9 Cara Meningkatkan Alexa Rank Websites / Blog dengan Cepat

masnasih.com - Halo Sobat. Kali ini saya akan berbagi tentang cara meningkatkan alexa rank. Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa alexa rank merupakan nilai sebuah blog, apakah blog tersebut bagus atau tidak. Alexa rank dipengaruhi oleh beberapa poin, dan ketika poin-poin tersebut terpenuhi dengan ukuran yang baik maka semakin tinggi / ramping pula alexa ranknya.
Cara Meningkatkan Alexa Rank

9 Cara Meningkatkan Alexa Rank Websites / Blog dengan Cepat

Baiklah mari kita bahas bagaimana cara meningkatkan alexa rank dengan baik dan benar. Bagi Anda yang belum mengetahui cara cek alexa rank silakan baca dulu cara cek alexa rank.

Ada beberapa hal yang menurut pengamatan saya sangat mempengaruhi rank alexa, setidaknya ada tiga hal, yaitu:
  • Visitor (Pengunjung Blog)
    Semakin banyak pengunjung semakin bagus rank alexanya.
  • Bounce Rate (Rasio Pentalan)
    Semakin sedikit persentase bounce ratenya, semakin bagus alexa ranknya.
  • Banklink (link dari website lain)
    Semakin banyak backlinknya, semakin bagus peringkat alexanya.
Jadi 3 hal di atas adalah poin penting yang saya rasakan saat meningkatkan peringkat alexa. Dari situ saya berpikir ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan alexa rank. Berikut ini adalah langkah sederhana meningkatkan alexa rank.

Memposting Artikel Setiap Hari

Memposting Artikel Rutin Agar Blog Kuat Di Mesin Pencari
Karena kita butuh pengunjung yang banyak maka rutin posting artikel adalah cara yang sangat saya dianjurkan. Semakin banyak artikel yang diposting, semakin banyak pula pengunjungnya. Terlebih lagi bagi blogger yang belum mengetahui tentang seluk beluk seo, maka posting rutin adalah cara yang tepat untuk menigkatkan pengunjung blog, sembari mempelajari ilmu seo. Saya sudah menyediakan ebook seo silakan dibaca dulu SEO Tutorial 2019 - Belajar SEO Gratis Disini

Internal Link

Menambah internal link di setiap postingan agar mengurangi bounce rate.
Internal Link
Bounce rate akan membuat blog menjadi kurang berkualitas karena hanya satu artikel saja yang dibaca oleh pengunjung. Bounce rate bisa disebabkan karena sebuah artikel tidak ada internal linknya. Terkadang orang malas untuk mencari artikel yang relevan dengan pembahasan di blog, maka buatlah internal link agar mempermudah pengunjung untuk mengakses informasi yang relevan dengan artikel yang sedang dibacanya. Dengan adanya internal link, maka akan mengurangi bounce rate.

Konten Panjang

Membuat konten yang panjang dengan pembahasan mendetail agar time visitornya naik.
Menulis Artikel Seo
Selain internal link tentunya kita juga harus memperhatikan konten blog. Artikel yang terlalu pendek akan membuat pengunjung meragukan informasi yang ada di dalam blog. Selain itu time visitornya menjadi semakin sedikit. Dengan membuat konten yang detail pembahasannya akan membuat pengunjung bertahan lama di blog sehingga time visitor menjadi naik. Dan juga dalam menerapkan internal link terntunya jika artikelnya pendek akan menjenuhkan mata. Dengan konten yang panjang, internal link akan terlihat rapi dan tidak merusak kenyamanan pengunjung.

Kalau bingung cara bikin konten yang panjang bisa baca penjelasannya dulu di bawah ini :

Backlink Natural

Mencari bancklink secara alami dan tidak spam
Cara Mencari Backlink
Backlink alami akan membuat otoritas blog di mata mesin pencarian menjadi WOW. Dengan backlink yang natural maka akan meningkatkan pengunjung blog, dan jika pengunjung blog banyak maka alexa rank akan naik. Sebenarnya alexa tidak memandang backlink spam atau tidak. Ia hanya melihat jika banyak backlinknya maka peringkatnya baik bagi alexa. Namun untuk mesin pencari itu tidak baik, maka harus mencarinya secara alami agar tidak terkena pinalti google dan pengunjung turun.

Untuk mencari backlink yang berkualitas anda bisa melakukan tips Cara Mencari Backlink yang Berkualitas

Social Media Sharing

Memanfaatkan sosial media untuk berbagi informasi yang ada di blog.
Social Sharing
Media sosial adalah tempat yang banyak penggunanya. Penggunanya tidak hanya orang dewasa saja, melainkan semua usia semuanya menggunakan sosial media. Kita bisa memanfaatkan peluang ini untuk share konten blog kita di sosial media. Dengan cara ini maka akan mempermudah kita dalam mendapatkan pengunjung dan berpotensi viral. Selain itu, sosial share juga termasuk salah satu poin untuk meningkatkan peringkat blog di mesin pencarian.

Kolom Subsciber

Memasang kolom berlangganan untuk memberikan informasi update artikel secara otomatis.
Langganan Menggunakan Email
Memasang kolom berlangganan adalah cara kita untuk menginformasikan postingan terbaru melalui email pelanggan. Kolom berlangganan ini sangat berpengaruh terhadap kualitas konten. Jika kualitas konten blog kita sangat tinggi, maka tak menutup kemungkinan pengunjung blog akan berlangganan melalui email. Dan ketika sudah ada yang berlangganan melalui email tentunya kita akan mendapatkan pengunjung setia tanpa promosi lagi.

Push Notification

Memasang push notification untuk mempermudah pengunjung dalam berlangganan artikel.
Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Menggunakan Push Notification
Push notification juga salah satu media untuk berlangganan informasi dari sebuah blog. Namun push notification ini lebih mudah diakses. Hanya dengan mengklik tombol subscribe pengunjung blog sudah otomatis berlangganan. Namun dia tidak akan mendapatkan informasi dari email, melainkan dari browser yang dia pakai. Dan untuk mendapatkan pelanggan dari push notification ini tergolong mudah. Saya sendiri mendapatkan pelanggan baru tiap harinya dari push notification ini. 

Jika menggunakan one signal, untuk pengguna Wordpress mungkin akan mudah menggunakannya, karena postingan blog akan otomatis tersambung dengan push notification. Tetapi untuk pengguna blogger tidak bisa menggunakannya secara otomatis. Jadi harus masuk ke website one signal dan secara manual membuat push ke pelanggan.

Template SEO Friendly

Menggunakan template seo friendly agar mudah dirayapi mesin telusur.
Memasang Template seo untuk meningkatkan seo blog
Template seo juga salah satu faktor yang sangat penting untuk seo blog. Jika salah memilih template, maka performa blog akan tidak bagus di mata mesin pencari. Maka sangat dibutuhkan template yang pas, yaitu yang cepat, responsive, dan terstruktur. Dengan template yang seo friendly maka mesin pencari akan mudah mengakses blog, sehingga proses indeksnya cepat. Saya sudah menyediakan template seo friendly untuk pengguna blogger. Template ini sudah saya rancang sedemikian rupa dan sesuai dengan algoritma google sekarang. Tampilannya seperti blog ini. Ambil template wkyes super

Berikut ini artikel yang dapat membantu Anda untuk menentukan template blog yang seo friendly

Aplikasi Webview

Membuat aplikasi webview untuk mempermudah pengguna dalam mengakses blog.
Membuat Aplikasi Webview untuk Meningkatkan Branding Blog
Nah. Ini dia yang terakhir yang masih jarang dilakukan oleh blogger tanah air. Menyediakan aplikasi webview akan mempermudah pengguna dalam mengakses blog kita. Aplikasi Webview adalah aplikasi android untuk mengakses blog kita dengan mudah. Jadi ketika dibuka langsung masuk ke blog kita tanpa harus mengetikkan url blog. Namun tentunya untuk mendapatkan pengguna aplikasi lagi-lagi harus menyediakan konten yang berkualitas tinggi, agar tidak membuat pengguna kecewa.

* * * Selesai * * *

9 cara yang tersebut di atas jika dilakukan dengan baik, maka akan dapat memaksimalkan proses percepatan dalam meningkatkan alexa rank. Namun jika Anda belum bisa melakukan semuanya, pilihlah poin-poin penting dari 9 cara tersebut. 

Mungkin saya rasa sudah cukup memahamkan. Demikianlah artikel tentang 9 Cara Meningkatkan Alexa Rank Websites / Blog dengan Cepat. Semoga Bermanfaat.

Baca Artikel Blogging Lainnya.