Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Online

ilustrasi Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Online di Internet dengan Mudah
masnasih.com - Seperti dunia offline, dunia online pun banyak berkeliaran penipu-penipu kelas kakap. Jika di offline kita bisa mengenalnya tetapi kalau di online kita tak akan pernah bisa mengenalnya karena penipu di internet tak berupa tapi penuh tipu daya. Agar Anda tidak tertipu di dunia online saya akan memberikan tips agar tidak tertipu.

Cara ini sudah terbukti manjur dan benar-benar kebal dari penipuan jenis apapun itu, karena berdasarkan pengalaman saya sendiri. Tips ini adalah hasil dari kegagalan saya dalam bertransaksi jual beli di internet atau dalam bahasa kasarnya adalah saya ketipu saat jual beli karena tidak teliti.

Dengan menuliskan artikel ini saya berharap bisa memberitahukan kepada semua orang agar tidak mengalami kejadian ketipu seperti saya. Walaupun nominalnya tergolong kecil namun rasanya tertipu itu seperti di php pacar. hehe..

Baiklah langsung saja akan saya bahas satu persatu trik jitu ngenghindari zonk alias tertipu.

Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Online

Semua Orang adalah Penipu

Biar nggak ketipu sebaiknya Anda jangan langsung percaya sama penjual online. Pokoknya kalau masalah jual beli online itu anggap saja semua orang adalah penipu, karena kita belum mengenal siapa penjual tersebut.

Cek dulu timelinenya dan lihat bagaimana dia berinteraksi di sosial media, kapan akun itu dibuat, adakah interaksi yang terjadi disana misalnya komentar, adakah testimoni dari konsumen, dsb.

Orang yang normal biasanya akan membuat status di sosmed, sesekali men-tag temannya, dan juga ada like serta komen di statusnya. Jika ia adalah penjual, biasanya ada testimoni dari konsumennya bahkan ada pelanggannya.

Penjual yang normal akan berlomba-lomba untuk meningkatkan brandnya, sedangkan penipu akan sebisa mungkin menutupi informasi pribadinya. Penjual akan terus menerus promosi baik di timelinenya maupun di grup-grup, sedangkan penipu biasanya hanya beroperasi di grup, namun ada juga penipu yang niat banget, dia rela membuat akun yang terkesan seperti jualan beneran. Bagaimana kalo ketemunya yang seperti itu? solusinya akan saya sampaikan di bawah.

Menambah Pertemanan dan Siapkan Lebih dari Satu Akun

Di facebook terutama harus terlebih dulu menambah pertemanan atau minimal Anda bisa mencari akun penjual dengan akun fb Anda yang lain. Dengan menambah pertemanan maka Anda bisa melihat informasi lebih lanjut terkait profil penjual, dan Anda dapat menemukan akun penjual melalui akun facebook Anda yang lain dengan mudah.

Jika dia tidak mau konfirmasi pertemanan, mintalah untuk mengonfirmasi dulu. Dengan resmi sudah berteman maka artinya Anda sudah mempunyai alat untuk mengacaukan penjual gadungan alias penipu.

Biasanya penipu akan menawarkan produk limited edition dengan harga yang murah. Dengan menggunakan lebih dari satu akun, Anda dapat mengetahui kedok penjual, apakah dia penjual beneran atau dia adalah penipu.

Jadi begini caranya. Jika Anda ditawari produk dengan harga murah, ngakunya masih sisa sedikit katakanlah 3 biji. Nah dengan akun dua akun sosmed, Anda bisa memainkannya.

Pertama Anda menghubungi penjual dengan akun asli Anda. Katakan minat beli 2 biji. Udah fix sepakat, maka Anda jangan langsung transaksi dulu melainkan membuka akun fb Anda yang lainnya, dengan chat ke penjual dan katakan minat beli semuanya alias 3 potong sekaligus.

Jika ternyata penjual mengatakan masih ada produknya, tetapi tidak mengatakan masih 2 biji, maka sudah dapat dipastikan, dia adalah penipu.

Jika Anda belum puas maka buka akun fb yang lain jadi Anda harus punya akun fb 3. Lakukan seperti langkah ke dua, Chat penjualnya dan katakan ingin beli 3 biji. Jika penjual mengatakan masih ada berarti dia benar-benar penipu dan blokir saja akunnya atau biarkan saja.

Tanyakan di Grup Maupun Forum yang Berkaitan

Kalau Anda sudah terhipnotis oleh penipu, biasanya Anda tidak akan memikirkan hal ini karena Anda merasa takut kehilangan kesempatan yang langka yaitu produk berkualitas harga murah. Bayangkan saja penjual sudah mengatakan "ayok cepetan sebelum diambil orang", saya pastikan 99% Anda akan mengatakan iya dan langsung mentrasfer.

Tetapi alangkah baiknya Anda sadar, bahwa penjual yang baik itu tidak akan menjual produknya ke orang lain ketika sudah ada orang yang menawarnya sekalipun dia belum pernah jualan sebelumnya, terkecuali jika si calon pembeli sudah mengatakan batal untuk membeli.

Jadi setelah deal harga, Anda jangan langsung transfer uang begitu saja, melainkan mencari tau dulu siapa dibalik topeng penjual dengan cara bertanya ke forum dan grup yang berkaitan. Coba tanyakan apakah ada yang kenal dengan penjual tersebut atau tidak. Biasanya ada beberapa orang yang mengenal jika dia benar-benar orang (bukan penipu). Tetapi jika tidak ada yang kenal, maka Anda harus melakukan penelitian lebih lanjut seperti poin sebelumnya.

Tanyakan Alamat

Sebelum melakukan transaksi tanyakan alamat dan juga sosial media serta CP (Contact Person). Penjual beneran akan dengan senang hati memberikan informasi tersebut kepada Anda, sedangkan penipu tidak akan pernah memberikannya dengan berbagai macam alasan.

Potret Produk dari Berbagai Sisi

Mintalah penjual untuk memperlihatkan foto produk, dan mem-fotonya dari berbagai sisi. Misalnya dari atas, bawah, kanan, kiri. Penjual beneran akan menurutinya sedangkan penipu akan kebingungan banyak alasan. Jadi cermati saja gerak geriknya agar tidak terlena.

Rekber (Rekening Bersama)

Nah ini cara ampuh untuk mengatasi penipuan dengan mudah dan aman. Rekber atau rekening bersama adalah perantara untuk bertransaksi aman dan nyaman.

Alur Rekening Bersama (Rekber)


  1. Pembeli transfer sejumlah uang yang telah disepakati (antara penjual dengan pembeli) ke pihak ketiga (perusahaan rekber).
  2. Penjual mengirimkan barang ke pembeli.
  3. Barang sudah sampai dan sudah sesuai, maka uang dari pembeli yang sudah masuk ke perusahaan rekber akan di transfer ke penjual dengan potongan administrasi.

Kesimpulan

Cara Agar Terhindar dari Penipuan Jual Beli Online di Internet dengan Mudah adalah memanfaatkan celah penipu dengan mengecohnya menggunakan berbagai macam cara yang tak pernah terpikirkan oleh penipu. Pikirkan berbagai cara untuk membuka topeng di balik penjual agar terhindar dari penipuan.

Demikianlah Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Online. Semoga bermanfaat. Jangan Lupa Share Ke Semua Orang Agar Artikel Ini Dapat Bermanfaat untuk Orang Banyak.

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.


Previous
« Prev Post