Google Update Algoritma Terbaru, Apa yang Harus Kita Lakukan?

Frustasi Update Algoritma
masnasih.com - Per September 2019 google telah melakukan update algoritma besar-besaran. Efek yang ditimbulkannya pun terasa oleh para pemain SEO. Mungkin banyak blogger yang kaget tiba-tiba mengalami penurunan visitor blog yang sangat drastis, dan pendapatan blog pun ikut menurun. Itulah sebabnya banyak blogger yang mencari cara mengatasi masalah itu.

Namun dari pihak google ternyata tidak memberikan kiat-kiat untuk mengatasi masalah website yang mengalami penurunan peringkat di mesin telusur google, melainkan hanya merekomendasikan untuk terus memposting artikel baru.

Berikut ini adalah analisis saya untuk mengatasi masalah blog yang mengalami penurunan peringkat di Google.

Setelah Google Update Algoritma Terbaru, Apa yang Harus Kita Lakukan?

Acak Peringkat

Menurut pengamatan saya, data artikel yang ada di google akan diacak kadang di peringkat teratas kadang di peringkat bawah, jika terbukti banyak pengguna yang suka maka artikel itu akan naik peringkatnya, dan jika pengguna tidak suka maka peringkat artikel tersebut akan turun.

Memerangi Spammer

Konten spam akan langsung turun peringkatnya bahkan hilang dari hasil penelusuran google. Termasuk artikel yang di spin juga akan terkena imbasnya, mungkin mengalami penurunan, ataupun hilang dari hasil penelusuran.

Memerangi Spam Backlink

Bagi spammer backlink sepertinya mendapatkan peringatan yang cukup mengejutkan. Jika ketahun google hukumannya adalah penghapusan indeks konten blog dari mesin telusur google.

Memerangi Konten Minim

Konten yang sedikit yang tidak ada manfaatnya akan ditumpas oleh google dengan algoritma barunya. Jika ketahuan akan langsung dihapus dari mesin telusur google.

Seperti itulah hasil analisis saya terkait update algoritma google terbaru per Agustus 2018. Semua itu dilakukan oleh google guna mendapatkan konten yang benar-benar berkualitas dan dibutuhkan oleh pengguna.

Lantas bagaimana cara mengatasi masalah update algoritma terbaru ini?

Dari pihak google tidak memberikan tips khusus untuk mengatasi masalah ini. Tetapi jika dilihat dari tujuan utama mesin telusur google yaitu menyajikan konten-konten yang relevan, berkualitas, dan disukai pengguna; maka saya berpedoman pada panduan seo dari google. Jika Anda belum pernah membacanya silakan bisa dibaca dulu di sini.

Saya tidak akan membahas panduan seo yang telah disampaikan google melalui blognya. Disini saya hanya akan menyampaikan fenomena yang terjadi di dunia blogging. Silakan simak biar mudeng.

Mengatasi Google Core Update Algoritma

Ada 3 poin yang saya garis bawahi agar website kuat di hasil penelusuran google untuk tetap bertahan walaupun badai update algoritma datang.

Posting Rutin

Website yang tiap harinya posting 1-4 artikel akan lebih mudah mendapatkan peringkat yang baik di search engine dari pada website yang update seminggu sekali walaupun backlinknya bejibun.

Contohnya adalah websitenya Mas Timon, dikelola sendiri dan tiap hari update mampu mengalahkan peringkat alexa Blog Mas Sugeng yang Backlinknya Jutaan.

Saya melihat grafik Alexa Mas Sugeng Cenderung Menurun sedangkan Grafik Alexa Mas Timon semakin naik. Perkiraan saya adalah hal itu terjadi karena masalah posting rutin. Yang satu update tiap hari, yang satunya updatenya jarang; itu sangat berpengaruh.

Contoh lain website yang peringkat alexanya turun adalah panduan im.

Saya mengatakan peringkat alexa bukan peringkat google. Walaupun di google masih terlihat kuat, jika peringkat alexa turun berarti ada penurunan visitor atau kalah banyak visitor dari blog yang rutin posting.

Jadi posting rutin tetap pilihan nomor 1 untuk mengatasi update algoritma terbaru google.

Konten Berkualitas

Konten berkualitas adalah konten yang memuat informasi bermanfaat dan dibutuhkan oleh penggunanya. Dalam hal ini tentunya google memilih konten yang paling berkualitas diantara banyaknya konten yang ada di hasil penelusuran.

Google menganggap bahwa konten yang berkualitas adalah konten yang mempunyai bounce rate yang rendah. Artinya konten yang paling lama dibaca oleh pengguna, itulah konten yang paling berkualitas.

Apakah berkualitas itu harus berbentuk artikel yang panjang?

Menurut saya tidak, karena belum tentu pengguna suka dengan konten yang berbentuk artikel panjang. Jadi Mungkin lebih tepatnya adalah konten yang disukai dan yang paling disukai oleh penggunanya.

Backlink

Backlink adalah faktor penting yang tidak bisa diremehkan. Tanpa backlink suatu website tentunya tidak bisa bersaing di search engine. Dalam panduan seo google pun menyatakan bahwa backlink adalah salah satu cara untuk meningkatkan peringkat website di google. Semakin banyak backlink semakin kuat juga peringkat sebuah website di search engine.

Namun ada hal yang patut diperhatikan terkait dengan backlink ini. Mencari backlink tidak bisa serta merta seenaknya spam kemana-mana, karena Google melarang webmaster untuk melakukan spamming backlink. Jika masih ngotot spam backlink bisa berakibat deindex dari mesin telusur.

Selain itu, backlink juga ada nilainya tersendiri di mata google. Backlink di tengah konten lebih dinilai baik dari pada backlink di komentar. Backlink dari web authority lebih dianggap berkualitas daripada di web gratisan apalagi web spam. Backlink yang relevan lebih dinilai bagus daripada backlink yang beda pembahasan.

Menurut pakar seo backlink di dalam konten bagaikan raja dan backlink yang sama pembahasan bagaikan ratu. "Content is King and Relevan is Quin." Jadi utamakan backlink di dalam konten dan yang pembahasannya masih berkaitan dengan website Anda.

Ingat google masih memerangi spamming backlink. Jika harus membuat backlink sendiri, sebisa mungkin untuk membuatnya serapi mungkin agar tidak terkena dampak dari update algoritma baru google.

Selesai

Jadi Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengatasi Update Algoritma Google Terbaru?

Ikuti saja visi dari google yaitu menyajikan konten yang paling relevan dan berkualitas. Dan juga harus ingat pesan google, Jangan coba-coba untuk mencari celah google untuk mendapatkan peringkat teratas, lebih baik membuat konten yang lebih bermanfaat.

Menurut saya sih ikutin saja maunya google, kita kan cuma numpang disana, cari aman gan hehe...

Baca Artikel Blogging Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post