nulis di wattpad itu asik. Kalo kita mau nulis rutin dan banyak-banyak membaca, suatu hari nanti kita bisa mendapatkan uang dari menulis di wattpad.

Baca Artikel Pengalaman Lainnya
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post