Tulisan Arab Astagfirullahaladzim Beserta Penjelasannya

Tulisan Arab Astaghfirullah

masnasih.com - Tulisan Astaghfirullahaladzim adalah tulisan yang terlihat biasa tetapi maknanya sangat luarbiasa. Tulisan ini biasa digunakan untuk kaligrafi yang dijadikan hiasan interior rumah ataupun kaligrafi untuk belajar membuat tulisan arab indah. Di artikel ini saya akan menjelaskan sedikit tentang tulisan Arab Astaghfirullah Al Adzim dari segi keindahan maupun maknanya. Lihat juga Kaligrafi Istighfar Lainnya.

Kata Kunci Terkait : macam macam bacaan istighfar, doa istighfar yang paling utama, istighfar yang paling baik, doa istighfar taubat.

Tulisan Arab Astagfirullahaladzim Beserta Penjelasannya

    Daftar Isi :
  1. Video Astaghfirullah Robbal Baroya
  2. Arti Astaghfirullah Al Adzim
  3. Kalimat Istighfar untuk Berdzikir
  4. Membaca Istighfar untuk Memperlebur Dosa Kecil
  5. Bacaan Istighfar setelah Shalat
  6. Tulisan Istighfar
  7. Gambar Istighfar Tulisan Astaghfirullah

Video Astaghfirullah Robbal Baroya

Arti Astaghfirullah Al Adzim

Bacaan Istighfar (Arab: إستغفار, Istiġfār) atau Astaghfirullah (أستغفر الله‎ ʾastaġfiru l-lāh) / Istighfar adalah tindakan meminta maaf atau memohon ampunan kepada Allah SWT. yang dilakukan oleh umat Islam ketika melakukan tindakan yang salah. Perbuatan ini sangat dianjurkan di dalam ajaran agama Islam. Tindakan ini dilakukan dengan mengulang-ulang perkataan dalam bahasa Arab astaghfirullah, yang artinya "Saya memohon ampunan kepada Allah SWT".

Seorang Muslim menyebut kalimat ini beberapa kali, bukan hanya ketika memohon ampun dari Allah SWT sebagai doa, namun juga saat ia sedang berbicara dengan orang lain. Ketika orang Islam ingin mencegah dari melakukan perbuatan yang salah, atau ketika ia ingin membuktikan bahwa ia tidak bersalah pada satu kejadian ia menggunakan kalimat ini. Setelah selesai Sholat, seorang Muslim dianjurkan untuk melafalkan ucapan ini sebanyak tiga kali.

Dalam filosofi Islam istighfar bermakna seseorang muslim selalu memohon ampunan atas kesalahan yang dilakukan dan terus berusaha untuk menaati segala perintah Allah SWT dan tidak melanggarnya. Istighfar tak terletak pada pengucapannya saja, melainkan juga pada seberapa dalam seseorang yang beristighfar memaknai dan menghayati istighfar itu sendiri, agar ia terus mengingat Allah SWT di saat dia tergoda untuk melakukan perbuatan dosa. Apabila telah melakukan dosa, maka istighfar adalah titik baginya untuk berniat tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Kalimat Istighfar untuk Berdzikir

Astaghfirullahaladzim atau yang disebut dengan kalimat istighfar adalah kalimat yang diucapkan seorang hamba atas dosa-dosa yang telah dilakukannya. Ucapan ini juga dijadikan dzikir setelah sholat lima waktu dan juga disetiap waktu. Dengan membaca kalimat ini maka seorang hamba mendapat ampunan dari Allah SWT atas dosa kecil yang telah dilakukannya.

Membaca Istighfar untuk Memperlebur Dosa Kecil

Astaghfirullah dapat meleburkan dosa-dosa kecil. Semakin banyak membaca istighfar semakin terkikis pula dosa kecil yang telah dilakukannya. Contohnya adalah ketika kita melihat aurat orang lain dimanapun berada, maka berdzikirlah dengan istighfar yaitu membaca astaghfirullahaladzim. Dengan membaca istighfar, maka dosa yang kita lakukan itu akan terhapus.

Tulisan Istighfar

Inilah tulisan Arab Astaghfirullahaladzim.
اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

Untuk melihat tulisan arab astaghfirullah lebih banyak disini Tulisan dan Kaligrafi Istighfar

Bacaan Istighfar setelah Shalat

  1. Astaghfirullahal adziim alladzii laa ilaaha illa huwal hayyul qoyyuum waatuubu ilaih. 
  2. Astaghfirullahal adziim, lii waliwaalidayya, waliashhabil huquuqi wajibad 'alayya, walimasyaayikhina, walijamii'il muslimiina wal muslimaat, wal mu'miniina wal mu'minaat, al ahyaai minhum wal amwaat.

Gambar Istighfar Tulisan Astaghfirullah

Gambar astaghfirullah Arab
Demikianlah Artikel tentang Tulisan Arab astaghfirullahaladzim. Semoga bermanfaat :)

Baca Juga : Kumpulan Tulisan Arab Menarik dan Luar Biasa