Cara Menemukan Ide Kreatif untuk Membuat Artikel Blog Mudah Tanpa Ribet

Gambar cara memunculkan ide untuk membuat artikel
masnasih.com - Membuat artikel adalah salah satu kegiatan blogger karena blogger setiap harinya harus membuat artikel untuk tetap menghidupkan blognya. Namun ada masalah yang sering terjadi yaitu sulit menemukan ide untuk membuat artikel sehingga harus mencari ide ketika kebingungan mau membuat artikel apa.

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mencari ide yang kreatif untuk membuat artikel tanpa harus pusing pusing dulu.

Cara Mencari dan Menemukan Ide untuk Membuat Artikel Blog


    Daftar Isi :
    2 Macam Topik
  1. Blog 1 Topik
  2. Blog Gado-Gado
  3. 3 Cara Mencari Ide untuk Membuat Artikel
  4. Membuka Sosial Media
  5. Melihat Keadaan Sekitar
  6. Bertanya Kepada Teman

Blog 1 Topik


Jika anda mempunyai blog yang khusus atau pembahasannya itu dalam bidang tertentu maka tentunya Anda harus membaca baca informasi yang berkaitan dengan topik yang ada di blog yang anda buat. Yaitu diantaranya adalah melihat di website website berita yang berupa informasi terbaru terkait dengan topik blog anda.

Misalnya jika blog anda mempunyai topik tekno maka anda bisa melihat informasi berita di website website berita misalnya seperti Suara Merdeka kemudian detik.com Liputan6 dan lain sebagainya. Anda bisa melihat di dalam label khusus yaitu label tekno. Di situ Anda akan menemukan berbagai artikel tentang Techno. Dari situlah anda akan mendapatkan ide untuk membuat artikel.

Blog Gado-Gado


Tetapi jika blog anda itu adalah gado-gado atau multi pembahasan maka anda bisa mencari apa saja informasi yang bermanfaat Selain itu di sekitar Anda ataupun di dunia luar sana. namun secara umum baik itu blog yang mempunyai topik tertentu maupun blog yang multi pembahasan Sebenarnya ada beberapa cara untuk mendapatkan ide untuk membuat artikel. Berikut ini adalah secara mencari ide untuk membuat artikel yang akan diposting di blog.

Membuka sosial media


Di sosial media tentu banyak sekali orang yang menginformasikan sebuah informasi terbaru dan itu biasanya bersifat aktual dan terkini. Di sosial media Anda bisa menemukan berbagai cara yang bisa anda gunakan untuk membuat artikel. Jika anda tidak menemukannya maka anda bisa mencarinya melalui kolom penelusuran di dalam sosial media tersebut.

Misalnya di Facebook Anda bisa mencari ide atau sebuah kata kunci yang berkaitan dengan pembahasan blog anda dan di kolom penelusuran Anda bisa mengetikkan kata kunci apa saja dan ketika di search, maka anda akan menemukan berbagai informasi terkait dengan kata kunci yang anda ketikan di situ.

Di situ ada beberapa informasi yaitu Ada kiriman dari orang ada juga grup dan ada juga halaman. Jadi di situ Anda bisa mencari informasi terkait dengan berita terbaru seputar topik yang ingin anda bahas dalam blog.

Di grup grup yang ada di Facebook tentunya ada banyak sekali informasi terbaru yang bisa oleh orang-orang anggota grup tersebut terkecuali jika grup itu tidak aktif. Melalui halaman juga Anda bisa mendapatkan informasi terbaru seputar topik blog Anda jika halaman tersebut aktif. Dan saya rasa pasti ada informasi terbaru dari kiriman kiriman orang terkait dengan topik blog anda.

Melihat keadaan sekitar


Melihat alam sekitar maka kita bisa menemukan berbagai ide misalnya topik blog kita adalah Techno maka kita bisa melihat lingkungan sekitar kita, misal ada orang yang sedang bermain smartphone, maka kita bisa memperhatikannya dari berbagai sudut pandang. Kitaa bisa melihat dari peluangnya, ancamannya, dan banyak sekali ide yang bisa kita dapatkan dari melihat suatu fenomena dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Yang terpenting adalah kita melihatnya dengan penuh tanda tanya tanda tanya ataupun selalu memunculkan pertanyaan-pertanyaan ketika melihat ada sesuatu mengganjal ataupun ada permasalahan yang perlu diselesaikan. Dengan melihat adanya keganjalan keganjalan tersebut maka kita bisa membuat sebuah artikel untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di dalam fenomena fenomena yang telah kita lihat.

Pastinya untuk membuat artikel itu dibutuhkan sebuah pertanyaan dan tujuan dari artikel itu biasanya adalah menjawab sebuah pertanyaan maka dari itu pikirkan apa saja yang kurang atau pikirkan masalah yang terjadi di alam sekitar kemudian kita mencoba untuk menyelesaikannya dan kemudian dituangkan dalam sebuah artikel sebagai jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kita. Dengan cara tersebut maka kita bisa membuat artikel karena ide itu ternyata tidak sulit untuk mencarinya.

Bertanya kepada teman


Jika Anda belum menemukan sebuah masalah maka anda bisa bertanya kepada teman Anda terkait dengan masalah yang sedang dihadapinya. Anda bisa bertanya secara langsung terkait masalah masalah yang sedang dihadapi ataupun Anda memancing teman anda untuk menceritakan masalah yang sedang dihadapinya. Dengan cara tersebut, maka Anda akan menemukan sebuah ide untuk membuat artikel blog.

Ada banyak sekali cara-cara yang bisa Anda lakukan selain tiga cara di atas, silakan eksplorasi sendiri jika memang dengan menggunakan cara di atas tidak berhasil. Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat :)

Kata Kunci Terkait : Ide Membuat Artikel, Ide Menulis, Ide Konten Blog, Cara Menemukan Ide untuk Menulis, Cara Mendapatkan Ide Cerita untuk Membuat Naskah Drama, Contoh Isi Blog yang Menarik, Contoh Ide Cerita yang Menarik, Ide Blog
X Close
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tekan tombol share di bawah ini.

Jika ada hal yang belum dipahami, tanyakan melalui kolom komentar. Dan jika ada keluhan, sampaikan melalui kontak kami.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Related Posts

Previous
« Prev Post