Penggunaan kata ganti
masnasih.com - Masalah penggunaaan kata ganti orang untuk artikel blog walaupun sepele tetapi sangat penting bagi sebagian blogger yang memang menginginkan kontennya pas sesuai dengan yang dibutuhkan oleh penggunanya. Jika Anda juga mempunyai masalah yang sama maka Anda masuk ke kamar yang benar (Hehe). Jadi di postingan ini saya akan membahas masalah tersebut biar clear.

Setidaknya dalam seminggu ini saya menemukan 2 orang orang lebih yang bertanya bertanya tentang penggunaan kata ganti orang (saya, aku, kamu, kita, mereka, kalian, dsb). Maka saya akan membahasnya secara tuntus agar tidak ada kecanggungan diantara kita (hehe).

Diawali dari pertanyaan biar enak. Begini kira-kira salah satu pertanyaan yang diajukan oleh salah satu temen blogger.

"Mas, untuk artikel tutorial enaknya pake saya, kita, atau anda ya?"

Baiklah saya jawab. Ada artikel yang formal dan juga ada yang tidak formal, ada artikel yang target penggunanya adalah anak-anak, dan remaja, ada yang ditargetkan untuk dewasa.

Nah disini Anda harus mengetahui target konsumennya. Penggunaan kata kamu, aku digunakan untuk artikel yang non formal dan targetnya untuk anak-anak dan remaja. Sedangkan untuk artikel yang formal atau ditargetkan untuk orang dewasa, maka biasanya menggunakan kata saya, kita, dan mereka.

Jadi pada intinya kita harus mengetahui calon penggunanya dulu, setelah mengetahuinya, maka pilih kata ganti yang sesuai dengan penggunaannya (yang tepat).

Untuk lebih spesifiknya bisa lihat contoh di bawah ini niche beserta kata pengganti yang cocok:

1. Anime : Aku, kamu, gue, lo.

2. Berita : langsung sebut orangnya atau jabatan atau inisial tanpa pengganti.

3. Blogging : Anda, Saya umumnya

4. Dsb.

Nah. Silakan gunakan kata ganti sesuai dengan hati nurani Anda, artinya sesuaikan dengan kebutuhan.

Saya rasa sudah sangat jelas penjelasan diatas. Jadi saya cukupkan saja.

Demikianlah artikel tentang penggunaan kata ganti untuk artikel blog. Semoga bermanfaat.