Ciri-Ciri Template Yang SEO Friendly

Template Seo
masnasih.com - Adalah hal yang paling krusial memilih template ketika seorang blogger mau memulai untuk ngeblog. Salah memilih template akan membuat blog yang dikelola mengalami banyak masalah, dan akibatnya bisa menjadi masalah di search engine, salah satunya adalah sulit terindeks di search engine.

Ciri-Ciri Template Yang SEO Friendly

Template seo friendly adalah desain template yang dibuat sedemikian rupa sehingga sangat ramah terhadap mesin telusur manapun termasuk google, bing, dan yahoo. Maka untuk memilih template seo friendly ada ciri-ciri yang bisa dilihat. Berikut ini adalah ciri-ciri template seo friendly :

1. Struktur data valid.


Google mempunyai kriteria tersendiri dalam melihat sebuah website apakah website itu baik atau tidak, ketika struktur template sesuai dengan kriteria google maka itulah yang dinamakan valid. Struktur data bisa dilihat dengan tools google struktur data.

2. Fast loading


Kecepatan adalah salah satu indikator seo template. Semakin cepat loading website semakin bagus skor seonya. Google ingin melayani pengguna dengan baik, maka website yang memiliki loading lambat akan diabaikan oleh mesin telusur google. Untuk cek kecepatan bisa menggunakan pagespeed google

3. Mobile Friendly


Sekarang pengguna smartphone lebih banyak dibandingkan pengguna pc. Maka google mendahulukan indeks mobile dibandingkan dengan pc (istilah yang dikenalkan oleh google adalah mobile-first-index. Saat ini tidak ada ketentuan website harus menggunakan amp html melainkan desain responsive sudah cukup.

4. Menggunakan rich snippet (kutipan kaya)


Google suka menampilkan konten yang berkualitas tinggi dan struktur yang bagus termasuk ada rich snippetnya. Untuk blog menggunakan rating bintang. Blog yang ada rating bintangnya akan lebih disukai google dibandingkan blog yang tidak ada rating bintangnya.

5. Navigasi yang jelas


Google ingin memberikan pengalaman pengguna yang baik, maka template blog dengan navigasi yang jelas akan disukai google. Google lebih mudah memahami struktur templatenya dengan baik sehingga cepat proses pengindeksannya.

6. Heading yang baik


Template yang baik adalah yang memiliki heading yang terstruktur dari mulai H1 sampai H4. Di homepage H1 digunakan untuk judul blog, H2 digunakan untuk judul postingan, H3 digunakan untuk judul widget, dan H4 digunakan untuk informasi penulis, waktu publikasi, dan label/kategori.

6 ciri di atas sudah menunjukkan template yang seo friendly. Namun secara umum dapat disimpulkan bahwa template seo friendly adalah template yang desainnya sederhana yang mempermudah pengunjung dalam mengakses semua konten di dalam sebuah website.

Dan kabar baiknya template ini sudah sesuai dengan 5 kriteria diatas. Anda tidak akan menemukan template selengkap ini di template-template lainnya. Tinggal pasang langsung bisa digunakan untuk bersaing dengan website-website di search engine.

Demikianlah ciri-ciri template yang seo friendly. Semoga Bermanfaat :)


Previous
« Prev Post