Cara Bikin Blog Gratis
masnasih.com - Panduan Membuat blog ini saya buat untuk meng-upfollow postingan sebelumnya yang berjudul,"Cara Membangun Usaha Melalui Blog." Panduan ini merupakan langkah awal yang perlu dilakukan untuk memulai berproses menuju pembangunan usaha melalui blog.

Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, saya sarankan untuk membaca artikel yang sebelumnya terlebih dulu, Agar anda mengetahui tujuan dari artikel Panduan membuat blog ini.
Oke kita mulai memasuki zona alfa.

Cara Membuat Blog di Blogspot Gratis Lengkap Gambar

Setelah kita mengenal blog, sekarang kita akan membuatnya. Sebelum membuat blog, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

Menentukan Niche Blog

Menentukan niche yang tepat untuk blog yang akan kita kelola adalah hal yang sangat penting yang harus kita lakukan. Karena niche blog berkaitan dengan kualitas konten dan berkaitan dengan hidup atau matinya blog kita nantinya.

Dikatakan berkaitan dengan kualitas konten artinya ketika kita salah menentukan niche blog akan berpengaruh pada kualitas konten karena tidak menguasai materinya. Dan dikatakan berkaitan dengan hidup dan matinya blog artinya ketika kita tidak tau dengan materinya secara otomatis kita akan terkendala dalam pembuatan konten dan bisa jadi kita akan malas membuat konten dan akhirnya blog kita akan terlantar.

Menentukan niche blog adalah langkah awal dalam pembuatan blog.
"Bagaimana sih caranya menentukan niche blog yang tepat? "

Caranya adalah memilih salah satu dari pernyataan di bawah ini. Akan lebih baik jika niche blog cocok dengan semua pernyataan di bawah ini.

Hobi

Hobi adalah kegiatan yang kita sukai. Sedangkan Niche blog adalah topik ruang lingkup pembahasan dalam blog. Memilih niche blog yang berkaitan dengan hobi kita tentunya akan lebih membantu kita dalam aktivitas kita selanjutnya yaitu dalam pembuatan konten blog. Artinya kita akan lebih semangat dalam membuat konten blog, karena yang kita buat adalah berkaitan dengan hobi kita. Misalnya hobi kita nonton bola, maka pilih nichenya sepak bola atau olahraga, dan konten yang kita buat juga berkaitan dengan sepak bola.

Materi yang Dikuasai

Pilihlah niche blog sesuai dengan apa yang kita kuasai. Karena apa yang sudah kita kuasai akan mempermudah kita dalam membuat konten. Menguasai di sini artinya mengetahui.  Misalnya kita pintar dalam ilmu bahasa, maka kita bisa menentukan niche kita adalah bahasa. 

Materi yang Sedang Dipelajari

Apa yang sedang kita pelajari adalah apa yang bisa kita sampaikan nanti. Dalam memilih niche yang berkaitan dengan apa yang sedang kita pelajari akan sangat membantu kita nantinya. Itung-itung buat mengingat-ingat biar tidak lupa :) misalnya kita sedang mempelajari bisnis, maka kita bisa menggunakannya sebagai niche blog kita, yaitu berkaitan dengan bisnis.

Tidak Melanggar Aturan

Niche blog aman dari sanksi. Artinya niche blog tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku yaitu tidak mengandung SARA, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tindakan melanggar hukum.

Jadi, dalam menentukan niche blog, kita bisa memilih Niche yang berkaitan dengan hobi kita agar lebih semangat dalam mengelola blog. Bisa juga dengan apa yang kita kuasai atau ilmu yang sudah pernah kita pelajari dan kita menguasainya agar kita tidak kebingungan dalam membuat konten blog. Selain itu kita bisa memilih niche blog yang berkaitan dengan apa yang sedang kita pelajari, agar kita lebih mudah dalam membuat konten blog juga. Dan yang terakhir adalah niche blog yang akan kita buat harus aman dari ancaman hukuman, agar nantinya tidak bermasalah. Jadi tentukanlah niche blog yang nyaman untuk kita jalani sehingga kita akan bisa bertahan dalam kenyamanan mengelola blog.

Menentukan Domain Blog

Menentukan domain blog sebelum membuat blog adalah langkah yang perlu dipertimbangkan baik-baik, karena domain blog sangat berpengaruh pada SEO (search engine optimization). Juga berpengaruh pada ketenaran blog yang akan kita buat nantinya.

Langkah ini adalah langkah kedua dalam membuat blog setelah menentukan Niche Blog

Domain yang seperti apa sih yang pas itu?

Ada 2 pilihan untuk menentukan domain yang pas untuk blog anda. Yang pertama domain harus Simple, Menarik dan Unik serta Menyamakan dengan Judul blog atau keyword. 

Domain simple

Domain harus simple tidak terlalu panjang dan sebisa mungkin untuk memilih domain yang pendek. Karena akan lebih enak dilihat dan mudah diingat. Contohnya Wkyes.blogspot.com Lebih simple walaupun kurang menarik. Contoh yang kurang baik Runtosuccess78.blogspot.com. Terlalu panjang dan ada nomornya. 

Domain Menarik

Selain harus simple, domain juga harus menarik. Domain yang menarik adalah domain yang mudah di-eja, enak dilihat dan simple. Artinya domain tersusun rapi. Contohnya blog Elnablog.blogspot.com dan Elnaweb.wordpress.com. Contoh yang kurang baik Elnasih78.blogspot.com. Ada nomornya

Domain unik

Nah ini yang agak susah. Domain harus unik. Yang dimaksud unik disini adalah beda dari yang lain bahkan tidak ada yang sama, maksudnya tidak ada yang mirip-mirip.

Contoh : Bapeny.blogspot.com. Walaupun kurang menarik tapi unik. Contoh yang kurang unik Kataunik.blogspot.com. Walaupun tulisannya unik tapi sudah banyak yang menggunakan.

Menyamakan dengan Judul Blog atau Keyword

Dalam hal ini biasanya digunakan oleh blogger-blogger yang berorientasi pada SEO. Mereka membidik kata kunci yang sedang menjadi trending topik. Atau kata kunci yang banyak dikunjungi atau juga kata kunci yang lolos ke halaman awal mesin pencarian (google, bing, atau lainnya) 

Contoh : panduan-ngeblog.blogspot.com. Domain ini membidik kata kunci yang sedang marak dicari oleh banyak orang.

Contoh Domain yang Sesuai dengan Judul Blog

Judul blog : masnasih.com
Domain : masnasih.com
Judul blog : Panduanstartup.com
Domain : panduanstartup.com

Berikut ini contoh domain yang cocok dan pas:
  • ngopot.com
  • google.com
Domain tersebut menggunakan TLD ( Top Level Domain) domain yang berbayar tapi lebih simple, unik dan menarik. 

Jadi, dalam memilih dan menentukan domain blog perlu sedikit pertimbangan. Dipikirkan sejenak sekiranya yang cocok yang pas menurut anda, atau bisa meminta pendapat dari teman anda.
Dalam memilih domain perlu memperhatikan seberapa menariknya, kesimpleannya dan keunikannya. Hindari menggunakan angka. Silahkan anda pikirkan tapi tidak perlu berlama-lama karena hanya akan membuat anda stress.

Menentukan Judul Blog

Menentukan judul blog adalah langkah yang perlu dilakukan ketika kita akan membuat blog. Karena judul blog sangat penting dan sangat berpengaruh pada search engine. Salah dalam menentukan judul blog juga akan berpengaruh pada saat kita akan mendaftar menjadi publisher iklan google adsense nantinya.

Yang perlu diperhatikan dalam menentukan judul blog adalah Kesesuaian judul blog dengan niche blog dan judul blog mampu menjelaskan keseluruhan isi konten. Tujuannya adalah agar blog cepat terindeks di mesin pencarian dan juga mempermudah pengunjung untuk mengetahui pembahasan ataupun isi dari blog kita. Intinya adalah judul harus mampu menjelaskan isi konten blog kita.

Setelah kita menentukan 3 hal tersebut sekarang kita akan mulai membuat blog. Bagaimana cara membuatnya?

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Kita menggunakan platform blogger.

Cara Membuat Blog di Blogger


  1. Buka situs blogger (www.blogger.com). 
  2. Masukkan gmail jika belum punya silahkan buat dulu.
Masukkan email
Masukkan Email

Masukkan pasword
Masukkan pasword

Masuk ke blogger kembali
Masuk ke blogger

tampilan sebelum buat blog
Tampilan awal blogger

langkah membuat blog
Masukkan judul, alamat domain,  pilih template

tampilan setelah blog selesai dibuat
Tampilan awal setelah blog selesai dibuat
Tonton Video di Bawah ini Biar Jelas

Setelah blog sudah jadi sebenarnya sudah bisa langsung digunakan untuk memposting konten. Tapi saya sarankan untuk melakukan beberapa hal di bawah ini:

Mengganti Template Blog

(Baca : Memilih Template SEO friendly)
[WkyesTheme Template blog cocok untuk blog pribadi]

Menambah Beberapa Fitur Widget

Jika semua langkah Dalam Panduan membuat blog di atas sudah dilaksanakan, sekarang kita mulai melangkah ke tahap selanjutnya yaitu mengelola blog. Pasang Widget adalah salah satu optimasi untuk mempercantik blog. Contohnya widget fitur artikel terkait, social media sharing, artikel populer, dan sebagainya.

Demikian Cara Membuat Blog Blogger Disertai Gambar. Semoga Bermanfaat.

Baca Artikel Blogging Lainnya.