Pentingnya Dunia Digital - Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing

Ilustrasi digital marketing 
masnasih.com - Saya sedang membaca sebuah modul yang pernah disampaikan oleh dosen saya ketika kampanye Digital marketing. Hal ini menurut saya sangat menarik karena saya memang suka dengan hal-hal yang berbau Digital marketing.

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka."

Ini adalah sebuah ayat Alquran yang mengingatkan kita Untuk memanfaatkan perkembangan teknologi masa kini. Sekarang sudah banyak fitur yang disediakan oleh teknologi untuk berbagai keperluan bisnis kita, diantaranya adalah mencari produk yang laris di internet, mempromosikan produk di internet dan juga berkomunikasi dengan customer secara online.

Yang dulunya handphone digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi saja, sekarang sudah bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Yang dulunya TV hanya bisa ditonton saja sekarang bisa digunakan untuk merekam dan juga untuk menyimpan acara yang ada di TV tersebut.

Bagaikan kupu-kupu, perkembangan teknologi itu mulai dari yang sederhana sampai sekarang sudah menjadi sangat luar biasa yaitu menjadi multifungsi. Jadi kita dituntut untuk seperti kupu-kupu yang dulunya adalah ulat yang menjijikkan menjadi sebuah kupu-kupu yang indah dan bisa terbang, makanannya pun baik-baik yaitu madu.

Pentingnya Dunia Digital - Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing

Kata Kunci : manfaat digital marketing dan contohnya, fungsi distribusi dalam era pemasaran digital, cara kerja digital marketing, keunggulan digital marketing, artikel tentang digital marketing, makalah digital marketing, 

Mengapa harus Digital marketing?

Menurut data, 67% user yang melihat iklan offline keseluruhan melakukan pencarian di internet jadi setelah melihat iklan secara offline misalnya di jalan ataupun di tempat-tempat kantor dan lain sebagainya maka orang tersebut melakukan atau melihat informasi lebih lanjut melalui internet.

Menurut data juga disebutkan bahwa 57% orang yang menonton iklan di TV melakukan pencarian di internet. Jadi ketika orang melihat iklan di TV itu kemudian dia akan mencari informasi yang lebih lengkapnya melalui internet. Maka dari itu baik iklan offline maupun iklan tv itu membuat orang penasaran dan dia akan melakukan penelusuran atau mencari informasi lebih lanjut melalui internet.

Selain itu menurut data juga disebutkan bahwa penggunaan internet di Indonesia saat ini bertumbuh lebih dari 3 jam per hari sedangkan pertumbuhan populasi itu 15% dan pertumbuhan dalam frekuensi penggunaan internet itu 75%. Dalam catatan juga disebutkan bahwa total pengguna internet di Indonesia adalah sekitar 55 juta orang yang setara dengan tingkat penetrasi sebesar 22,4%.

Saya juga pernah melihat sebuah data di website yaitu pengguna internet Saat ini mencapai 100 juta orang.

Berikut ini adalah perilaku internet di Indonesia.

80% pengguna internet menggunakan search general browsing atau pencarian di internet yaitu Google. Selain itu 79% pengguna internet menggunakan social networking yaitu berupa sosial media itu Facebook Twitter telegram Instagram dan lain sebagainya. Pengguna email saat ini adalah 65% ini adalah peringkat ketiga dari penggunaan internet di Indonesia.

Kemudian selanjutnya adalah 76% adalah pengguna video yaitu orang-orang yang mengakses konten video melalui YouTube video atau lainnya. Dan yang terakhir adalah blogging yaitu 40% dari pengguna internet di Indonesia.

Menggunakan Digital marketing itu juga lebih efisien yaitu dengan strategi Digital marketing informasi mengenai produk atau jasa yang dipasarkan dapat diakses kapanpun selama 24 jam. Tidak seperti toko offline harus dibuka dulu di tunggu dan juga hal itu mungkin sangat melelahkan kalau menggunakan Digital marketing maka sedang tidur pun tokonya tetap buka.

Selain on selama 24 jam jangkauan Digital marketing pun sangat luas yaitu bisa sampai ke seluruh mancanegara. Untuk menjangkau seluruh dunia tentunya ada ilmunya tersendiri.

Menggunakan Digital marketing juga menghemat biaya iklan karena kita bisa menggunakan berbagai cara untuk promosi melalui internet dengan gratis. Bagi orang yang perlu mendalami dunia ini Tentunya belum paham dan belum mengerti belum menyadari tentang mudahnya dan luar biasanya sebuah marketing online.

Data di Indonesia menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna internet di Indonesia yang menggunakan pencarian Google itu adalah 96,24%. Melalui website kita bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik yang bersifat jangka panjang jadi ketika kita bisa memanfaatkan peluang ini maka dengan gratis kita bisa promosi produk kita melalui search engine atau mesin pencarian.

Memanfaatkan marketing online dengan menggunakan website. Website adalah cara untuk menampilkan produk kita di pencarian Google. Dengan menggunakan website maka kita bisa mengupload atau memposting produk kita di website kemudian Google akan mengambil data yaitu berupa produk kita dan ditampilkan di hasil penelusuran.

Jika website kita tampil di halaman 1 Google maka tentunya website kita akan mendapatkan pengunjung yang banyak dan jika yang kita posting di website adalah produk kita maka kita akan mendapatkan konsumen dari situ dan tentunya gratis dan jangka panjang.

Untuk melakukan hal tersebut tentunya kita membutuhkan ilmu yaitu tentang SEO atau search engine optimization. Melalui ilmu tersebut kita bisa mengoptimasi website kita agar bisa tampil di halaman 1 Google.

Kemudian kita juga bisa memanfaatkan sosial media kita bisa menggunakan sosial media untuk meraih customer dan mendengarkan suara mereka. Artinya kita bisa mempromosikan produk kita di sana Dan juga bisa meminta konsumen untuk testimoni produk kita ataupun kritik dan saran. Kita bisa membangun komunikasi dan relasi yang baik dengan customer dan calon customer melalui Facebook Twitter Google Plus dan platform sosial media lainnya untuk meningkatkan trust dan brand loyalty produk.

Sosial media yang paling digemari di Indonesia saat ini adalah Facebook Twitter Instagram WhatsApp dan telegram. Kita bisa memanfaatkan sosial media untuk promosi jangka pendek. Jadi jika dibandingkan dengan website maka sosial media adalah untuk mencari customer atau Jalan customer baru secara cepat, sedangkan website akan membutuhkan waktu yang cukup panjang yaitu paling tidak satu tahun.

Selain itu kita juga bisa memanfaatkan marketplace. Dengan menggunakan marketplace maka kita akan mendapatkan berbagai keuntungan diantaranya adalah gratis terindex di Google menggunakan rekening bersama dan iklan tertarget.

Jadi ketika kita memposting produk di marketplace maka kita akan mendapatkan promosi gratis dan juga otomatis bisa tampil di Google kemudian dalam transaksinya pun aman yaitu melalui rekening bersama yang disediakan oleh marketplus tersebut dan yang paling asik nya lagi adalah iklan yang kita posting atau produk yang kita posting di marketplace tersebut bisa tertarget atau sesuai dengan konsumen yang kita harapkan.

Banyak sekali marketplace yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan produk kita yaitu diantaranya adalah Tokopedia Lazada Bukalapak blibli.com Elevenia shopee dan lain sebagainya.

Jadi dengan menggunakan tiga peluang tersebut, kita bisa memanfaatkan promosi online yang gratis itu. Jika kita tidak memanfaatkannya maka kita akan ketinggalan zaman. 

Bagaimana menutut Anda apakah artikel ini sangat bermanfaat? Silakan share ke teman-teman Anda agar mereka juga mendapatkan manfaatnya. Terima Kasih :)
X Close
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tekan tombol share di bawah ini.

Jika ada hal yang belum dipahami, tanyakan melalui kolom komentar. Dan jika ada keluhan, sampaikan melalui kontak kami.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Related Posts

Previous
« Prev Post