Cara Mengatasi Kursor Axioo Pico CJM yang Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Kursor Axioo Pico CJM yang Gerak-Gerak Sendiri
masnasih.com - Masalah kursor yang bergerak-gerak sendiri banyak dialami oleh pengguna laptop/notebook. Tak terkecuali pengguna notebook Axioo Pico CJM. Hal ini disebabkan karena beberapa kemungkinan penyebab yang memang tidak bisa di hindari lagi. Disini saya akan mengupas tuntas cara mengatasi kursor axioo pico yang gerak-gerak-sendiri.

Cara Mengatasi Kursor Axioo Pico CJM yang Bergerak Sendiri

Untuk menormalkan kembali kursor notebook yang bergerak sendiri ada beberapa cara yang bisa kita lakukan yaitu diantaranya adalah sebagai berikut.

Masalah Driver dan Kabel Saat Menggunakan Mouse External

Jika Anda menggunakan mouse external pastikan tidak ada masalah baik drivernya maupun kabelnya. Kalau ada kabel yang rusak, kemungkinan akan mengalami gangguan pada kursor. Selain itu pastikan bahwa papan / alas mouse datar, jika alas mouse bergelombang maka sensor mouse tidak berjalan dengan baik dan berdampak pada kursor. Hindari penggunaan kaca untuk alas mouse.

Tegangan Listrik yang Tinggi

Jika Anda menggunakan laptop sambil di cas, bisa menjadi penyebab kursor bergerak-gerak sendiri. Hal itu terjadi karena aliran listrik terlalu tinggi mengalir ke bagian sensor touchpad dan sensor touchpad pun tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga kursor bergerak-gerak sendiri.

Untuk mengatasi hal tersebut disini saya akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh temen-temen di luar sana. Namun sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut satu persatu, saya akan membahas dulu materi utama dalam artikel ini yaitu cara mengatasi kursor Axioo Pico JCM yang gerak-gerak sendiri.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa alternatif yang bisa Anda lakukan diantaranya yaitu.

Melepas Charger Saat Menggunakan Notebook

Menurut pengamatan saya, masalah kursor notebook axioo gerak-gerak sendiri disebabkan oleh sensor touchpad yang error karena kepanasan saat di charger. Dengan melepas Charge maka akan meurunkan suhu panas dan sensorpun akan normal. 

Memperbaiki Sensor Touchpad

Jika memungkinkan, Anda bisa cek sensor touchpad dan memperbaikinya. Atau jika tidak mau repot bisa membawanya ke tempat service notebook axioo untuk memperbaiki sensor touchpad. Namun menurut pengalaman saya, Sensor touchpad notebook Axioo pico memang tergolong berkualitas rendah, Karena dilihat secara sekilas saja sudah bisa ditebak kalau sensor touchpad kurang bagus. Terlihat terbuka dan tidak rapi, saya pernah membandingakan dengan notebook asus memang perbedaannya sangat mencolok dimana sensor touchpad asus lebih rapi dan terkesan tidak terbuka.

Jika dengan cara tersebut belum bisa menyelesaikannya, Anda bisa menggunakan alternatif terakhir yaitu 

Menggunakan Mouse External

Ini adalah cara terakhir yang saya lakukan setelah mencoba cara-cara yang lain tidak berhasil. Dengan menggunakan mouse, kursor saya tidak bergerak-gerak lagi walaupun saya gunakan sambil men-Charger.

Tetapi, menggunakan mouse saja tidak akan menyelesaikan masalah jika touchpad masih tetap berfungsi. Solusinya adalah menggunakan mouse dan menonaktifkan fungsi touchpad.

Cara Menonaktifkan Touchpad Notebook Axioo Pico CJM

Caranya cukup simpel yaitu tinggal tekan Fn dan F1 secara bersamaan.
Kalau tidak bisa, coba tekan Fn dan F4.

Dengan menonaktifkan fungsi touchpad, masalah kursor gerak-gerak sendiri pun terselesaikan. Sekarang Anda bisa menikmati kenyamanan dalam menggunakan notebook axioo pico cjm seperti sediakala.

Untuk mengaktifkan kembali fungsi touchpad, Anda cukup tekan tombol yang sama.

Nah.. Pembahasan inti sudah terselesaikan. sekarang saatnya saya menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang masih relevan dengan pembahasan kursor yang error.

Masalah yang Sering Terjadi

  1. virus mouse bergerak sendiri (itu bukan virus tapi sensornya yang bermasalah)
  2. harga touchpad axioo pico (Harganya 100ribuan)
  3. cara memperbaiki kursor laptop yang error (caranya sama seperti di atas cuma beda laptop beda tombolnya. Selain Axioo ada yang menggunakan Fn + F7, ada juga yang Fn+F9 dsb. Coba lihat aja yang ada gambar touchpadnya).
  4. kursor bergerak sendiri saat mengetik (ini biasanya keyboardnya kena sensor touchpad. Pastikan juga jari/tangan Anda tidak menyentuh/mendekati touchpad. Pada saat mengetik, touchpadnya dinonaktifkan dulu mungkin lebih enak).
  5. kursor bergerak sendiri windows 10 (masalahnya mungkin sama seperti di atas)
  6. kursor laptop bergerak sendiri windows 10 (ini juga sama saja).
  7. kursor bergerak sendiri saat dicas (ini masalah sensor touchpad)
  8. kursor ngeblok sendiri (jawabannya di no 4)
  9. kursor bergerak untuk windows 7 (Sama masalah sensor)
  10. cara memperbaiki kursor laptop yang error (sudah saya jawab di artikel ini)
  11. cara memperbaiki kursor laptop acer (pake tombol Fn+F7 untuk menonaktifkan dan mengaktifkan fungsi touchpad).
  12. touchpad tidak bergerak (mungkin fungsinya sedang dinonaktifkan. coba cek dulu. Mungkin juga sensornya rusak, silakan perbaiki).
Saya kira artikel ini sudah dapat menjawab semua pertanyaan Anda. Jika masih bermasalah silakan bisa ditanyakan di kolom komentar.

Sekian artikel tentang cara mengatasi kursor Axioo Pico CJM yang bergerak sendiri. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Techno Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post