Your Blog Is Mantap
masnasih.com - Setelah anda membuat blog, sekarang saatnya anda untuk mulai mengelola blog yang sudah anda buat tersebut. Cara mengelola blog harus menggunakan cara-cara maupun trik-trik tersendiri, yaitu menggunakan seni yang unik dalam mengelola blog. Tujuannya adalah agar blog anda dikunjungi banyak orang dan tentunya blog anda juga disukai oleh pengunjung serta yang paling penting lagi adalah menjadikan pengunjung baru anda sebagai pengunjung tetap.

Panduan Mengelola Blog dalam 9 Langkah Jitu

Langkah-langkah yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut.

Memilih template yang sesuai

"Dalam memilih template blog, anda harus memperhatikan faktor kecepatan, kenyamanan, dan kesesuaian."

Kecepatan

Kecepatan respon blog membuat pengunjung tidak menunggu terlalu lama. Saya sendiri tidak suka dengan blog yang loadingnya lama. Seringkali saya meng-cancel koneksi blog yang loadingnya lama dan beralih ke blog yang responnya cepat.

Kenyamanan

Kenyamanan adalah hal yang paling utama untuk mengikat hati pengunjung. Kenyamanan sebuah blog bisa dilihat dari tampilan blog tersebut. Biasanya pengunjung lebih suka blog yang simpel. Artinya tidak terlalu ramai dan tidak terlalu sepi.

Yang paling dibenci oleh pengunjung adalah iklan. Boleh-boleh saja kita menaruh iklan, tapi jangan terlalu berlebihan, apalagi mengganggu aktivitas pengunjung. Sudah pasti dampaknya akan sangat tidak baik bagi blog anda.

Kesesuaian

Kesesuaian blog harus anda perhatikan. Kesesuaian blog bisa dilihat dari desain blog itu sendiri.  Desain blog personal tentunya berbeda dengan blog musik, begitu pula sebaliknya.

Blog bisa dikatakan sesuai ketika desain blog sesuai dengan niche blog. Intinya anda harus menyesuaikan desain yang pas untuk blog anda. Karena jika desain tidak sesuai, maka akan berdampak pada penurunan mood pengunjung. Ketika pengunjung merasakan ketidaksesuaian, maka pengunjung cenderung akan meng-close halaman blog anda dan berpindah ke blog lain.

Jadi, usahakan untuk memilih template blog yang sesuai agar bisa meminimalisir keresahan pengunjung.

Membuat konten yang bermanfaat, relevan, dan berkualitas

Membuat konten blog tentunya harus dengan cara-cara tertentu dan pengetahuan yang cukup, sehingga konten akan menjadi relevan, berkualitas, dan bermanfaat bagi pengunjung.

Konten bermanfaat

Konten blog yang dicari oleh pengunjung adalah konten yang bermanfaat bagi dirinya. Jadi, usahakan untuk selalu memberikan konten yang terbaik untuk pengunjung blog anda, dan hindari memuat konten-konten yang tidak penting ataupun yang biasa-biasa saja, karena hanya akan membuat pengunjung blog anda kecewa dengan pelayanan anda.

Konten Relevan

Selain bermanfaat bagi pengunjung, konten yang anda buat harus relevan. Artinya tidak keluar dari pembahasan ataupun niche blog. Konten yang relevan akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama, karena mereka membutuhkan informasi yang berkaitan dengan konten pertama yang dilihatnya. Dan usahakan agar pengunjung puas dengan konten yang anda buat. Semakin banyak konten yang relevan, semakin betah pengunjung blog anda.

Konten Berkualitas

Selain bermanfaat dan relevan, konten blog harus berkualitas. Artinya tidak sekedar membuat konten asal-asalan saja. Tapi harus ada fakta yang nyata agar mampu meyakinkan pengunjung.
Hindari membuat konten penipuan, seperti yang sering kita lihat di medsos yaitu berupa berita-berita hoax yang mengada-ada. Karena hal tersebut hanya akan menghilangkan kepercayaan pengunjung blog anda. Dan tentunya hal tersebut adalah hal yang tidak anda inginkan.

Mempromosikan Konten

Dalam mempromosikan konten blog, ada banyak cara yang bisa anda lakukan yang terangkum dalam 2 cara, yaitu dengan cara gratis dan berbayar.
Anda bisa melakukan promosi berbayar yaitu melalui orang lain ataupun berbayar melalui perusahaan.

Melalui orang lain yaitu dengan cara pasang iklan di blog orang yang tentunya sudah banyak pengunjungnya. Selain itu, anda juga bisa mempromosikan konten anda melalui perusahaan. Seperti facebook ataupun google.

Kelebihan berpromosi melalui perusahaan adalah jangkauan pemirsanya lebih luas. Namun kekurangannya adalah biayanya yang lebih mahal daripada melalui blog orang lain.

Tapi jika anda menginginkan yang gratisan, anda bisa melakukannya melalui akun media sosial anda, yaitu facebook, twitter, google+, dan lain sebagainya ataupun memberitahukan ke teman-teman anda.

Selain itu, anda juga bisa mempromosikannya melalui forum-forum yang sesuai dengan niche blog anda. Banyak pilihan yang bisa anda lakukan, tinggal pilih mana yang sesuai dan nyaman menurut anda.

Bagi-bagi Gratisan dan Hadiah

Tentunya orang-orang akan lebih berminat mengunjungi atau bahkan menjadi pengunjung tetap blog anda ketika anda memberikan gratisan dan hadiah. Anda bisa menggunakan pikiran anda untuk membuat produk gratisan yaitu berupa ebook, ataupun template blog, ataupun lainnya.
Selain itu, anda juga bisa mengeluarkan sedikit biaya untuk membagikan hadiah bagi pengunjung. Ataupun juga anda bisa mengadakan even lomba dengan hadiah menarik. Tentu hal tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pengunjung.

Manfaat dari bagi-bagi gratisan dan hadiah adalah mendapatkan pengunjung yang lebih banyak, dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi pengunjung tetap untuk blog anda.

Menyapa Pengunjung dengan Ramah

Tak dapat dipungkiri bahwa dari sekian banyak pengunjung akan ada yang meninggalkan komentar di salah satu konten anda. Baik itu berupa kritik, saran, maupun pujian. Dan yang perlu anda lakukan adalah menyapanya dengan baik, santai, dan tidak menyinggung perasaan. 
Pengunjung akan lebih nyaman ketika mendapat sambutan dengan baik. Jika ada pengunjung yang menyarakan sesuatu, dan sesuatu itu bermanfaat bagi anda, maka segeralah anda melakukan apa yang disarankan oleh pengunjung. Karena hal itu akan membuat anda disukai oleh pengunjung, di sisi lain hal tersebut bisa dijadikan sebagai sarana untuk membuat nyaman pengunjung blog anda.

Berkunjung ke Blog Orang Lain (Blog Walking)

Berkunjung ke blog orang lain sangat penting bagi anda, karena dapat menambah wawasan anda. Selain itu, berkunjung ke blog orang lain adalah sebagai sarana anda untuk menjalin relasi dengan blogger lain serta memperbanyak jaringan.
Dalam dunia per-blog-an sering disebut dengan blog walking. Biasanya antar sesama blogger saling berkunjung dan saling berkomentar memberikan, kritik, saran, maupun pujian. Hal ini juga dapat mendongkrak jumlah pengunjung blog anda.

Mencari Inovasi

Bagi seorang blogger, inovasi adalah hal yang tidak bisa diremehkan, bahkan mencari inovasi adalah hal yang sangat penting dalam kelangsungan pengelolaan blog.

Tanpa inovasi, blog akan terkesan biasa-biasa saja, tidak ada yang spesial. Hal itu dapat berdampak pada penurunan pengunjung blog anda. 

Untuk menangani hal semacam itu anda perlu mencari inovasi. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mencari inovasi, yaitu dengan blog walking seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Dengan blog walking paling tidak anda bisa mengukur seberapa menariknya blog anda dengan blog orang lain. Atau anda juga bisa mencari inovasi dengan berkunjung ke situs-situs yang sudah populer. Dari situ anda bisa belajar lebih banyak tentang berbagai hal sehingga memudahkan anda untuk berinovasi.

Mendaftarkan Blog Ke Webmaster Google

Agar blog terindeks di pencarian google, maka anda perlu mendaftarkan blog anda ke webmaster google. Langsung saja masuk ke laman webmaster google.

Anda akan mendapat banyak manfaat dari mendaftarkan blog anda ke webmaster google diantaranya adalah terindeks di halaman pencarian google.

Terindeks di halaman pencarian google. Artinya blog anda ataupun konten-konten anda dapat dicari di halaman pencarian google. Jika konten anda berkualitas, bisa saja muncul di halaman pertama pencarian google. Untuk dapat menembus halaman pertama, anda perlu melakukan SEO (search engine optimization). Namun anda tidak perlu khawatir tentang SEO. Jika anda sudah melakukan panduan ini.

Membuat Akun Sosial Media

Membuat akun  sosial media sangat penting untuk proses pengelolaan blog, dimana sosial media berfungsi sebagai nafas bagi keberlangsungan kehidupan blog.
Seperti survei yang sudah saya lakukan. Berikut ini adalah hasilnya

Ketika saya membagikan tautan ke sosmed, jumlah pengunjung blog saya cenderung bertambah. Dan ketika saya tidak membagikan tautan ke sosmed, jumlah pengunjung blog saya cenderung menurun.

Maka dari itu, sosial media sangat berpengaruh pada proses pengelolaan blog. Apalagi bagi seorang blogger pemula, tentu sosial media adalah hal yang harus ada. Karena tanpa sosial media, seorang pemula tidak akan bisa mendongkrak jumlah pengunjung.

Selesai

Kesimpulan

Dalam mengelola blog ada langkah-langkah yang perlu anda lakukan adalah

Satu, memilih template yang sesuai, dimana anda harus memperhatikan faktor kecepatan, kesesuaian, dan kenyamanan.

Dua, anda harus membuat konten yang bermanfaat, relevan, dan berkualitas, agar pengunjung betah berlama-lama.

Tiga, mempromosikan konten, dimana anda bisa melakukan promosi dengan cara yang berbayar ataupun yang gratisan.

Empat, bagi-bagi gratisan dan hadiah, secara cuma-cuma ataupun melalui even lomba.

Lima, menyapa pengunjung dengan ramah, dimana anda harus menanggapi saran dari pengunjung dan menghindari dari menyinggung.

Enam, berkunjung ke blog orang lain (blog walking), dimana anda saling bertukar komentar dan saling memberi masukan.

Tujuh, mencari inovasi, dimana anda harus membuat blog tampil menarik di mata pengunjung.

Delapan, mendaftarkan blog ke webmaster google, dimana anda membuat mesin pencarian google menemukan blog dan konten anda.

Sembilan, membuat akun Sosial Media, dimana medsos adalah sebagai sarana untuk berpromosi guna untuk mendongkrak jumlah pengunjung blog anda.

Dan masih ada banyak lagi cara-cara lain untuk mengelola blog. Namun saya kira, panduan pengelolaan blog yang sudah saya sebutkan di atas sudah cukup untuk bekal anda dalam mengelola blog.

Namun tak ada salahnya jika anda masih ingin mengetahui lebih lanjut tentang optimasi dalam pengelolaan blog. Nantikan juga Teknik-teknik optimasi dalam pengelolaan blog.

Semoga panduan mengelola blog ini bermanfaat.

Baca Artikel Blogging Lainnya.