Gambar anak kecil
masnasih.com - Jika seseorang menginginkan sebuah kenyamanan, santai, tidur-tiduran, tidak kerja tapi ingin kaya dan hidupnya penuh dengan kebahagiaan, itu tidak benar. Pemikian semacam itu dapat menurunkan produktivitas seseorang, sehingga akan selalu berpikiran pragmatis yang setiap sesuatunya ingin diraih dengan mudah tanpa susah.

Baca Juga : Keajaiban Sholat Dhuha [Kisah Nyata]

Kenapa Hidup Banyak Masalah - Penjelasan Tentang Masalah

Namanya hidup pasti ada masalah. Masalah yang datang silih berganti dan tak pernah henti sampai waktunya manusia menghembuskan nafas terakhirnya.

Masalah hidup menurut Islam

Dalam Alquran Q.S Adz-dzariyat Ayat 25 disebutkan bahwa Allah SWT menciptakan Jin dan Manusia adalah untuk beribadah.

Sedangkan dalam dalam surat al-a'raf ayat 16-17 disebutkan bahwa iblis akan mengganggu manusia dan akan menyesatkannya dari segala penjuru.

Kedua dalil di atas adalah bukti bahwa pasti ada cobaan untuk menjalani kehidupan karena iblis telah berjanji akan mengganggu manusia. Jadi jangan heran kalau hidup banyak masalah. Tanda-tanda seseorang terkena godaan Iblis adalah was-was dan selalu pesimis.

Baca Juga : Gila Lu Ndro - Masak Gue Harus Satu Lawan Seribu?

Pemikiran yang salah

Jangan pernah berpikir, kenapa harus ada masalah, kenapahidup penuh cobaan dan ujian, hmm... masalah selalu ada, kenapa ada masalah, ada-ada aja masalah yang muncul, kenapa masalah selalu datang, kenapa hidup banyak cobaan. Berpikiran semacam itu wajar-wajar saja tetapi jika berlarut-larut dalam memikirkannya akan membuat kita justru lemah dan gampang menyerah.

Sebuah Proses

Hidup adalah sebuah proses untuk menemukan kebahagiaan hakiki. Kebahagiaan tak akan mampu dirasakan jika kita tak mengenal apa itu kesusahan. Kita harus berproses menghadapi berbagai macam cobaan dan rintangan, dengan begitu kita akan tau apa itu sebuah kebahagiaan.

Baca Juga Contoh Jadwal Kegiatan Harian Pribadi Simple dan Elegan

Terkadang Menyenangkan

Tak selamanya masalah adalah beban. Menganggap masalah adalah beban itu tandanya orang yang culun, penakut, dan pesimis akan potensi yang dimiliki. Masalah adalah ibarat sebuah teka-teki yang penuh dengan jebakan dan pasti mengandung risiko, kita harus berani memilih dan mempertanggung jawabkan pilihan yang kita pilih.

Tetap Jalani

Lari dari kenyataan tak akan pernah menyelesaikan masalah. Segala hal yang belum terselesaikan segera selesaikan dengan sungguh-sungguh. Tak ada alasan untuk lari dari kewajiban yang dianggap sebagai masalah dalam kehidupan. La Tahzan Jangan pernah pikirkan hasil sebelum mengerjakan. Kerjakan sekarang dan lupakan (hasil adalah bonus atau koreksi untuk masa depan).

Baca Juga : Contoh Jadwal Kegiatan Harian Pribadi Simple dan Elegan

Aku Bisa Kamupun Bisa

Setiap orang memiliki masalah. Berkecil hati akan membuat kita justru semakin kecil. Katakan,"Aku Pasti Bisa." Niscaya kita akan dapat menghadapinya. Optimisme harus di pupuk mulai sejak dini untuk menghadapi masa depan yang belum terprekdisikan. Jangan mengeluh, tetap fokus, jangan berbalik arah, tetap kejar masa depan yang kita inginkan.

Kesuksesan Itu

Hidup tanpa masalah kita tak kan tau apa arti kesuksesan. Belajar mulai dari sekarang, lawan diri sendiri, pasti menang. Banyak orang yang gagal bukan karena tidak mampu menghadapi cobaan ataupun lawan, tetapi mereka kalah bertarung dengan dirinya sendiri yang selalu mengecilkan hati padahal mereka mampu.

Inilah pelangi kehidupan yang muncul diantara carut marut dunia dalam diri seseorang. Tetap semangat dan tunjukkan gairah dalam berproses menuju sukses.

Baca Juga : Cara Menghadapi Dosen Pembimbing yang Super Sibuk