Kaligrafi Arab Nama Sendiri - Beserta Cara Membuatnya

contoh kaligrafi arab dan artinya

masnasih.com - Membuat kaligrafi arab nama sendiri adalah kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang yang suka dengan seni. Saya sendiri dulu ketika belajar kaligrafi atau khat yang biasa saya tuliskan adalah nama saya sendiri. Namun karena masih belajar ya hasilnya belum maksimal walaupun ketika dilihat merasa bangga dengan hasil karya sendiri.

Sekarang mungkin membuat kaligrafi sudah tidak sulit lagi karena sudah ada fasilitas software KELK yang bisa kita gunakan untuk membuat tulisan arab dan rapi. Sekarang memang sudah canggih dan tidak perlu khawatir lagi dan tanpa belajar manualpun bisa membuatnya. Namun jika Anda tertarik untuk mengetahui dasar-dasarnya silakan bisa belajar ke ustadz yang mumpuni di bidangnya.

Kaligrafi Arab Nama Sendiri - Beserta Cara Membuatnya

Baiklah disini saya akan membahas beberapa poin di bawah ini.

Contoh Kaligrafi Nama Sendiri

Saya akan mencontohkan kaligrafi nama saya dalam bahasa arab. Tulisan ini saya buat menggunakan aplikasi KALK font khat Tuluth atau Tsuluts. 
Gambar kaligrafi namaku
Muhammad Nasih Amin

Contoh Kaligrafi Nama Orang

Misalnya namanya Imron Rosyadi. Seperti ini bentuknya. Disini saya menggunakan font Tsuluts karena memang saya suka dengan bentuknya.
bingkai kaligrafi arab png
Imron

Kaligrafi Arab Nama Sendiri Online

Kalau Anda ingin membuat kaligrafinya secara online, Anda bisa mencari website yang menyediakan software online untuk membuat kaligrafi, Namun biasanya fitunya terbatas dan tidak seperti software offlinenya. Misalnya arabic keyboard, hanya bisa menggunakan font umum seperti di ms word.

Membuat Kaligrafi Nama Arab Online

Cara membuatnya adalah dengan menggunakan situs online arabic keyboard. Langkah-langkahnya seperti ini :
  1. Masuk ke arabic-keyboard.org/editor
  2. Masukkan tulisan arab nama Anda. Jika belum hafal keyboard arab bisa menggunakan on screen keyboard dan mengatur keyboar dari EN/IN ke AR (EN = English, IN = Indoneisa, AR = Arab).
  3. Silakan ketikkan nama Anda.
  4. Selesai

Aplikasi Kaligrafi Nama

Untuk menggunakan aplikasi kaligrafi, Anda bisa menggunakan PC maupun smartphone Android/IOS. Untuk Android/IOS bisa menggunakan aplikasi Ana Muhtarif Al Khat. Dan untuk PC bisa menggunakan Software KALK. Dua aplikasi ini bisa Kita gunakan untuk membuat nama dalam bentuk kaligrafi arab seperti gambar nama di atas.

Membuat kaligrafi nama online

Oh Iya. Selain membuat kalgrafi arab, kita juga bisa membuat kaligrafi nama yang bukan arab, dan di internet sudah banyak yang menyediakan tempat untuk membuat kaligrafi nama secara online. Dibandingkan dengan yang arab, kaligrafi online ini lebih banyak jumlahnya daripada yang arab.

Cara membuatnya 

  1. Masuk ke font-generator.com
  2. Masukkan nama yang ingin dibuat kaligrafi
  3. Klik Generate
  4. Selesai

Cara membuat kaligrafi nama anak

Untuk membuat kaligrafi nama anak, Anda bisa menggunakan cara-cara yang sudah saya sampaikan di atas. Bisa menggunakan yang online maupun yang offline. Bisa menggunakan yang arab ataupun yang latin. Semuanya bisa Anda lakukan dan bisa didapatkan di internet tanpa harus membuatnya secara manual dan lama. Untuk membuat kaligrafi yang arab mungkin Anda butuh ketrampilan yang lebih daripada yang latin.

Buat nama sendiri

Sebagai follow up dari materi ini, coba sekarang Anda buat nama sendiri dalam bentuk kaligrafi menggunakan meteri yang sudah saya sampaikan. Jika ada kendala, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah ini.

Demikianlah Artikel Tentang Kaligrafi Arab Nama Sendiri - Beserta Cara Membuatnya. Semoga Bermanfaat.


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar