Tulisan Arab Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Tulisan Arab Assalamu'alaikum

masnasih.com - Tulisan Arab Assalamu'alaikum biasa digunakan untuk mengawali surat ataupun undangan suatu acara untuk orang muslim. Tulisan ini biasanya diletakkan di bawah tanggal sebagai salam pembuka dari isi surat undangan atau pemberitahuan. Hal ini sudah menjadi budaya orang Islam sejak dulu.

Namun, apakah anda sudah tahu bahwa tulisan salam itu maknanya sangat luar biasa?

Tulisan Arab Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh 

Makna/Arti Assalamu'alaikum Arab

Tulisan Arab Assalamualaikum yang Anda anggap hanyalah tulisan biasa sebenarnya mempunyai arti yang indah. Arti dari salam sendiri adalah mendoakan orang lain, dengan mengucapkan assalamualaikum (semoga keselamatan bagimu) artinya Anda sudah berdoa untuk keselamatan orang yang disalami. Terlebih lagi kalimat itu diucapkan dengan lengkap yaitu assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh (semoga keselamatan, rahmat Allah, dan barakah selalu menyertaimu), tentunya sangat indah dan romantis jika mau dipahami maknanya.

Sebenarnya jika kita dalami lagi, jika ada orang yang sudah mengucapkan salam itu tidak boleh menyakiti orang yang disalami dan jika menyakiti maka itu adalah perbuatan dholim. Kenapa demikian? Karena perilakunya tidak sesuai dengan yang diucapkan, yang diucapkan adalah doa sedangkan yang dilakukan justru sebaliknya. Itulah makna mendalam dari tulisan arab assalamualaikum yang terlihat sederhana.

Ucapan salam adalah tanda kasih sayang antar sesama manusia. Ucapan ini adalah tanda bahwa Allah mengatur manusia saling menyayangi satu sama lain dan hidup dalam perdamaian aman dan tentram. Ini adalah salah satu tanda kekuasaan Allah yang luar biasa yang harus kita syukuri dengan sepenuh hati.

Di artikel ini terdapat beberapa tulisan arab assalamualaikum yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam keperluan misalnya untuk contoh dalam belajar membuat kaligrafi, bikin dekorasi, menghiasi surat dengan salam pembuka berbahasa arab, dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa tulisan assalamualaikum arab yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan.

Tulisan Arab Assalamu'alaikum Gundul

Gambar arab assalamu'alaikum ini cocok didunakan untuk belajar khot. Khot yang digunakan dalam gambar ini adalah khot naskhi. Khot Naskhi biasa digunakan untuk menulis kitab dan termasuk yang paling banyak digunakan.
Assalamualaikum Arab

Tulisan Arab Assalamu'alaikum Berharokat

Gambar arab assalamualaikum ini pas untuk belajar menulis kaligrafi lanjutan karena ada harokatnya. Tampilannya simpel dan rapi.
Kaligrafi Khat naskhi Assalamualaikum

Tulisan Arab Salam Bisa Diedit

Cocok untuk media pembelajaran bahasa arab. Biasanya digunakan untuk belajar mengharokati
السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Bisa digunakan untuk awalan teks pidato bahasa arab.
اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ
Nah tulisan di atas bisa membantu Anda untuk melengkapi berbagai macam keperluan.

Orang Islam biasa mengucapkan salam di berbagai tempat. Berikut ini adalah tempat yang pas untuk mengucapkan salam.

Waktu Pengucapan Salam

Masuk Rumah

Ketika akan masuk rumah biasanya seorang muslim terlebih dulu mengucapkan salam jika di dalam rumah ada orang. Manfaat mengucapkan salam adalah memberikan kesan kehangatan untuk orang yang di dalam rumah. Selain itu, memberikan salam juga merupakan kode bahwa seseorang telah masuk ke rumah.

Ketika Keluar Rumah umat muslim juga mengucapkan salam untuk orang yang ada di rumah sebagai tanda perpisahan. Salam ini biasanya diucapkan sambil berlalu.

Bertamu Ke Orang Lain

Umumnya ucapan salam ini dibarengi dengan mengtok pintu. Dilakukan dengan tiga kali ketokan dan satu kali ucapan salam. Namun di budaya jawa mengucapkan salam saat bertamu adalah ketika sudah memastikan bahwa ada orang di dalam rumah tersebut. Jika belum mengetahui maka kalimat yang di ucapkan adalah “Nuwun Sewu”.

Selain Itu, ucapan assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh juga diucapkan ketika bertemu dan berpisah dengan teman, masuk dan meninggalkan sebuah majlis, mengawali dan mengakhiri Pidato, Mengawali dan mengakhiri ceramah, mengawali dan mengakhiri Khotbah, berpapasan dengan Guru di jalan, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan tentang tulisan arab assalamu'alaikum. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Tulisan Arab Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post