Apa yang Harus Dilakukan Setelah Keterima Google Adsense?

masnasih.com - Apa yang harus dilakukan setelah keterima google adsense? Pertanyaan semacam ini sering saya dapatkan di grup facebook maupun whatsapp. Pertanyaan tersebut muncul karena si pemilik adsense tidak mempunyai visitor yang banyak di blognya. Atau ia memang masih newbie di dunia blogging maupun monetisasi google adsense.

Apapun latar belakang Anda yang jelas ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah keterima google adsense. Berikut ini adalah kiat-kiatnya :

Membuat unit iklan dan memasangnya di blog

Walaupun mungkin kode yang Anda pasang di tag head ketika daftar adsense sudah otomatis menjadi auto ads (iklan yang tampil secara otomatis dengan format otomatis), saya tetap menyarankan Anda untuk membuatnya secara manual dengan format yang pas sesuai dengan template blog Anda.

Membuat dan memasang iklan adsense yang tepat akan berpengaruh terhadap konversi klik iklan di blog. Tidak melakukan langkah ini sama artinya Anda telah menyia-nyiakan kesempatan yang sebenarnya sangat menguntungkan.

Membuat konten blog

Karena Adsense berkaitan dengan penghasilan, dan adanya penghasilan itu berasal dari kunjungan, klik dari pengunjung blog, pengunjung blog datang karena membutuhkan konten yang ada di blog, maka membuat artikel adalah sebuah keharusan untuk Anda lakukan.

Pengunjung tak akan mencari konten yang unfaedah, maka buatlah konten yang memberi manfaat bagi penggunanya. Sediakan artikel yang tinggi kualitasnya, baik dari segi orisinalitasnya, manfaatnya, maupun kekuatan sumbernya. Dengan konten yang berkualitas, maka konten Anda akan dicari orang.

Mempelajari SEO (Search Engine Optimization)

Membuat konten yang berfaedah dan berkualitas tinggi belum cukup untuk mendapatkan visitor yang banyak. Anda harus mempelajari seo untuk mendapatkan kata kunci yang banyak pencarinya dan mengetahui apa saja yang diinginkan oleh search engine.

Dengan mempelajari seo maka Anda bisa riset kata kunci yang potensial dan mampu membuat blog yang sesuai standar seo dan juga bisa membuat konten yang sesuai keinginan search engine sehingga blog akan mudah terindeks di search engine dan dapat bersaing dengan blog-blog lainnya, mendapatkan banyak pengunjung, sehingga mendapatkan penghasilan dari google adsense.

Memposting konten

Membuat konten dan mempelajari seo tak akan ada gunanya jika konten tidak diposting. Benar bukan? hehe..

Maka dari itu posting konten harus dilakukan dan secara rutin berkala. Untuk awalan mungkin bisa 4-6 artikel perhari, setelah 3 bulan mungkin bisa ditambah jumlahnya.

Mempelajari TOS Google Adsense

Untuk menjaga akun google adsense agar aman dari banned pelajarilah peraturan resmi dari google adsense. Selalu pantau blog dan hindari membuat konten yang melanggar tos adsense.

Tentunya Anda tidak mau kan kalau saldo udah banyak akunnya di banned?

Kalau akun sudah dibanned kemungkinan besar blognya juga terblacklist oleh google adsense dan itu akan sangat menyakitkan jika benar-benar terjadi pada diri Anda karena blognya tidak bisa di daftarkan lagi otomatis mengulang dari awal lagi, atau paling tidak harus mengganti domain blog dan domain yang lama di alihkan permanen ke domain yang baru, dan perlu mendaftarkan ulang yang belum tentu diterima.

Verifikasi Pin, ID, dan Rekening Bank

Yah.. ini adalah saat-saat yang paling menegangkan. 3 langkah verifikasi dalam sistem google adsense ini tak sedikit orang yang gagal dalam melakukannya, dampaknya akun tidak bisa digunakan lagi dan akibatnya tidak bisa mendapatkan penghasilan dari google adsense itu sendiri.

Ketika saldo sudah mencapai $10, maka google adsense akan mengirimkan pin, kode untuk verifikasi alamat rumah si empunya akun google adsense. Bersamaan dengan itu maka akan muncul verifikasi ID dan juga verifikasi rekening bank.

Verifikasi ID adalah kunci dari keberhasilan ketiga verifikasi tersebut. Ketika gagal verifikasi id, maka lenyaplah sudah harapan Anda untuk mendapatkan penghasilan dari google adsense. Berbeda dengan verifikasi pin dan rekening bank. Verifikasi pin gagal akan ada form sebagai penggantinya, dan verifikasi rekening gagal bisa menghapus no rekening dan menambahkannya lagi dan verifikasi bisa aktif lagi.

Jadi Inti dari 3 verifikasi ini terletak pada ID, jika verifikasi ID sukses maka yang lain nenyesuaikan. Ada sebuah tips yang saya dapatkan dari grup facebook dengan statement bahwa verifikasi ID harus di dahulukan sebelum verifikasi pin dan no rekening.

Agar verifikasi ID sukses upload foto ktp dengan resolusi foto yang tinggi. Saya sendiri saat verifikasi menggunakan ktp yang saya foto agak miring dengan hp kamera jernih. Filenya mencapai 1mb lebih. Jadi ktp saya taruh di lantai keramik putih, kemudian cara memfotonya tidak dari atas pas melainkan sedikit ke samping. Jika dari atas 90 derajat maka saya memfotonya dari sudut 45 derajat. Kira-kira seperti itu.

Ambil uang di bank

Kalau uangnya sudah ngumpul jangan dibiarin dianggurin di rekening dong. Ambil di bank lewat atm atau bisa langsung ke banknya lewat teller. Anda akan ditransfer oleh google adsense jika saldo sudah mencapai ambang pembayaran yaitu $100. Pada tiap tanggal 22 saat saldo mencapai ambang pembayaran maka secara otomatis saldo akan ditransfer ke rekening bank Anda.

Tambahan

Sebagai warga negara yang baik alangkah baiknya Anda membuat NPWP dan membayar pajak secara rutin setelah Anda mendapatkan penghasilan yang dinyatakan kena pajak.

Sebagai umat beragama yang baik, maka tunaikanlah zakat, jangan lupa sedekah agar hidupnya lebih berkah.

Dan sebagai orang yang berilmu, maka sampaikanlah ilmu yang Anda ketahui kepada semua orang yang Anda temui, yang membutuhkan, agar mereka juga merasakan manfaatnya.

Demikianlah Artikel tentang Apa yang harus dilakukan Setelah Keterima Adsense? Semoga bisa memberikan sedikit pencerahan kepada Anda.

Good Luck :)

X Close
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tekan tombol share di bawah ini.

Jika ada hal yang belum dipahami, tanyakan melalui kolom komentar. Dan jika ada keluhan, sampaikan melalui kontak kami.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Related Posts

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar