Mari Berkenalan dengan Webmaster Google untuk Menguasai Peringkat Teratas di Search Engine

Ilustrasi webmaster tool
masnasih.com - Mendapatkan peringkat teratas di Google adalah impian semua blogger, karena setelah mendapatkan peringkat satu Google maka blog akan mendapatkan pengunjung yang banyak. Dan ketika mendapatkan pengunjung yang banyak maka seorang blogger dapat memonetisasi blog dengan berbagai macam iklan, sehingga Ia mendapatkan penghasilan dari blognya.

Jadi bagaimana cara mendapatkan peringkat teratas di Google?

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa untuk mendapatkan peringkat teratas di Google tentunya harus menggunakan template yang Seo friendly dan juga konten atau artikel yang berkualitas serta sesuai dengan ketentuan Google. Jika semua hal di atas dilakukan maka sekarang anda bisa melanjutkan ke inti pembahasan dalam artikel ini yaitu mengenal Webmaster Google untuk menaklukkan halaman 1 Google.

Jadi apa sih Webmaster Google itu?

Webmaster Google adalah salah satu produk Google yang disediakan untuk para Webmaster dalam keperluan melihat performa blog atau website di mesin telusur Google. Jadi dengan menggunakan Webmaster Google maka kita bisa melihat kesalahan yang terjadi pada blog kita. Jika blog kita banyak kesalahan maka akan berakibat pada peringkat nya di search engine Google.

Dan jika blog atau website kita terlihat bagus dan tidak ada error ketika dilihat di Webmaster Google, maka website kita akan mudah dirayapi dan kemudian di Index oleh Google sehingga tampil di hasil penelusuran Google.

Fitur Webmaster Tool


Nah seperti itulah gambarannya. Untuk fitur yang tersedia di dalam Webmaster Google itu yang pertama adalah "tambahkan properti". Ini adalah langkah awal untuk memasukkan url blog kita di Webmaster Google. Dengan mengklik tambahkan properti Maka akan muncul kolom untuk memasukkan url blog kita. Habis itu kita bisa memasukkan url blog, kemudian menekan tombol tambah. ini adalah langkah awal dalam mengoptimasi blog agar sesuai dengan kriteria Google.

Setelah kita menambahkannya maka biasanya kita belum bisa melihat performa blog di Webmaster ini, akan tetapi kita akan melihatnya setelah beberapa hari ataupun beberapa minggu setelah ada pemberitahuan email yang menyatakan bahwa lalu lintas blog telah terdeteksi.

Tetapi sebelum melakukan pendeteksian biasanya Google memberikan pesan di dalam menu pesan yang ada di dasbor Webmaster Google. Biasanya pesan itu yang pertama kali muncul adalah untuk memasukkan "url sitemap blog". Karena dengan memasukkan peta situs maka Google akan mudah menelusuri blog kita.

Dan di dalam pesan tersebut biasanya Google juga meminta kita untuk membuat ataupun memasukkan "penguji robot txt" ke blog kita yaitu berupa kode yang sudah tersedia di dalam menu pengunji robot.txt.

Dan biasanya ada beberapa pesan lain juga terkait dengan bahasa ataupun penargetan blog kita. Namun ini tidak terlalu penting karena dengan memasukkan peta situs dan juga menyimpan kode robot.txt itu sudah cukup untuk mempermudah Google mengakses blog kita.

Ada berbagai macam fitur yang disediakan oleh Google, diantaranya adalah "data terstruktur" di mana menu ini adalah untuk melihat kesalahan yang terjadi di dalam blog kita. Jika ada struktur template yang salah maka Google akan menampilkan pesan error yaitu berupa grafik yang berwarna merah.

Kemudian ada juga "halaman seluler yang dipercepat" yaitu ini khusus untuk template AMP. Jadi kalau anda tidak menggunakan template AMP maka tidak ada data yang tersedia di sini tetapi jika menggunakan template AMP maka akan muncul sebuah data yaitu pesan error ataupun tidak ada kesalahan. Jadi di sini adalah untuk memantau performa template amp.

Kemudian ada juga fitur "menelusuri analityc" yaitu untuk melihat performa blog di mesin telusur Google apakah sudah mendapatkan klick, tayangan dan posisi di mesin telusur, ataupun belum ada data sama sekali. Jadi jika di sini ada data, berarti blog anda sudah mendapatkan pengunjung dari Google dan disini Anda bisa melihat kata kunci yang dicari oleh orang melalui Google dan orang tersebut masuk ke blog anda.

Di sini ada juga data-data yang bisa diatur mulai dari bulan ataupun dalam rentang waktu tertentu. Kemudian kita bisa juga memfilter dengan halaman, negara, perangkat yang digunakan, jenis penelusuran dan lain sebagainya. Jadi kita bisa mengidentifikasi dan bisa mengevaluasi performa blog kita di mesin telusur Google, sehingga kita bisa menentukan langkah ke depan untuk membuat blog kita lebih bagus dari sebelumnya.

Kemudian ada juga "fetch as Google". Dengan fitur ini kita bisa memasukkan postingan terbaru kita agar cepat terindex di mesin telusur Google. Biasanya artikel yang baru kita posting itu tidak tampil di Google, maka dari itu kita dianjurkan untuk memasukkan url postingan terbaru melalui fitur ini. Dengan menggunakan fitur ini maka postingan terbaru akan langsung terindex digoogle.

Dan itulah beberapa fitur yang tersedia di dalam Webmaster Google. Sebenarnya masih ada banyak fitur lain yang bisa digunakan dan disediakan di dalam Webmaster tersebut akan tetapi yang terpenting adalah yang saya sampaikan di atas. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihat sendiri di Webmaster Google agar lebih paham dan juga bisa langsung mempraktekkan.

Baiklah itu dulu perkenalan singkat tentang Webmaster Google yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan Jika ada hal yang masih bingung dan perlu ditanyakan, silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih :)

Mari Berkenalan dengan Webmaster Google untuk Menguasai Peringkat Teratas di Search Engine
X Close
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tekan tombol share di bawah ini.

Jika ada hal yang belum dipahami, tanyakan melalui kolom komentar. Dan jika ada keluhan, sampaikan melalui kontak kami.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Related Posts

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar