CPC Google Adsense Kecil - Penyebab dan Cara Mengatasinya

CPC Google Adsense Kecil - Penyebab dan Cara Mengatasinya
masnasih.com - Tidak hanya pada awal bulan saja, ternyata cpc google adsense saya setiap harinya pasti ada yang kecil. Bahkan saking kecilnya sampai 1 klik dihargai dengan Rp 0.5 rupiah. Gila banget kan? 

CPC Google Adsense Kecil - Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dari kejadian tersebut saya menelusuri kenapa sih kok bisa cpcnya rendah. Alasannya apa?

Penyebab CPC Google Adsense Rendah

Nah setelah saya telusuri ternyata ada lima jenis iklan yang memungkinkan untuk mendapatkan nilai cpc yang rendah yaitu iklan link/tautan, , iklan text, iklan match content, iklan in feed dan in article.

Lhoh kenapa kok bisa cpcnya rendah?

Karena iklan ini ketika tidak ada iklan yang relevan dengan pembahasan di blog karena memang tidak ada pengiklannya atau orang yang biasanya iklan sedang tidak iklan, maka iklan yang ditampilkan oleh google adsense adalah konten dari blog saya sendiri.

Wah.. Kok bisa?

Iya, saya beberapa kali melihat iklan text, link tautan, infeed, inarticle itu menampilkan konten saya sendiri. Sedangkan untuk iklan match content sudah menjadi rahasia umum kalau iklan itu memang menampilkan konten yang relevan dengan pembahasan artikel yang sedang di baca.

Jadi ketika pengunjung mengklik iklan tersebut tentunya tidak ada pengaruh yang terlalu signifikan terhadap penghasilan blog kita. Artinya tidak ada earning yang masuk melainkan sebuah data klik saja dari google adsense.

Biar lebih jelas silakan lihat gambar screenshoot di bawah ini. 

Itu yang ada di kotak merah adalah situs perujuk yaitu dari google ads. Hal tersebut menunjukkan bahwa seseorang telah mengklik iklan yang menampilkan konten blog saya sendiri. Dan untuk kasus ini iklan yang saya maksud adalah iklan unit link/tautan.

Namun ada faktor lain yang menjadikan iklan di blog saya menampilkan konten blog saya sendiri. Diantaranya saya mengatur ads balance di angka 70%, sedangkan sekarang masih awal tahun yang notabene banyak perusahaan yang belum mulai memasang iklan. Dan juga saya memblokir beberapa pengiklan yang paling banyak iklannya termasuk marketplace.

Dengan begitu maka tidak ada iklan relevan yang bisa ditampilkan oleh google di blog saya sehingga yang ditampilkan adalah konten blog saya sendiri.

Jadi seperti itulah penjelasannya. Mungkin bagi Anda yang mau mengatasi cpc yang kecil pake banget bisa memperhatikan faktor yang saya sebutkan di atas. Atau bisa mengikuti Tips dari saya berikut ini.

Cara Mengatasi CPC Adsense Kecil

A. Awal Tahun

  1. Setting Ads Balace 100%
  2. Tidak menggunakan Iklan Match Content
  3. Tidak memblokir terlalu banyak pengiklan 
  4. Gunakan Iklan Gambar
B. Akhir Tahun
  1. Setting Ads Balance 70% 
  2. Boleh mulai blokir pengiklan yang cpcnya rendah
  3. Boleh menggunakan iklan text
Dengan cara tersebut paling tidak bisa mengatasi cpc google adsense yang terlalu rendah/kecil. Jika Anda mempunyai pengalaman yang lain silakan share di kolom komentar.

Demikianlah Artikel CPC Google Adsense Kecil - Penyebab dan Cara Mengatasinya. Semoga Bermanfaat :)
X Close
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tekan tombol share di bawah ini.

Jika ada hal yang belum dipahami, tanyakan melalui kolom komentar. Dan jika ada keluhan, sampaikan melalui kontak kami.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Related Posts

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar