What Is Customer Value? Get It Now.

Gambar orang ganteng sedang menulis'
masnasih.com - Kepuasan konsumen patut diperhatikan demi kelancaran bisnis yang Anda jalankan saat ini. Konsumen yang puas dengan pelayanan bisnis Anda adalah aset masa depan karena dia akan kembali menggunakan pelayanan Anda dan menjadi pelanggan setia.

Pada artikel ini saya akan membahas tentang Apa itu customer value. Ini adalah materi yang akan memandu Anda menjadi pebisnis yang mempunyai pelanggan loyal.

Pertanyaan tentang customer value : dimensi customer value, pengertian creating customer value, pengertian value dalam pemasaran

What Is Customer Value? Get It Now.


Nilai pelanggan atau nilai customer atau customer value adalah rasio antara biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan dengan nilai yang didapatkannya. Bahasa mudahnya pelanggan akan puas dengan pelayanan jika produk yang didapatkan sesuai dengan harapan.

Contoh Customer Value


Menyediakan ruang tunggu yang nyanan, menyediakan tempat hiburan, menyediakan minuman dan makanan di ruang tunggu, memberikan bonus, dsb.

Cara Meningkatkan Customer Value


Kunci meningkatkan nilai pelanggan yang paling berpengaruh adalah satu yaitu :

Customer Value Mindset


Seorang pebisnis harus mempunyai mindset ini karena di era sekarang semua status orang adalah sama, dan dalam hal apa saja terutama dalam bisnis, customer adalah teman sejawat. Walaupun Anda saat ini adalah bos di sebuah perusahaan, posisi pelanggan tetap sama seperti teman sejawat. Jika Anda masih menganggap konsumen adalah orang yang lebih rendah dari Anda, maka rubahlah mindset tersebut mulai dari sekarang. Ingat, bahwa konsumen adalah orang yang membuat bisnis Anda berjalan lancar.

Anggaplah pelanggan adalah kolega (mitra). Dengan mindset seperti ini berarti Anda akan melayani dengan sepenuh hati seperti sahabat yang datang ke rumah Anda.

Contoh : Bisnis yang Anda geluti adalah service mobil, maka untuk meningkatkan customer value, setidaknya Anda menyediakan tempat untuk menunggu. Jika memungkinkan sediakan minuman, syukur-syukur mau menyediakan makanan ringan.

Customer Value bisa dinilai dari pesaing


Jika pesaing sudah menyediakan beberapa fasilitas yang memanjakan pelanggan, maka Anda harus membuat customer value yang lebih nyaman dari pesaing Anda. Misalnya pesaing sudah menyediakan tempat bermain anak-anak, maka Anda harus berinovasi lagi. Mungkin Anda bisa menyediakan wifi gratis, atau minimal sama dengan pesaing Anda agar dapat memuaskan customer.

Pegawai yang professional


Jika Anda mempunyai pegawai, maka berikan pelatihan khusus untuk meningkatkan performa pegawai agar disukai customer. Jika Anda yang bekerja sendiri, Anda juga harus selalu mengupgrade pengetahuan yang mampu menjawab kebutuhan customer dan menjadi pelayan yang menyenangkan baginya.

Bagaimana Cara Memenuhi Customer Value


Pastikan Anda mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen kemudian Anda menyediakannya, sejauh ini Anda bisa dikatakan sudah menyelesaikan masalah tersebut. Hal yang mendukung lainnya adalah melakukan survei pelanggan dengan menyediakan kotak kritik saran atau langsung wawancara ke pelanggan.

Setelah mendapatkan data-data dari hasil survei selanjutnya adalah dianalisis. Analisis bagian mana saja yang kurang dan setelah mengetahui kekurangannya, lengkapi semua kekurangannya; misalnya tidak ada tempat menunggu, maka buatlah ruang tunggu, bila perlu beri hiburan musik atau lainnya.

Kesimpulan

Customer value adalah cara kita memuaskan pelanggan dengan mengetahui kebutuhan dan harapannya.

Kata Kunci Terkait : customer value proposition adalah, creating customer value adalah, customer satisfaction


Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang dari Wattpad
X Close
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tekan tombol share di bawah ini.

Jika ada hal yang belum dipahami, tanyakan melalui kolom komentar. Dan jika ada keluhan, sampaikan melalui kontak kami.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Related Posts

Previous
« Prev Post