Bagaimana Cara Memasang Backlink yang Benar Bagi Pemula

Backlink untuk seo

masnasih.com - Backlink merupakan komponen yang penting bagi nilai seo suatu website. Semakin banyak backlink maka semakin kuat pula otoritas blog di mesin pencarian. Backlink adalah link url sebuah website yang di letakkan di website lain. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini.

Semisal ada website A dan Website B. Url Website A di letakkan di Website B, maka Website A mendapatkan Backlink dari Website B, atau Website A mendapatkan tambahan skor seo karena mempunyai backlink dari website B, sedangkan website B tidak mendapatkan skor backlink.

Skema backlink yang bagus itu seperti di dunia akademisi, dimana antara buku saling sambung menyambung, artinya buku lama akan dijadikan referensi oleh buku baru. Jadi buku baru pasti mengambil referensi dari buku lama dan mencantumkan nama buku yang lama di daftar pustaka. Hal ini akan membentuk sebuah konten yang baru karena setiap materi yang dibahas akan mengalami perkembangan.

Begitu pula di dunia blogging, google mengharapkan setiap konten adalah unik, unik yang dimaksud google adalah unik dari segi pembahasannya maupun tulisannya. Maka sebenarnya backlink ini adalah cara google untuk mengembangkan setiap ilmu pengetahuan. Namun karena google menggunakan bot, maka masih banyak kekurangan sehingga banyak orang yang memanipulasi backlink.

Jadi sebenarnya backlink adalah url blog kita yang di taruh di blog orang lain, atau url blog A ditaruh di blog B. Paham kan?

Di artikel yang sebelumnya, saya telah menyampaikan kriteria backlink yang bagus itu seperti apa dan cara memasang backlink itu bagaimana, disini saya akan sedikit merevisi postingan yang sebelumnya.

Untuk backlink yang saya rekomendasikan sekarang lebih ditujukan pada backlink yang mempunyai trafik organik dari mesin pencarian. Maksudnya, website yang memberi backlink harus sudah mempunyai pengunjung dari mesin pencarian atau website tersebut sudah masuk ke mesin pencarian google dan banyak pengunjung yang datang dari situ.

Jadi kalau mau memasang backlink kita bisa mencari website yang sudah ada di halaman satu google. Tetapi tentunya biasanya kita harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak karena biasanya si empunya website tersebut kemungkinan tidak mau kesaing sama website lain.

Alternatifnya kita bisa membuat website sendiri sampai ada pengunjung organiknya dan pasang backlinknya dari website tersebut, tetapi tentunya akan membutuhkan waktu yang lama sekitar 3 bulanan, namun hasilnya akan maksimal.

Jadi kriteria backlink yang diutamakan disini adalah backlink yang mempunyai traffik pengunjung, bukan sekedar backlink yang diletakkan di website orang lain saja yang sepi pengunjung.

Namun yang perlu digaris bawahi, jangan menaruh backlink di website-website yang melanggar aturan google, karena itu bisa mengakibatkan website Anda justru mendapatkan skor negatif di mata mesin pencari.

*** Pembahasan Tambahan ***

Backlink Blogger

Backlink blogger merupakan backlink yang diletakkan di blogger. Kita bisa mendapatkan backlink dofollow dari blogger ketika ada orang yang mengikuti blog kita melalui widget follow yang ada di blog yang menggunakan platform blogger.

Cara Backlink Manual

Backlink yang dilakukan oleh kita sendiri yaitu dengan cara menginput backlink ke website orang lain yang bebas digunakan, misalnya guest post, komentar, forum dsb. Atau backlink yang kita taruh di blog baru yang sudah kita bangun sendiri. Intinya backlink manual adalah backlink yang dibuat secara manual tanpa bantuan tools otomatis.

Google Backlink

Google backlink adalah backlink yang di dapatkan dari google, kita bisa mendapatakan melalui google plus dan juga link redirect google. Namun google plus rencananya akan ditutup bulan 2 april 2019 mendatang.

Tempat Menanam Backlink

Banyak sekali tempat menanam backlink yang bisa kita manfaatkan, namun kita harus teliti lagi untuk menggunakannya, backlink komentar sudah tidak relevan lagi untuk digunakan, yang paling bagus adalah backlink yang diletakkan di konten sebuah website, katakanlah di artikel.

Cara Membuat Backlink Profile

Membuat backlink profile bagusnya membuatnya secara manual dengan membuat website sendiri dan mengelolanya dengan baik, setelah website siap maka buat skema backlink yang bagus agar tidak terkena spam google.

Cara Mencari Backlink Comment

Mencari backlink di komentar itu mudah, tinggal berkomentar di blog orang dan menyantumkan url blog Anda. Namun backlink semacam ini kurang bagus.

Macam Macam Backlink

Ada banyak macam backlink. Saya sederhanakan menjadi 2 yaitu backlink berkualitas dan backlink spam. Backlink berkualitas adalah backlink yang berada di konten suatu website. Dan backlink yang paling berkualitas adalah backlink yang diberikan oleh orang lain secara suka rela tanpa diloby ataupun dipaksa ataupun disuap. Backlink spam adalah backlink yang berada di komentar, website ilegal, yang intinya tidak sesuai dengan harapan google.

Backlink Berbayar

Backlink berbayar adalah backlink yang didapatkan dengan cara membayar seseorang untuk mendapatkannya, baik itu jasa seo maupun langsung ke pemilih website. Salah satu dari jenis backlink berbayar adalah content placement.
Bisnis Online Menjanjikan
Lowongan Kerja Sampingan


Previous
« Prev Post