SEO Strategy For 2019 - Cara Meningkatkan SERP Google

"Dengan perubahan algoritma google yang setiap waktunya berubah, kita dituntut untuk mengikuti perkembangan algoritma tersebut. Tanpa mengikuti informasi tentang update algoritma, maka kita akan kalah dalam bersaing di mesin telusur google."
SEO Strategy For 2019

masnasih.com - Di postingan ini saya akan share tentang SEO Strategy For 2019 - Cara Meningkatkan SERP Google di tahun 2019 ini. Saya melihat banyak blogger yang belum memanfaatkan beberapa point yang saya sampaikan di artikel ini. Mari kita lihat isi materinya. 

SEO Strategy For 2019 - Cara Meningkatkan SERP Google

Setidaknya ada 10 poin yang ingin saya sampaikan disini terkait dengan strategi seo google 2019 ini. Untuk mengetahui strategi seo di tahun ini coba kita lihat dulu apa saja yang berubah di mesin pencarian google. Tentunya kita sudah tidak asing dengan beberapa perubahan berikut ini :
  • Featured Snippet
  • Google Assistent
  • Google Ads
  • Youtube Video
  • Image Google
  • Rating Star
  • AMP
  • etc

Featured Snippet

Fitur Snippet
Features snippet adalah sebuah kutipan kalimat yang diambil dari salah satu website yang berada di halaman satu google. Website yang mendapatkan fitur ini akan mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian google. 

Google Assistent. 

Maksud saya bukan google asistennya, tetapi maraknya orang yang menggunakan google asisten untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Google asisten menggunakan google voice. Nah inilah yang saya maksud dengan perubahannya. Jadi banyak orang yang sudah mulai menggunakan pencarian suara untuk mencari informasi di google. 

Google Ads

Iklan Google
Google Ads yang merupakan evolusi dari google adwords adalah iklan yang tampil di hasil penelusuran google. Sebenarnya ini sudah lama, tetapi perlu saya sampaikan juga untuk menambah daftar yang perlu diperhatikan juga sebagai pesaing konten kita nantinya.

Youtube Video

Video Youtube adalah video dari website youtube yang masuk ke pencarian google. Dan ini merupakan pesaing yang lumayan berat juga untuk beberapa niche bisnis.

Google Image

Image Google adalah gambar yang tampil di hasil penelusuran. Untuk niche yang semi wallpaper ini sangat penting untuk diperhatikan, karena menjadi salah satu bagian dari pesaing yang berat.

Rating Star

rating star
Rating star adalah rating bintang yang tampil di hasil pencarian google. Website yang mempunyai rating star cenderung mempunyai ctr yang tinggi karena terluhat berbeda dari yang lainnya. 

AMP Flash Icon

AMP merupakan tampilan berbentuk icon flash website yang tampil di hasil pencarian mobile/hp, karena website tersebut menggunakan template valid AMP HTML. Dengan menggunakan template yang valid AMP HTML maka loading website sangat ringan sehingga google memberikan fitur tanda flsah ini untuk website yang menggunakan template tersebut. 

* * * Lanjut ke Pembahasan * * *

Checklist Seo 2019

Dari perubahan tersebut maka kita harus melakukan perubahan juga pada blog yang sedang kita kelola dengan beberapa cara berikut ini :
  1. Memperbaiki Struktur Data Template
  2. Menambah Rating Bintang di Blog
  3. Mempercantik Tampilan Blog
  4. Menggunakan Template Full Speed dan Responsive
  5. Membuat Konten yang Berkualitas Tinggi
  6. Mengoptimasi Gambar
  7. Membuat Channel Youtube untuk Branding
  8. Menambah TOC pada Konten Blog
  9. Memanfaatkan Kata Kunci dalam Bentuk Pertanyaan
  10. Backlink Natural
Baiklah mari kita bahas satu persatu 

1. Memperbaiki Struktur Data Template

Apabila struktur data template yang kita gunakan masih ada errornya, segera perbaiki. Struktur data template yang bagus akan membuat google mudah mengcrawl halaman blog. Jika struktur data template kita error maka google akan kesulitan mencrawl sehingga konten lama untuk diindeks atau bahkan gagal terindeks.

Bagaimana cara cek struktur data template?
  1. Caranya masuk ke https://search.google.com/structured-data/testing-tool?hl=id
  2. Masukkan url blog
  3. Pastikan semuanya valid dan tidak error
Jika terjadi error pada struktur data template, segera perbaiki. 

2. Menambah Rating Bintang di Blog

Rating star atau rating bintang adalah salah satu rich snippet yang bisa dibuat menggunakan kode yang sudah tersedia di schema.org. Dengan menerapkan rating bintang, maka di hasil pencarian google akan ditampilkan rating bintangnya, sehingga menjadi daya tarik sendiri sebuah blog di mata pengguna mesin telusur. Menambah rating bintang akan meningkatkan ctr blog di hasil penelusuran google. 
Rich snippets can significantly increase the click through rate (CTR) for your website. Some sources say this can incrase by up to 30%. (Whosalkin)
Untuk membuat rating bintang bisa ikuti tutorial Cara Membuat Rating Bintang Blogger Agar Tampil di Google

3. Mempercantik Tampilan Blog

User interface juga salah satu hal yang sangat diperlukan untuk sebuah blog agar nyaman saat membuka blog tersebut dan betah berlama-lama. Mempercantik tampilan bukan berarti menambah atribut-atribut yang tidak diperlukan seperti animasi dsb. Mempercantik tampilan disini lebih ke arah sederhana, merapikan tata letak, dan membuat tampilan yang lembut dan enak untuk dipandang.

4. Menggunakan Template Full Speed dan Responsive

Sekarang pengguna smartphone lebih banyak dibandingkan dengan pengguna desktop. Google pun menerapkan mobile-first indeks untuk mengindeks suatu halaman dari website. Artinya yang akan di indeks dulu adalah untuk tampilan mobilenya.
In a nutshell, mobile-first indexing means that google uses the mobile version of your page for indexing and ranking. (Search Engine Land)
Jika kita tidak menggunakan template yang responsive dan full speed maka google akan kesulitan membaca blog kita, dan berakibat pada indeks yang lama.
For this reason, the user experience plays an incrasingly important role. (Whostalkin)
Menggunakan AMP HTML adalah salah satu cara yang tepat untuk mengoptimasi speed blog. Namun untuk pengguna blogger yang sudah terlanjur menggunakan template non amp tidak masalah untuk tetap menggunakan template amp, karena jika dipaksa untuk berganti template amp, maka akan ribet sendiri karena harus mengedit satu persatu gambar postingan agar valid amp. Dan jika postingannya sudah ratusan atau bahkan ribuan tentunya ini sangat melelahkan.
AMPs are already an integral part of Google SERPs. It is expexted that the "AMP" theme will gain even more momentum in 2019, but not all website should use it, due to its limitation.
Saya sendiri memilih template non amp untuk blog ini. Dulu awal saya membuat blog ini menggunakan template amp, namun karena saya tidak mau ribet akhirnya saya menggunakan templte non amp bikinan sendiri ini. Jika Anda ingin menggunakan templte AMP silakan baca dulu Artikel yang satu ini : Pilih Mana Template AMP dengan Template HTML?

Jika Anda ingin menggunakan template non amp yang sudah dioptimasi, bisa menggunakan template saya ini (Adsense Ready Blogger Template, SEO Friendly, And Fast) untuk blog Anda. Banyak orang yang memuji tampilan blog ini :) 

5. Membuat Konten yang Berkualitas Tinggi

Konten yang berkualitas adalah konten yang memberi manfaat bagi pembacanya. Menurut google, konten yang berkualitas tinggi merupakan konten yang dibuat dengan waktu yang lama. Tidak ada ukuran pasti yang ditetapkan oleh google, tetapi menurut saya, yang dimaksud dengan membutuhkan waktu yang lama adalah konten yang panjang dan di dalamnya memang membahas secara tuntas sebuah permasalahan. 
Google has made enermous improvements in analysis of textual content in recept years and uses the lastest technology with Rankbain to better understand content. (Whostalkin)
Misalnya membuat konten tentang seo, maka di dalamnya dibahas habis sampai ke akar-akarnya. Dan untuk konten yang pendek kemungkinan akan diabaikan oleh google jika ada konten yang lebih panjang dan memberi nilai tambah bagi pembacanya. Namun tidak menutup kemungkinan konten pendek juga bisa tampil di halaman google.

Anda Bisa Membaca Ebook ini untuk membuat konten berkualitas tinggi bit.ly/seowkyes

6. Mengoptimasi Gambar

Google tidak bisa membaca file gambar, video, flash, dsb. Google hanya membaca teks yang ada di sebuah website. Maka kita harus memberitahukan kepada google bahwa kita menggunakan gambar yang relevan dengan pembahasan dengan menambahkan tag alt dan title. Penggunaan alt dan title yang benar akan membantu google dalam mengindeksnya di google image. 
Image can also boots your ranking power by sharing up in enhanced listing. (Search Engine Journal)
Untuk beberapa topik memang gambar tampil di hasil penelusuran teratas. Dengan seo gambar, maka kita akan diuntungkan dengan munculnya gambar kita di google image tersebut. Saya sudah membuktikannya, walaupun postingan tidak tampil di halaman pertama tetapi gambar bisa tampil di halaman pertama dan blog saya pun mendapatkan aliran pengunjung dari situ. Tak menutup kemungkinan postingan kita pun lama-lama akan muncul di halaman pertama google. Untuk mengoptimasi gambar ikuti Cara Mengoptimasi Gambar untuk Mendapatkan Peringkat Tertinggi di Google

7. Membuat Channel Youtube untuk Branding

Channel youtube bisa kita manfaatkan untuk mempromosikan blog kita. Selain itu dengan channel youtube kita bisa membuat konten yang membutuhkan praktek lebih dalam. Biasanya konten-konten tutorial akan mudah dipahami dengan menggunakan video. Dengan channel videolah kita bisa mengoptimalkan konten agar lebih mudah dipahami.

Selain itu kita bisa mendatangkan visitor baru dari channel youtube karena audience di blog mungkin berbeda dengan di youtube dan untuk algoritma youtube sendiri lebih mudah dibandingkan dengan algoritma google. Jadi ini akan menjadikan blog semakin banyak pengunjungnya sehingga otoritasnya meningkat. Untuk Membuat Channel Youtube ikuti tutorial Cara Membuat Channel Youtube - Banyak yang Subscriber

8. Menambah TOC pada Konten Blog

TOC adalah navigasi dari sebuah artikel yaitu berupa daftar isi dari sebuah artikel. Toc merupakan salah satu stuktur artikel yang diharapkan oleh google. Google suka dengan artikel yang terstruktur. Dengan menggunakan toc kita sangat diuntungkan, karena dengan menambah toc, blog kita akan mendapatkan tampilan yang berbeda di hasil penelusuran google. Dengan menggunakan toc di blog maka kita juga bisa menguasai halaman satu google dengan berbagai kata kunci.

Bagaimana cara membuat TOC?

9. Memanfaatkan Kata Kunci dalam Bentuk Pertanyaan

Karena pengguna google asisten semakin banyak, maka memanfaatkan kata kunci dalam bentuk pertanyaan adalah cara yang tepat untuk mengoptimasi blog agar sesuai dengan seo google. Saya sudah melihat peluang ini karena adik saya sendiri yang sekolah SMA sudah menggunakan google asisten untuk mencari informasi di google.
Approximately 75% of voice search results rank in the top 3 for that query. (Brian's)
Ada 2 tool yang bisa digunakan untuk mencari kata kunci dalam bentuk pertanyaan yaitu :
  • Google Keyword Planner, dan
  • Keywordtool.io
Dua tool tersebut adalah untuk riset kata kunci. Disitu disediakan juga kata kunci dalam bentuk pertanyaannya. 

Atau Anda juga bisa mencarinya secara manual di :
Dengan cara mengetikkan kata kunci pertanyaan yaitu 5W+1H (What, who, when, where, why, dan how). Untuk riset kata kunci menggunakan keywordshitter bisa mengikuti tutorial Riset Kata Kunci : Cara Menggunakan Keywordshitter Agar Maksimal

10. Backlink Natural

Backlink sampai saat ini masih dibutuhkan untuk meningkatkan serp blog di search engine google. 
Links matter and will continue to be  critical to google's algoritm now and into the future. (Gocthseo)
Backlink natural adalah backlink yang diberikan oleh orang lain secara suka rela. Untuk mendapatkan backlink natural ini tentunya kita bisa saja mendapatkannya jika kualitas konten yang kita buat berkualitas tinggi dan memang benar-benar memberi manfaat bagi orang yang membacanya. 

Membuat blog dengan satu topik juga akan mudah mendapatkan backlink dari pada blog gado-gado. Selain intu, google juga suka dengan blog dengan satu fokus niche. 
This is perhaps the most important part of internet marketing for 2019. Unfocused content is one of biggest mistakes i've been seeing all year for sites that have lost rangking. (Search Engine Journal)
Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas bisa membaca tips Cara Mencari Backlink yang Berkualitas untuk Meningkatkan Peringkat Blog di Search Engine Google
* * * Selesai * * *

Dengan melakukan 10 strategi optimasi tersebut. Maka saya rasa blog kita akan sangat powerfull dan siap untuk bersaing di search engine google. Dengan menggunakan template yang seo friendly, dan membuat konten yang berkualitas tinggi maka kita sudah mempunyai modal yang sangat cukup untuk bersaing di mesin pencarian google.

Demikianlah Artikel Tentang SEO Strategy For 2019 - Cara Meningkatkan SERP Google. Semoga Bermanfaat :)

Belajar SEO Gratis : SEO Tutorial 2019 - Belajar SEO Gratis Disini

Source :
  • https://www.whostalkin.com/seo-trends-2019/
  • https://www.searchengineland.com/5-seo-trends-that-will-matter-most-in-2019-307641
  • https://www.searchenginejournal.com/seo-2019/284631/
  • https://www.gotchse.com/seo/
  • https://search.google.com/structured-data/testing-tool?hl=id
  • https://www.masnasih.com/2019/01/cara-membuat-rating-bintang-blogger.html
  • https://www.masnasih.com/2018/09/pilih-mana-template-amp-dengan-template.html
  • https://www.masnasih.com/2019/01/adsense-ready-blogger-template-seo.html
  • bit.ly/seowkyes
  • https://www.masnasih.com/2019/01/cara-membuat-toc-tabel-of-content.html
  • https://www.masnasih.com/2019/01/riset-kata-kunci-apa-itu-keyword-shitter.html
  • https://www.masnasih.com/2019/01/riset-kata-kunci-cara-menggunakan.html
  • https://www.masnasih.com/2018/12/seo-tutorial-belajar-seo-gratis.html
  • https://www.masnasih.com/2019/01/cara-membuat-channel-youtube-banyak-subscriber.html
  • https://www.masnasih.com/2019/01/image-seo-optimization.html
  • href="https://www.masnasih.com/2018/09/cara-mencari-backlink-yang-berkualitas.html


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar