Belajar Seo Wordpress untuk Pemula 2019

Wordpress self hosting
masnasih.com - Di artikel kali ini saya ingin menyampaikan materi tentang Belajar Seo Wordpress untuk Pemula. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan Wordpress biasanya mempunyai mindset bahwa wordpress mempunyai keunggulan tersendiri yang tidak bisa di dapatkan di blogger.

Iya memang benar seperti itu, Namun tentunya Anda harus mengetahui dulu dan belajar dasar-dasar Seo Wordpress agar nantinya tidak salah langkah seperti saya waktu itu.

Belajar Seo Wordpress untuk Pemula 2019

Jadi pertama kali saya menggunakan wordpress - beli hosting sendiri, optimasi sendiri, desain template sendiri?, coba instal plugin sendiri, dsb - saya mengalami masalah yang serius padahal meniru persis dengan saran para pemain wordpress yang sudah pro. Ternyata saya salah, karena sebenarnya saya nggak bisa serta merta meniru optimasi website orang lain melainkan harus mengetahui kapasitas website kita.

Kesalahan Saya sebagai Pemula

Karena saya belum mengetahui seluk beluk wordpress pada waktu itu, maka saya melakukan kesalahan-kesalahan yang sangat fatal, diantaranya sebagai berikut.

Instal Plugin Berlebihan

Waktu itu saya menginstal plugin lebih dari 10, diantaranya adalah jetpack, yoast seo, Seo all in pack, minify image, dsb. Belum lagi saya juga menginstal beberapa theme sehingga loading web sangat lola (loading lambat).

Tidak Mengoptimasi Gambar

Jadi ketika saya membuat postingan tidak memperhatikan ukuran gambar padahal ukurannya lebih dari 2 mb. Hal itu membuat web sangat lambat ketika di akses, bahkan gagal memuat gambarnya jika diakses menggunakan koneksi internet yang kurang lanjay.

Bingung Desain Template

Memang untuk mengatur sebuah theme di wordpress tak semudah di blogger. Banyak sekali theme yang keren tetapi hanya fitur kerenya hanya bisa digunakan untuk theme premiumnya aliasnya harus bayar dulu biar dapetin fitur premiumnya. Kebanyakan atribut widget juga akan membuat website menjadi lambat. Jika di blogger mungkin tidak terlalu bermasalah, tetapi untuk wordpress memang harus dimanagemen dengan baik biar nggak lola.

Salah Membeli Hosting

Salah membaca tutorial, salah juga memilih hostingnya, jadi saat itu saya membuat blog dengan target visitor Indonesia tetapi saya membeli hosting server US. Ini tentunya berpengaruh terhadap kecepatan blog. Ketika orang mengakses blog saya, jangkauan servernya sangat jauh, seharusnya saya menggunakan server lokal Indonesia.

Akibatnya Salah Setting Wordpress

Kesalahan-kesalahan tersebut mengakibatkan blog yang saya migrasi dari blogger menjadi berantakan. Selain menjadi lola (loading lama), tampilan acak adul, blog saya juga mengalami penurunan visitor. Ini sangat memprihatinkan bukan?

Jadi dari sinilah saya ingin berbagi kepada Anda (khususnya yang pemula), baru terjun ke dunia wordpress agar tidak salah langkah seperti saya yang niatnya biar mudah malahan kesusahan.

Jadi apa saja yang harus dilakukan untuk memulai mengoptimasi blog/website yang menggunakan self hosting dengan cms wordpress?

Silakan perhatikan pemaparan saya di bawah ini. Agar Anda paham. Tapi Insya Allah paham karena saya menggunakan bahasa yang paling mudah dipahami versi saya sendiri. Jangan salahkan kalo habis baca artikel ini malah pusing hehe..

Tentang SEO Wordpress

Secara umum ada dua cara untuk belajar SEO Wordpress yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. On Page SEO adalah optimasi wordpress yang dilakukan di dalam blog itu sendiri, sedangkan Off Page SEO merupakan Optimasi Blog yang dilakukan dari luar (Bukan dari dalam).

Cara Mengoptimasi Wordpress

Wordpress self hosting ibaratkan rumah kita. Sedangkan Google adalah desainer handal - perlombaan rumah terbaik - yang sedang melakukan penilaian rumah kita dalam rangka HUT RI yang ke 73. Perlombaan ini dimulai sejak 17 agustus 2019 sampai kiamat hehe...

Peserta Perlombaan adalah seluruh warga negara yang mempunyai rumah. Hadiah akan diberikan kapan saja tanpa ada batasan waktunya dan setiap orang yang membangun rumah otomatis mengikuti perlombaan itu.

Jadi posisi kita sekarang adalah peserta perlombaan yang setiap saat akan digeserkan oleh peserta baru. Apa yang harus dilakukan mulai sekarang?

Mempelajari syarat dan ketentuan perlombaan. Misalnya catnya warna apa, interiornya seperti apa dsb. Dalam hal ini berarti kita harus Belajar Seo Wordpress dari Mbah Google. Silakan baca artikel ini Panduan SEO Mbah Google.

Saya jelaskan sedikit di dalam panduan tersebut menjelaskan tentang bagaimana kita harus melakukan optimasi blog yang disukai oleh pengunjung dan juga mesin penelusuran google.

Yaitu meliputi, mendesain template yang simple, Loadingnya ringan, strukturnya tertata rapi, enak dilihat dsb; dan juga kualitas konten yang high quality alias disukai pembaca dan bikin pembaca betah untuk membaca tulisan lainnya atau istilahnya bounce ratenya rendah, dan juga backlink.

Dalam panduan dari mbah google tersebut, kita bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh mbah google selaku tim juri perlombaan ini. Tapi sayangnya di dalam panduan tersebut tentunya masih ada kekurangan khususnya terkait dengan SEO Wordpress.

Jika Anda sudah membaca artikel dari websitenya Didik Arwinsyah dan juga Seo Satu sebenarnya sudah cukup. Namun disini saya melihat ada kekurangan di dalamnya yaitu tentang manajemen hosting. Disinilah inti dari artikel belajar seo wordpress yang saya maksud.

Oke rileks dulu sebelum melanjutkan membaca. Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan-lahan.

Tips Seo Wordpress untuk Pemula

On Page Seo Wordpress

Membeli Hosting Sesuai target pengguna

Belilah Hosting yang pas dan sesuai dengan target pasar kita. Artinya jika kita menginginkan pengunjung dari Indonesia maka belinya hosting Indonesia (hosting IIX), jika target visitornya adalah amerika maka pilih hosting amerika (US), dsb. Jadi ini adalah kesalahan saya pertama yaitu membuat blog berbahasa Indonesia tapi hostingnya amerika, Jadinya nggak pas, bisa jadi bikin lemot blognya.

Kapasitas Hosting yang Memadai

Jika visitor masih kecil atau belum ada visitornya lebih baik membeli yang murahan saja terutama yang pemula. Namun resikonya adalah kapasitas terbatas seperti bandwith yang kecil, penyimpanan sedikit, dan juga agak lemot jika tidak bisa melakukan manajemen hosting dengan baik. Anda bisa memilih shared hosting (paling murah), VPS (sedang), dan juga Dedicated Server(mahal). Semakin mahal semakin mantap fiturnya.

Jika Anda terpaksa menggunakan Hosting yang murah, ikuti tips ini agar pengoptimalan wordpressnya lancar jaya.

Memilih Template yang SEO Friendly

Salah satu ketentuan seo dari google adalah menggunakan template yang simple, ringan, dan mempunyai struktur template yang bagus. Ciri-cirinya : Mempunyai tag heading minimal h1, h2, dan h3, loadingnya cepet, tampilannya responsive (bisa menyesuaikan sesuai ukuran layar), mempunyai breadcrumb, dsb.

Optimasi Permalink

Seperti yang dikatakan google juga, bahwa permalink yang simpel lebih disukai bot google daripada permalink yang terlalu rame, misalnya postingan ini mempunyai permalink https://www.masnasih.com/2019/01/belajar-seo-wordpress-self-hosting.html. Permalink ini masih kurang simpel karena ada tahun dan bulannya. Dengan menggunakan wordpress maka Anda bisa menghilangkan tahun dan bulan jadi akan tampil seperti ini https://www.masnasih.com /belajar-seo-wordpress-self-hosting.html

Ingat !

Usahakan untuk menginstal template dari website yang terpercaya. Karena kadang ada orang yang sengaja share template yang di dalamnya terdapat malware yang membahayakan.

Kalau mau yang lebih aman lagi beli yang premium saja, bila perlu baca-baca dulu di google rekomendasi beli template wordpress yang aman.

Instal Plugin yang paling penting

Banyak sekali plugin yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan blog melalui Wordpress self hosting, baik yang gratisan maupun berbayar. Namun Anda juga harus ingat juga hosting yang digunakan. Kalau yang harganya murah tentunya mempunyai kapasitas yang terbatas dan disinilah Anda harus mengoptimalkannya dengan baik.

Anda tidak bisa serta merta menginstal semua plugin yang ada demi keperluan seo wordpress. Jika Anda memaksa untuk menginstal semua plugin maka berakibat pada penurunan performa blog, loading lama, dan pengunjung blog tidak suka sekalipun konten yang Anda buat sangat berkualitas. Terlebih lagi jika kontennya masih abal-abal ditambah loadingnya lama, tentunya nggak ada pengunjung dan untuk mendapatkan rangking satu google hanyalah mimpi.

Jadi harus memanage betul jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Instal plugin yang benar-benar dibutuhkan. Jangan seperti saya, penyimpanan cuma 1gb buat ngistal plugin 5+ akhirnya blognya lola. Diakses sendiri aja sudah ogah apalagi orang lain hehe..

Seo Konten - Resize gambar

Ini juga kesalahan saya waktu belajar seo wordpress, saya membiarkan gambar berukuran besar. Hal ini dapat menyita banyak penyimpanan hosting. Banyangkan saja satu posting misal satu gambar dengan ukuran 2 mb, kapasitas penyimpanan hosting tinggal 500 mb karena sudah digunakan untuk menginstal cms wordpress beserta pluginnya.

Jika saya memposting artikel sehari 5 artikel berarti 2 mb x 5 = 10 mb. Maka dalam waktu 50 hari hosting saya is dead (karena kehaabisan penyimpanan) dan blog pun lambat ketika di akses.

Jadi Cara terbaiknya adalah gunakan gambar seminimal mungkin ukurannya. Sebenarnya menggunakan plugin Wordpress bisa mengatasi masalah ini. Tetapi jika ingin mengirit penyimpanan hosting lebih baik menggunakan cara manual dengan mengedit di photoshop atau gunakan resize image online.

Off Page SEO Wordpress

Untuk off page seo tidak saya sampaikan semuanya disini karena sudah ada di dalam panduan SEO google. Disana sudah dijelaskan kriteria backlink yang baik seperti apa dan yang spam seperti apa. Namun saya hanya ingin sedikit berbagi tentang cara optimasi SEO Off Page.

Share Sosial Media

Sosial media adalah salah satu penunjang SEO Off Page yang paling mudah dilakukan jika kita menggunakan wordpress, karena dengan wordpress kita bisa menginstal plugin jetpack dan kita bisa mengaturnya agar postingan yang kita publikasikan langsung secara otomatis share ke beberapa sosial media, diantaranya adalah, facebook, twitter, pinteres, linkedin, dsb.

Ternyata dengan cara rutin share ke sosial media dapat menarik perhatian orang yang adalah di sosial media, terlebih lagi jika Anda sering berinteraksi di sosmed, maka secara tidak langsung Anda akan membangun brand untuk blog yang Anda kelola. Saya sendiri suka penasaran ketika ada orang yang share postingan di Fb dan saya rasa orang lain pun akan melakukannya.

Cari Backlink yang Berkualitas

Backlink adalah salah satu penunjang SEO Wordpress karena google sendiri menyebutkan dalam panduannya, bahwa tautan balik (backlink) adalah salah satu nilai plus untuk optimasi mesin telusur. Maka saya juga sangat menyarankannya. Tetapi dalam mencari backlink harus waspada, jangan asal cari backlink dari mana saja yang tentunya akan membuat blog Anda dianggap spam oleh google.

Backlink yang baik adalah backlink yang berada di konten dan kontennya relevan. Menurut pakas seo, "Content is King, and relevan Is Quin". Jadi inilah yang paling diutamakan oleh google. Untuk lebih jauh tentang backlink silakan baca artikel ini : Backlink Berkualitas 2019

Cara mengatur permalink sangat mudah. Masuk saja ke dasboard wordpress - pilih setelan/setting - permalink - pilih permalink yang domain yang diikuti name post saja. Jangan pilih yang aneh-aneh.

Kesimpulan

Belajar Seo Wordpress itu mudah, namun jika tidak dilakukan dengan benar akan berakibat pada penurunan performa blog. Cara mengatasinya adalah dengan memilih hosting yang pas, menggunakan template seo friendly, dan juga mengoptimasi konten, serta backlink dari website/blog lain.

Tanpa melakukan semua itu, kita akan kesulitan untuk mendapatkan peringkat tertinggi di search engine google walaupun menggunakan wordpress self hosting terutama untuk yang target kata kuncinya banyak pesaingnya.

Demikianlah Artikel Belajar SEO Wordpress untuk Pemula. Semoga Bermanfaat.

Baca Artikel Blogging Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post