Cara Menghadapi Dosen Pembimbing yang Super Sibuk

Gambar anak kecil yang sedang melongo
masnasih.com - Menghadapi dosen pembimbing yang sibuk adalah pengalaman saya selama kuliah di semester muda. Dulu belum ada presensi menggunakan fingerprint seperti sekarang Alhasil dosen sangat sulit untuk ditebak kapan ia datang. Hampir setiap saya sms ia tidak balas entah karena terlalu sibuk atau kehabisan pulsa (wkwk). Saya hanya bisa mengira-ngira dan berprasangka baik terhadap dosen pembimbing saya. Itulah yang saya lakukan selama beberapa semester ketika saya kuliah.

Baca Juga : Cara Mengambil Hati Dosen Pembimbing Skripsi dengan Mudah

Prosedur yang Menyesatkan

Waktu itu ada petunjuk dan bimbingan dari dosen (bukan dosen pembimbing) bahwa kalau ingin perwalian (bertemu dengan dosen wali atau pembimbing) prosedurnya adalah seperti ini. Sms dengan diawali dengan salam, cantumkan nama dan nim, dan maksud yang ingin disampaikan, misalnya :

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya paijo (52836926627) bermaksud ingin perwalian. Kira-kira Saya bisa menemui Bapak kapan ya?

Setelah sms dosen pembimbing akan membalas dengan : Waalaikum salam Wr. Wb. Silakan temui saya besok jam 10.00 WIB di kantor.

Seperti itulah prosedur yang disampaikan oleh salah satu dosen saya sehingga saya tidak berani menemui ketika dosen pembimbing saya ketika tidak membalas sms saya.

Saya terapkan prosedur itu dan selama 4 semester saya tidak pernah bisa menemui dosen wali terkecuali rombongan bersama teman-teman 1 semester sekali.

Baca Juga : Cara Membuat Rak Buku dari Kardus Sederhana dan Simpel

Eladalah Ternyata...

Dan pada semester 6 saya baru tahu kalau ternyata untuk menemui dosen pembimbing saya tidak perlu sms-smsan seperti yang disampaikan dosen saya waktu itu. Dosen pembimbing saya mengatakan kalau mau menemui saya langsung temui saja di kantor.

Dan setelah itu hampir setiap saya ingin menemui dosen pasti ketemu dan semua teratasi dengan cara saya sendiri. Dan disini saya share tips agar bisa menemui dosen pembimbing setiap hari.

Baca Juga : Cara Belajar Bahasa Arab untuk Pemula Gratis dan Mudah

Cara Menghadapi Dosen Pembimbing yang Super Sibuk

Masalah yang sering dihadapi oleh mahasiswa adalah sulit untuk menemui dosen pembimbing yang super sibuk. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya harus melakukan tindakan-tindakan yang out of the box atau tidak pernah dibayangkan oleh mahasiswa lain yang juga kesulitan menemui dosen yang sibuk ini.

Sms/chat/telepon Setiap Hari

Yang pertama, Anda harus memastikan bahwa dosen Anda benar-benar sibuk atau super sibuk. Sekarang sudah ada Whatsapp, jadi Anda bisa melihat apakah chat Anda sudah dibaca atau belum. Sampaikan maksud Anda dalam chat tersebut dengan bahasa yang santun dan santai.

Jika hari ini tidak dibalas tetapi sudah dibaca, maka chat lagi besok harinya. Anda harus berprasangka baik terhadap dosen pembimbing Anda, mungkin beliau sedang sibuk dan biasanya banyak chat yang tidak terjawab. Tunggu dulu sampai esok hari, dan lakukan hal yang sama, chat dosen pembimbing, pastikan chatnya dibaca dst.

Lakukan sampai tiga kali, jika memang tidak dibalas berarti Anda harus melakukan langkah kedua. yaitu menemui dosen pembimbing ketika bertemu di jalan.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Pustaka - Menurut Dosen Saya yang Ahli Bahasa Indonesia

Mencegat di Jalan

Jika suatu hari Anda bertemu dengan dosen pembimbing di jalan (sedang menuju kelas, atau sedang di masjid, dsb), langsung saja disapa dan diajak ngobrol. Biasanya akan lebih enak dan jika dosen bertanya kenapa jarang pernah menemui, di saat itu Anda bisa curhat sesuai dengan pengalaman menunggu balasan chat Whatsapp.

Setelah Anda curhat biasanya dosen akan memberikan solusi yaitu berupa waktu-waktu yang memungkinkan untuk bisa ditemui. Disinilah Anda mendapatkan kunci agar bertemu dosen pembimbing setiap hari.

Baca Juga : Cara Membuat Folder Baru di Google Drive dan Komputer

Tunggu di Fingerprint/kantor

Ini dilakukan jika Anda tidak pernah bisa menemui di kantor sesuai dengan jadwal yang disampaikan dosen pembimbing saat bertemu di jalan. Jadi ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menemui dosen pembimbing yang super sibuk. Tunggulah di Fingerprint atau presensi digital disetiap jam masuk dan juga jam pulang, biasanya Jam 8 dan Jam 4.

Alternatif lainnya adalah Anda bisa menunggunya di kantor dosen. Tentunya ditunggu di luar yang sekiranya bisa menjangkau penglihatan ketika dosen lewat di tempat Anda menunggu.

Saya kira dengan beberapa langkah di atas bisa sedikit membuka wawasan Anda yang mungkin kebingungan ketika harus menghadapi dosen pembimbing yang seperti itu. Secara sederhana cara mengatasinya adalah dengan cara menghubungi melalui chat atau telepon, menemui di jalan, dan menemui di kantor atau di tempat presensi ketika berangkat dan pulangnya dosen pembimbing.

Baca Juga : Cara Membuat Halaman Pada Makalah di Ms. Word

* * *

Demikianlah Cara Menghadapi Dosen Pembimbing yang Super Sibuk. Semoga Bermanfaat.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post