Cara Membuat TOC (Tabel of Content) / Daftar Isi di Postingan Blog Blogspot / Blogger

Gambar Daftar isi

masnasih.com - Akhir-akhir ini saya sering share di facebook tentang pentingnya TOC (Table of Content) atau dalam bahasa mudahnya adalah daftar isi sub pembahasan yang di bahas dalam sebuah postingan blog/website. Jadi adanya toc membuat perayapan (bot) mesin telusur lebih mudah memahami konten blog kita. Baiklah agar lebih jelas saya sampaikan poin-perpoin agar tidak bingung.

Cara Membuat TOC (Tabel of Content) / Daftar Isi di Postingan Blog Blogspot/Blogger

Daftar isi :

  1. Apa Itu TOC?
  2. Apa Manfaat dan Pentingnya TOC Bagi Blog?
  3. Bagaimana Cara Membuat TOC di Blog?
  4. Kesimpulan

Apa itu TOC?

TOC adalah navigasi pada sebuah tulisan. Kita tentunya sudah tidak asing dengan daftar isi yang ada pada sebuah buku. Baik itu buku materi sekolah maupun buku novel dst. Nah TOC merupakan daftar isi sekumpulan sub pembahasan yang ada di dalam tulisan.

Jika Anda pernah membuat makalah maka pasti sudah tidak asing dengan daftar isi / TOC. Atau bagi Anda yang suka membaca novel juga pasti yang dibaca pertama kali sebelum ke ceritanya membaca daftar isi dulu. Benar bukan?

Baca Juga : Cara Membuat TOC di Ms Word Secara Otomatis

Apa Manfaat dan Pentingnya TOC Bagi Blog?

Karena pembaca pastinya akan kebingungan ketika membaca sebuah tulisan tetapi tidak ada daftar isinya. Maka diperlukan daftar isi untuk mempermudah pembaca. Selain itu, ternyata bukan cuma pembaca saja yang suka, melainkan juga bot mesin telusur khususnya google suka dengan konten yang ada tocnya.

Ketika dalam sebuah postingan blog ada tocnya, maka bot google akan mudah merayapi dan memahami konten yang ada di dalamnya. Maka ketika google mudah merayapi konten akan cepat juga proses indexingnya. Baca juga tentang cara kerja search engine.

Manfaat dari adanya toc di blog adalah pengunjung jadi mudah mengakses konten mana yang mereka butuhkan tanpa harus menscroll konten. Tinggal klik di bagian toc maka secara otomatis akan bergulir ke konten yang di butuhkan. Kalau tidak percaya coba klik toc yang ada di atas.

Bagaimana Cara Membuat TOC di Blog?

Untuk pengguna wordpress bisa menginstal plugin table of content plus. Untuk mendownloadnya silakan kunjungi https://id.wordpress.org/plugins/table-of-contents-plus/

Pengguna wordpress self hosting dimudahkan dengan adanya plugin. Tinggal pasang plugin dan setiap posting akan secara otomatis membentuk toc. Tetapi untuk pengguna blogger harus melakukannya secara manual.

Untuk pengguna Blogger harus menambah tag html khusus untuk membuat toc di blog. Saya contohkan toc yang saya buat seperti di artikel ini. Anda bisa melihat tampilan jadinya seperti artikel ini. sedangkan kode yang saya buat adalah seperti ini:

<ol><b>Daftar isi :</b>
<li><a href='#1'>Apa itu TOC?</a></li>
<li><a href='#2'>Apa Manfaat dan Pentingnya TOC Bagi Blog?</a></li>
<li><a href='#3'>Bagaimana Cara Membuat TOC?</a></li>
<li><a href='#4'>Kesimpulan</a></li>
</ol>

<h3 id='1'>Apa Itu TOC?</h3>
Paragraf disini
<h3 id='2'>Apa Manfaat dan Pentingnya TOC Bagi Blog?</h3>
Paragraf disini
<h3 id='3'>Bagaimana Cara Membuat TOC?</h3>
Paragraf disini
<h3 id='4'>Kesimpulan</h3>
Paragraf disini

Nah jadi untuk membuat toc kita hanya perlu mengenal tag ol, li, a, dan h3 serta atribut di dalamnya. Silakan bisa dicopas ke postingan blog masing-masing. Dengan cara :
1. Copy kode di atas dan masuk ke dasboard blogger
2. Pilih Mode HTML bukan Conpose
3. Paste kode yang sudah di copy kemudian pilih compos lagi untuk membuat artikel.
4. Jika sudah selesai silakan kembali ke mode HTML kembali dan pastikan link yang ada di toc berupa #1, #2, #3, dst seperti di contoh di atas karena saat mengganti ke mode compos akan berubah dan ada tambahannya https://draft.blogger.com dst. Nah nanti pokoknya pastikan link di toc sesuai dengan contoh di atas.

Ingat save dalam mode HTML bukan Compose, begitu pula ketika Anda ingin mengedit, silakan edit dan simpan di mode HTML.

Kesimpulan

TOC merupakan daftar isi berupa navigasi konten yang mempermudah pengunjung dan perayap mesin telusur dalam mengakses konten blog. TOC merupakan salah satu teknik seo on paga yang paling mudah dilakukan. Dengan adanya toc maka pengunjung blog akan suka dan tidak kebingungan dalam mencari konten yang diinginkan.

Mungkin itu sedikit cara yang bisa saya sampaikan semoga bisa dipahami. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang pembahasan ini silakan baca ebook yang satu ini bit.ly/seowkyes.

Demikianlah artikel tentang Cara Membuat TOC (Tabel of Content) / Daftar Isi di Postingan Blog Blogspot / Blogger yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat :)


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar