Apa Itu Customer Value? Berikut Penjelasannya

Gambar orang ganteng sedang menulis'
masnasih.com - Kepuasan konsumen patut diperhatikan demi kelancaran bisnis yang Anda jalankan saat ini. Konsumen yang puas dengan pelayanan bisnis Anda adalah aset masa depan, karena dia akan kembali menggunakan pelayanan Anda dan menjadi pelanggan setia.

Pada artikel ini saya akan membahas tentang Apa itu customer value. Ini adalah materi yang akan memandu Anda menjadi pebisnis yang mempunyai pelanggan loyal.

Apa Itu Customer Value? Berikut Penjelasannya

Nilai pelanggan atau nilai customer atau customer value adalah rasio antara biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan dengan nilai yang didapatkannya. Bahasa mudahnya pelanggan akan puas dengan pelayanan jika produk yang didapatkan sesuai dengan harapan. Atau produk yang kita tawarkan mempunyai nilai tambah di mata pelanggan. Maka itu menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

Contoh Customer Value

Misalkan kita mempunyai toko pakaian, maka kita bisa menyediakan ruang tunggu yang nyaman.  Ruang tunggu itu buat siapa? Tentunya buat orang yang mengantar misalkan suami mengantar istrinya belanja, dan suami pasti capek atau lagi nggak pengen nemenin istrinya milih-milih pakaian. Dengan ruang tunggu inilah customer akan suka. Contoh lainnya bisa Anda kembangkan sendiri, misalnya menyediakan minuman, makanan, bonus, dsb. Jadi pada intinya adalah membuat customer nyaman.

Cara Meningkatkan Customer Value

Kunci meningkatkan nilai pelanggan yang paling berpengaruh adalah satu yaitu :

Customer Value Mindset

Seorang pebisnis harus mempunyai mindset ini karena di era sekarang semua status orang adalah sama. Dalam hal apa saja terutama dalam bisnis, customer adalah teman sejawat. Walaupun Anda saat ini adalah bos di sebuah perusahaan, posisi pelanggan tetap sama seperti teman sejawat. Jika Anda masih menganggap konsumen adalah orang yang lebih rendah dari Anda, maka rubahlah mindset tersebut mulai dari sekarang. Ingat, bahwa konsumen adalah orang yang membuat bisnis Anda berjalan lancar.

Anggaplah pelanggan adalah kolega (mitra). Dengan mindset seperti ini berarti Anda akan melayani dengan sepenuh hati seperti sahabat yang datang ke rumah Anda.

Contoh : Bisnis yang Anda geluti adalah service mobil, maka untuk meningkatkan customer value, setidaknya Anda menyediakan tempat untuk menunggu. Jika memungkinkan sediakan minuman, syukur-syukur mau menyediakan makanan ringan.

Customer Value Bisa Dinilai dari Pesaing

Jika pesaing sudah menyediakan beberapa fasilitas yang memanjakan pelanggan, maka Anda harus membuat customer value dengan nilai di atasnya. Bikin tempat Anda lebih nyaman dari pesaing Anda. Misalnya pesaing sudah menyediakan tempat bermain anak-anak, maka Anda harus berinovasi lagi. Mungkin Anda bisa menyediakan wifi gratis, atau minimal sama dengan pesaing Anda agar dapat memuaskan customer.

Pegawai yang professional

Jika Anda mempunyai pegawai, maka berikan pelatihan khusus untuk meningkatkan performa pegawai agar disukai customer. Paling tidak, berilah pelatihan selama 1 bulan agar pegawai terbiasa dengan budaya barunya, budaya yang kita desain dengan baik untuk kelangsungan bisnis kita. Pegawai yang tak memperhatikan adab dan tata cara menghadapi pelanggan, pegawai yang mempunyai ego tinggi akan cenderung merugikan bisnis kita, karena dia akan bertindak ceroboh sehingga membuat customer tidak nyaman.

Jika Anda yang bekerja sendiri, Anda juga harus selalu mengupgrade pengetahuan yang mampu menjawab kebutuhan customer dan menjadi pelayan yang menyenangkan baginya. Terkadang Anda harus memberikan harga sepesial untuk pelanggan Anda. Semua itu tak lain untuk meningkatkan pelayanan dan customer value.

Bagaimana Cara Memenuhi Customer Value

Pastikan Anda mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen terlebih dahulu. Kemudian Anda menyediakan kebutuhan tersebut. Sejauh itu, Anda sudah bisa dikatakan telah menyelesaikan masalah tersebut. Hal yang mendukung lainnya adalah melakukan survei pelanggan dengan menyediakan kotak kritik saran atau langsung wawancara ke pelanggan.

Setelah mendapatkan data-data dari hasil survei selanjutnya adalah dianalisis. Analisis bagian mana saja yang kurang dan setelah mengetahui kekurangannya, lengkapi semua kekurangannya; misalnya tidak ada tempat menunggu, maka buatlah ruang tunggu, bila perlu beri hiburan musik atau lainnya.

Kritik saran membuat Anda mengetahui sejauh mana pelayanan yang telah Anda berikan. Apakah sudah sesuai dengan harapan pelanggan atau masih perlu diperbaiki. Dengan cara tersebut, Anda akan semakin baik karena selalu mencoba memperbaiki kualitas pelayanan.

Kesimpulan

Customer value adalah cara kita memuaskan pelanggan dengan mengetahui kebutuhan dan harapannya.

Baca Artikel Arti Kata Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post