Cara Membuat Rating Bintang Blogger Agar Tampil di Google

Gambar Rating Bintang
masnasih.com - Banyak blogger yang mencari cara membuat rating bintang blogger agar tampil di halaman hasil pencarian google. Hal ini karena trust atau kepercayaan adalah sangat dibutuhkan oleh calon visitor blog. Dengan adanya rating bintang maka calon visitor akan lebih percaya dibandingkan dengan blog yang tidak ada rating bintangnya di hasil penelusuran google. Maka di postingan kali ini saya akan berbagi cara membuatnya.

Cara Membuat Rating Bintang Blogger Agar Tampil di Google

Saya sendiri selama ini belum berhasil membuat rating bintang di blog ini tetapi beberapa menit yang lalu saya sudah menerapkan kode rating bintang di blog ini. Mungkin efeknya akan terlihat beberapa hari kemudian.
Namun sebelum memasuki tutorial ada hal yang perlu saya sampaikan agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Berikut ini adalah point-point yang perlu diperhatikan. 

Rating Bintang Merupakan Onpage SEO

Orang akan cenderung meng-klik hasil penelusuran google yang tampilannya lebih unik dari pada yang lainnya. Jika blog Anda mempunyai rating bintang maka tentunya menjadi unik karena belum banyak blogger yang memanfaatkan rating bintang ini. Jadi impressi klik postingan blog Anda yang tampil di google akan cenderung lebih banyak. Hal semacam ini saya kategorikan ke dalam optimasi UX (walaupun di luar blog).

Rating Bintang Berdampak Buruk pada SEO Blog

Jika Anda menggunakan platform blogger, maka rating bintang dibuat secara manual dan bersifat statis, artinya tidak berubah selama Anda tidak merubahnya karena rating bintang ini hanya dapat di baca oleh bot search engine tetapi tidak tampil di blog. Tidak seperti di wordpress, rating bintang tampil di blog dan bersifat dinamis mengikuti penilaian dari pengguna blog itu sendiri. Jika pengguna memberi nilai sedikit maka rating akan menurun dan jika penggunanya memberi rating banyak maka ratingnya akan meningkat.

Maka dari itu menurut Tn. Andreas founder seosatu mengatakan bahwa rating bintang di blogspot bisa jadi berpengaruh buruk terhadap seo. Dan untuk mengatasi hal ini Tn. Andreas menyarankan untuk memberi rating sewajarnya. Saya sendiri belum mengetahui alasan pastinya tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba. 

Cara Membuat Rating Bintang di Blogger

Untuk membuat rating bintang Anda memerlukan kode script yang dapat di baca oleh bot google. Google sudah menyediakan ketentuan scriptnya disini  https://developers.google.com/search/docs/data-types/review-snippet

Nah. disini Anda menggunakan kode snippet artikel untuk menampilkan rating di google. Di bawah ini adalah kodenya. 

<script type="application/ld+json">
{
"@context": "https://schema.org/",
"@type": "Review",
"itemReviewed": {
"@type": "Thing",
"name": "Ngeblog Bareng masnasih.com"
},
"author": {
"@type": "Person",
"name": "Much. Nasih Amin"
},
"reviewRating": {
"@type": "Rating",
"ratingValue": "4.3",
"bestRating": "5"
},
"publisher": {
"@type": "Organization",
"name": "masnasih.com"
}
}
</script>

Stepnya seperti ini :
  1. Copy kode snippet di atas (ganti tulisan berwarna sesuai dengan keinginan Anda)
  2. Masuk ke dasboard blogger
  3. Ke menu Tampilan
  4. Pilih Edit HTML
  5. Cari kode post-footer. Jika ada lebih dari satu maka pilih yang paling bawah.
  6. Paste kode snippet di bawah kode tersebut
  7. Simpan template.
Kode tersebut hanya tampil halaman postingan dan laman karena diletakkan di post-footer yang hanya tampil di halaman tersebut.

Cara Cek Cuplikan Kaya Google / Rich Snippets Test

Untuk mengecek apakah kode yang diterapkan sudah benar atau belum silakan bisa cek melalui alat yang sudah di sediakan google. Anda bisa mengakses https://search.google.com/structured-data/testing-tool untuk melihat kepastiannya. Caranya:
  1. Masuk ke https://search.google.com/structured-data/testing-tool 
  2. Masukkan url blog Anda
  3. Jalankan Pengujian
  4. Selesai
Jika hasil dari pengujian terlihat seperti gambar di bawah ini, berarti sudah benar.
google rich
Dan setelah Anda menerapkan kode ini secara benar, maka tunggu google mencrawl ulang blog Anda dan menampilkan rating bintang di hasil penelusurannya. Hal ini membutuhkan waktu beberapa jam atau sampai beberapa hari tergantung dengan kecepatan crawl google pada blog Anda.

Ya mungkin itu tutorial singkat tentang Cara Membuat Rating Bintang Blogger Agar Tampil di Google. Semoga Bermanfaat.


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar