Berapa Lama Blogger Pemula Bisa Sukses dan Menghasilkan Uang?

Menghasilkan uang dari blog
masnasih.com - Pertanyaan yang seringkali menghantui para blogger pemula adalah berapa lama blogger bisa sukses? Berapa lama kita baru bisa dapat penghasilan? Berapa lama lagi saya bisa bahagiain orang tua dengan hasil dari ngeblog?

Berapa Lama Blogger Pemula Bisa Sukses dan Menghasilkan Uang? 

Hal ini sangat umum terjadi mengingat banyaknya suhu-suhu dan mastah yang pamer screenshot earning bejibunnya. Tak bisa dipungkiri bahwa rasa iri hati pasti akan muncul dengan sendirinya. Kadang kita juga bertanya pada diri kita sendiri “Kapan yah saya bisa dapat penghasilan dari blog?”.

Dengan dilandasi rasa iri itu tentunya Anda pasti akan terpancing untuk melakukan apa yang mereka lakukan. Mulai dari belajar membangun blog, SEO Off-page, SEO on-page, newsletter, dan berbagai teknik lain yang berkaitan dengan optimasi blog telah Anda pelajari.

“Saya udah terapin semua ilmunya, tapi kok blog saya masih gitu-gitu aja yah?”

Mau tahu apa masalahnya?

Jawabannya cuma satu, Anda kurang bersabar!

Bangun blog butuh waktu bro. Kalau Anda bikin blog baru seminggu udah ngarep penghasilan gede yah berarti Anda salah besar. Disamping menerapkan semua ilmu yang dipelajari, Anda juga harus bersabar.

Hal inilah yang seringkali membuat banyak blogger pemula tumbang. Selalu ingin hasil yang instan tanpa mau lama-lama menunggu.

Memang sih ada teknik-teknik ngeblog yang bisa membuat kita dapat penghasilan dalam waktu singkat, namanya teknik black hat.

Tetapi asal Anda tahu saja, teknik ini sangat tidak dianjurkan karena biasanya ujung-ujungnya kena banned atau apapun itu yang intinya nyakitin. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang didapat dengan cara instan pasti tidak baik. Mi instan aja ada efek sampingnya, apalagi teknik black hat.

Nah, untuk menyemangati para blogger pemula yang ingin sukses ngeblog maka Anda perlu tahu 4 fase penting dalam mengembangkan blog. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak baik-baik penjelasan berikut ini.

Fase pendirian

Fase pertama ini adalah fase dimana kita mengatur hal-hal dasar dalam pembuatan blog seperti menentukan niche, judul, url, pemilihan template, logo blog, setting webmaster, setting analytics.

Dalam fase ini juga kita fokus membuat konten yang berkualitas. Selain kuantitas konten, kualitas konten juga perlu diperhatikan. Toh, siapa juga yang mau buang-buang waktu untuk membaca konten yang tidak berkualitas. Untuk jumlah konten, sebaiknya kisaran 50 sampai 100 postingan.

Kebanyakan blogger pemula jatuh pada fase ini karena capek dan bosan bikin artikel. Ada juga yang menyebut fase ini sebagai masa sandbox, yaitu masa dimana blog kita sangat sedikit mendapat trafik.

Ibaratnya blog kita sedang dikurung dalam kotak pasir. Dalam fase ini Anda harus benar-benar memperbaiki mindset yang Anda miliki.

Anda perlu belajar bagaimana cara mengubah mindset diri sendiri agar bisa lebih tenang dalam menghadapi tantangan sandbox. Biasanya fase ini berlangsung sekitar 3-6 bulan.

Fase Pertumbuhan Trafik

Setelah melalui masa sandbox maka selanjutnya Anda akan berada di fase pertumbuhan trafik. Fase dimana blog Anda dikeluarkan dari kurungan. Ibaratnya kayak napi yang baru keluar dari penjara. Kebayang nggak tuh gimana rasanya, pasti lega.

Hal yang mengindikasikan sebuah blog keluar dari masa sandbox adalah mulai meningkatnya jumlah trafik, pelanggan RSS, komentar, dan sudah mulai nampak penghasilan walau beberapa rupiah.

Apabila blog Anda berada dalam fase ini maka yang harus dilakukan adalah fokus membuat konten yang bermanfaat sembari mengusahakan mencari backlink yang berkualitas. Salah satu cara yang umum digunakan adalah melakukan guest post.

Memang sih kita butuh energi dan waktu untuk mencapai kedua poin tersebut. Tetapi yakinlah bahwa energi dan waktu itu akan terbayar di kemudian hari.

Fase pertumbuhan trafik biasanya berlangsung selama 6-12 bulan. Beberapa tips yang perlu Anda lakukan dalam fase ini adalah menargetkan 1 guest post per bulan untuk blog-blog ternama dan membuat 1 sampai 2 artikel pilar per minggu.

Fase Kematangan dan Monetisasi

Dalam fase ini Anda mulai sedikit lega karena upaya yang dilakukan tidak sekeras yang dilakukan pada fase pertumbuhan trafik.

Jumlah pelanggan RSS Anda mungkin sudah mencapai ribuan dan banyak menerima guest post dari blogger-blogger lain.

Karena trafik yang sudah memadai, maka sudah saatnya Anda untuk memasang iklan adsense. Jangan lupa untuk melakukan optimasi terhadap iklan yang ditampilkan di blog Anda.

Umumnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan blogger untuk memonetisasi blognya. Bisa dari program afiliasi, iklan adsense, atau bahkan menjual produk sendiri berupa e-book atau jasa.

Fase ini biasanya berlangsung sekitar 6-12 bulan.

Fase Pemeliharaan

Dalam fase ini trafik sudah tergolong tinggi dan upaya yang dilakukan juga tidak sekeras pada fase pertumbuhan trafik.

Fase ini merupakan fase terindah yang akan dialami para blogger. Ibaratnya seperti jadi bos-bos besar yang mengawasi bisnisnya. Pada fase ini yang Anda lakukan hanya memelihara dan mengecek blog kalau seandainya ada link mati atau hal-hal lain yang bisa menurunkan peringkat blog.

Beberapa blogger yang sudah mencapai tahap ini adalah Herman Boediono, Iwan Banaran, Dian Umbara, Mas Darmawan, Hendro Rekawibowo dan masih banyak lagi.

Salah satu kisah blogger yang cukup menginspirasi adalah kisah Asri Tadda. Karena desakan perekonomian ia justru memberanikan diri untuk terjun ke dunia blogging walaupun itu harus mengganggu kuliahnya.

Tetapi setelah berkorban dan berjuang, akhirnya beliau bisa tersenyum bahagia dan bangga atas apa yang ia capai.

Dari penjelasan di atas Anda sudah paham kan berapa lama blog bisa menghasilkan uang? Yah butuh waktu berbulan-bulan. Jadi jangan stress kalau seandainya di awal membangun blog Anda masih belum juga dapat penghasilan.

Cukup sabar dan terus berproses, karena dengan begitu maka insyaallah earning akan menghampiri Anda.

Author : Aldy R

Baca Artikel Blogging Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post