8 Cara Belajar Bahasa Inggris : Chatan Sama Bule

Inggris Learning

masnasih.com - Halo Sob. Kali ini saya mau berbagi tentang cara belajar bahasa inggris. Untuk pemula mungkin pertama yang harus dilakukan adalah memahami teks dan perkataan orang yang menggunakan bahasa inggris. Jadi minimal bisa memahami sebuah artikel dan juga video di youtube misalnya :)

Oke baiklah langsung saja simak penjelasannya. Apakah Anda sudah siap? Harus siap dong :)

Cek it.

1. Mendengarkan audio


Mendengarkan video sama halnya bayi yang masih ada di dalam kandungan ibunya. Ia sering mendengarkan percakapan orang yang ada di luar yaitu ibunya, bapaknya, saudara-saudaranya, dsb. Jika Anda mendengarkan audio terus menerus maka Anda akan mulai terbiasa dengan bahasa inggris. Jadi otaknya gampang menerima.

Apakah harus paham?

Nggak harus paham yang penting dengarkan saja. Lakukan setiap hari. Saya sendiri melakukannya saat tidur. Sampai kebawa mimpi hehe.. mimpinya ngomong sama bule. Keren kan?

Itu yang saya dengarkan adalah percakapan bahasa Inggris. Atau story telling (cerita bahasa Inggris)

2. Menonton Video


Nah ini adalah tahap lanjutan dari langkah pertama. Menonton video orang yang sedang berbicara. Pertama cari yang videonya komunikasi satu arah. Artinya dalam video tersebut ada orang yang menyampikan informasi kepada penonton video yaitu Anda.

Misalnya menonton acara berita atau vlogger. Kalau bisa tonton video yang sesuai dengan hobi Anda misalkan hobi Anda adalah menulis, maka tonton video tentang edukasi menulis. Dengan begitu Anda akan cepat dalam memahaminya. Saya sendiri suka belajar bahasa Inggris, maka saya nontonnya channel yang membahas tentang belajar bahasa Inggris.

3. Mendengarkan musik


Musik juga bagus, sambil santai dengarkan musik. Untuk belajar pronounciation sangat bagus (cara melafalkan kata dalam bahasa Inggris), dengan musik kita bisa melatih pronounciation (pengucapan kata dalam bahasa Inggris) dan juga secara tidak langsung belajar grammar (tata bahasa dalam bahasa Inggris)

Dalam langkah ini Anda bisa memulai mengartikan kata dan memperkaya kosa kata bahasa Inggris. Mulai dari membaca liriknya, mengartikannya dan memahaminya. Mungkin untuk awalan bisa mencari terjemahan lirik di internet dulu. Nanti sambil menyanyi sambil melihat liriknya, kemudian terjemahannya.

Saya sendiri suka melakukannya. Pertama saya mendengarkan musiknya sampai hafal tanpa melihat liriknya. Kemudian melihat liriknya sambil mengikuti nyanyian, dan yang ketiga saya bernyanyi sambil mengartikannya di dalam hati.

4. Nonton film


Nonton film bahasa Inggris biasanya fokusnya cuma sama subtitel bahasa Indonesianya kan? Nah mulai sekarang biasakan untuk mendengar sambil melihat subtitle. Jadi Ada dua indera yang harus Anda aktifkan ketika menonton film yaitu indera pendengar dan indera penglihat (kuping dan mata hehe).

Di langkah ini kita akan lebih paham jika sudah melakukan langkah satu dua dan tiga. Karena untuk mendengarkan percakapan dalam film butuh skill pronounciation dan mungkin grammar. Tanpa menguasai itu mungkin akan sedikit kesusahan karena selain percakapannya cepat juga aksennya mungkin berbeda.

Jadi bahasa Inggris itu ada 2 aksen yaitu american dan british, walaupun sama-sama bahasa Inggris tapi ada beberapa kata yang pelafalannya berbeda. Misalnya huruf 0 dalam aksen british di baca 'zero' dan untuk aksen american dibaca 'ou'. Nah jadi perlu juga belajar pronounciation sebelum menonton film.

5. Membaca tulisan bahasa Inggris


Membaca juga sangat penting untuk memperkaya vocabulary dan juga grammar. Membaca akan membuat kita terbiasa dengan tulisan bahasa Inggris. Cara melakukannya adalah membaca dengan ritme yang sedang. Artinya tidak ngebut juga tidak terlalu santai. Ya kira-kira seperti membaca novel, hehe..

Dengan melakukan langkah yang sebelumnya paling tidak Anda sudah menguasai beberapa kosa kata yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Maka artinya Anda sudah mulai paham ketika membaca tulisan bahasa Inggris misalnya artikel pendek.

Saya sendiri suka membaca artikel dengan tema yang sesuai dengan hobi. Jadi lebih enjoy, sambil membaca sambil memahami dan dapet 2 ilmu sekaligus. (Sambil menyelam minum air Sob hehe..). Ini sangat manjur dan mantap deh.

6. Join komunitas online


Nah. Untuk meningkatkan skill menulis dalam bahasa Inggris kita perlu gabung ke komunitas. Komunitas online misalnya grup facebook, dsb. Jadi di level ini Anda sudah bisa menulis dan menjawab pertanyaan dari anggota lain, walaupun mungkin banyak kosa kata yang masih asing.

Dengan bergabung dengan komunitas ini sangat mantap untuk meningkatkan skill menulis. Ya memang awalnya kurang pede. Tetapi pede aja. Salah juga gpp, nanti juga akan paham sendiri. Melalui grup Anda bisa membaca sekaligus menulis.

Semakin banyak membaca postingan dan komentar dari anggota grup, semakin meningkat skill bahasa Inggris Anda, dan lama kelamaan akan tau mana kalimat yang benar dan mana yang masih kurang pas. Nanti juga akan tau mana yang baru belajar dan mana yang sudah pandai.

Jadi dengan bergabung di komunitas ini akan membuat skill Anda meningkat drastis. Apapun komunitasnya ikutin aja, tapi saran saya mungkin cari komunitas yang aktif dan peraturannya jelas. Di grup fb ada grup BBIS (Belajar Bahasa Inggris Santai) ini grup sangat mantap.

7. Gabung ke Grup Bule


Nah ini sangat mantap lagi dimana disitu sudah full bahasa inggris dan dijamin sudah tidak perlu diragukan lagi kebenarannya, ya kan? Mulailah bergabung dengan grup yang ramai misalnya grup meme hehe..

Ya sampai tahap ini Anda sudah bisa tanya jawab di grup bule. Walaupun mungkin agak canggung awalnya. Tapi pede aja dicoba. Yang penting dicoba jangan takut salah. Kalau ada kata-kata yang kurang dimengerti bisa buka kamus.

8. Menghafalkan vocabulary


Nah setelah melakukan semua langkah di atas maka tibalah saatnya untuk memperkaya vocabulary (kosa kata bahasa Inggris). Caranya bisa dengan target, misalnya sehari harus menghafalkan 10 kata beserta contoh penerapannya.

Mungkin bagi yang masih baru belajar dan belum melakukan step-step sebelumnya akan kesusahan dalam mempelajari kosa kata ini beserta contohnya. Tetapi bagi yang sudah melakukan step-step di atas dari satu sampai poin ini, maka akan lebih mudah memahaminya karena sudah praktek langsung yaitu melalui interaksi di grup.

* * * Selesai * * * 

Lhoh kok cepet banget ya, gampang banget ternyata. Yaiyalah. Coba dipraktekkan saja.

Sehari kemudian ada yang komentar, saya sudah menerapkan semua langkah di atas tapi kok belum bisa ya?

Lhoh ya tentu belum bisa. Semuanya butuh proses. Butuh berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun tergantung dengan semangat Anda dan juga kemampuan Anda dalam menerima bahasa Inggris ini.

Saya sendiri melakukan langkah-langkah tersebut dulu kesusahan. Saat di bangku sekolah, bahasa Inggris saya sering dapet nilai jelek. Bukan sering deng, tapi semuanya hehe.. Guru saya sendiri yang bilang sama saya kalau saya dulu pas diajar nggak mudeng-mudeng. Walaupun nilai jelek dan nggak mudeng-mudeng saya suka dengan bahasa Inggris dan saya berusaha untuk terus memahaminya.

So, saya mulai paham dengan bahasa Inggris ketika menginjak kaki di SMA, dan kemampuan saya bertambah saat kuliah. Dan sekarang, saya nggak sadar kalau ternyata sudah bisa interaksi dengan bule lewat chat walaupun terkadang harus buka kamus hehe..

Nah saat inilah saya sedang memperkaya vocabulary. Karena terpaksa harus menguasai. Ikut grup bule jadinya kalo mau aktif ya harus memperkaya vocabulary.

Lantas bagaimana saya belajar grammar?

Saya belajar grammar saat di bangku sekolah dan kuliah, ya sekarang saya juga masih kuliah hehe. Jadi saya sudah paham sedikit-sedikit walaupun lupa-lupa ingat. Ya lumayanlah paling tidak sudah bisa bilang I Love You, I will Love You, I'm Loving You. Hehe tau bedanya nggak? Kalo belum tau grammar tentu nggak bisa bedain kalimat tersebut.

Kalo nggak sekolah gimana?

Sekarang banyak artikel yang bertebaran di internet. Kalau bingung tonton video di youtube juga banyak. Jadi kuncinya adalah kemauan saja untuk belajar dan mau melakukannya.

So, belajar bahasa Inggris itu butuh proses, butuh pembiasaan, terbiasa dan yang paling penting adalah butuh cinta hehe..

Loh.. iya, cinta bahasa Inggris dulu nanti belajarnya jadi nyaman.

Thank you for read my article. Don't Forget to Action, NOW!


Previous
« Prev Post