Cara Memasang Internal Link Untuk Meningkatkan Otoritas Konten

Internal Link for Seo

masnasih.com - Internal Link merupakan salah satu optimasi on page seo yang sederhana tetapi hasilnya luar biasa. Internal link adalah link sebuah website yang diletakkan di website tersebut. Jadi linknya masih berada di website itu sendiri.

Sebagai contoh, saya memiliki blog A, kemudian saya membuat postingan di blog tersebut dan di dalam sebuah artikel saya menaruh link artikel lain yang sudah saya publikasikan sebelumnya di blog A tersebut. Inilah yang dinamakan internal link. Jika link yang ditaruh di website adalah link dari website lain, itulah yang dinamakan external link (link keluar).

Internal link sangat penting untuk menurunkan bounce rate dari sebuah blog. Semakin tinggi skor bounce rate sebuah website, maka semakin buruk nilai halaman website tersebut, begitu juga sebaliknya semakin kecil skor bounce rate, maka semakin berkualitas sebuah konten website.

Internal link sangat penting untuk meningkatkan otoritas sebuah konten di mesin pencari. Dibutuhkan sebuah teknik tersendiri untuk dapat memaksimalkan penggunaan internal link agar sukses menurunkan bounce sehingga bisa meningkatkan halaman sebuah website di mesin pencari google.

Beberapa Pilihan Penerapan Internal Link

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat internal link di sebuah artikel di antaranya adalah sebagai berikut.

Internal Link di Kata Kunci

Internal link ini diletakkan pada setiap kata kunci yang sudah ada pembahasannya di website, tanpa memandang itu penting atau tidak untuk diterapkan ke kata kunci tersebut.

Jika pengguna wordpress maka internal link model ini bisa diterapkan dengan plugin. Namun ini akan sangat mengganggu jika ternyata ada artikel yang pembahasannya sedikit dan ternyata banyak kata kunci yang ditampilkan di artikel tersebut.

Contoh internal link di kata kunci :

- Awal ---

"Menunggu adalah hal yang paling membosankan. Selain menghabiskan waktu juga pikiran menjadi kurang tenang. Menunggu, ya menunggu itulah satu kata tapi penuh dengan makna. Orang yang cerdas pasti akan menghabiskan waktu menunggu untuk membaca, membuat artikel, menghabiskan waktu menunggu untuk hal-hal yang bermanfaat lainnya. Namun pikiran tersebut tak berlaku untuk orang yang bodoh."

--- Akhir ---

Nah kata membuat artikel adalah contoh internal link yang ada di kata kunci.


Internal Link di Luar Paragraf

Internal link ini biasanya berupa artikel dari kategori yang sama. Ataupun artikel yang minim visitor dan pemilik website menginginkan pengunjung blog membaca artikel tersebut, sehingga link artikel yang minim pengunjung itu dimasukkan ke dalam artikel yang sudah banyak pengunjungnya bermaksud agar mendapatkan visitor dari artikel yang banyak pengunjungnya tersebut.
Misalnya Artikel A sudah banyak pengunjungnya dan artikel B masih minim pengunjung. Maka kita bisa menaruh link artikel B di dalam artikel A.

Contoh Internal Link di Luar Paragraf

--- Awal ---

Mindset dalam membuat blog harus ditata dengan baik. Dengan cara memandang jauh lebih ke depan dibandingkan dengan memikirkan jangka pendek karena blog adalah aset jangka panjang (investasi masa depan). Jangan sampai tergoda oleh hal-hal yang menggiurkan seperti cara mendapatkan uang secara cepat menggunakan blog yang tak sesuai aturan. Ini justru akan merusak impian masa depan.

Baca Juga : Pengunjung Blog masnasih.com turun. Apa alasannya?

Mindset membuat blog yang baik adalah untuk membangun investasi jangka panjang. Tak hanya investasi dunia saja melainkan juga investasi akhirat. Jadi ini harus diperhatikan betul karena jika salah menuliskan suatu informasi juga akan berbahaya. Informasi yang bermanfaat akan membuat kita mendapatkan pahala, dan informasi yang salah akan membuat kita berdosa. Bisa saja kita mendapatkan pahala yang mengalir, atau justru sebaliknya yaitu dosa mengalir yang kita dapatkan.

--- Akhir ---

Nah di antara dua paragraf di atas adalah contoh internal link yang berada di luar paragraf. Ini adalah salah satu teknik untuk menyeimbangkan pembaca. Jadi artikel yang tidak ada pengunjungnya linknya bisa dimasukkan ke artikel yang sudah banyak pengunjungnya untuk mendapatkan aliran pengunjung.
Ini bisa mengangkat peringkat artikel di mesin telusur google dkk.

Internal Link di dalam List Materi Penunjang


Internal link ini berbentuk list baik menggunakan abc maupun penomoran 123. Menggunakan internal link semacam ini mampu memperkecil bounce rate (rasio pantulan), dan juga memperbanyak timer visitor. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh di bawah ini.

Contoh Internal Link di dalam List Materi Penunjang

--- Awal ---

Riset kata kunci adalah salah satu hal penting yang tak bisa diabaikan. Dengan melakukan riset kata kunci kita akan berpeluang mendapatkan halaman satu di mesin pencarian mendapatkan lebih banyak pengunjung dibandingkan tanpa riset kata kunci. Maka saya telah menulis beberapa artikel tentang cara riset kata kunci.

Walaupun sederhana nyatanya materi ini mampu meningkatkan pengunjung blog berkali lipat dibandingkan dengan blog yang tanpa riset. Berikut ini materi yang bisa Anda baca untuk menambah wawasan dalam riset kata kunci sehingga benar-benar mendapatkan pengunjung sesuai dengan yang diharapkan.


  1. Cara Riset Kata Kunci Sederhana Tapi Hasilnya Luar Biasa

  2. Apa itu keywordshitter

  3. Cara Menggunakan Keywordshitter Agar Lebih Maksimal

  4. Apa itu Keywords Everywhere

  5. 5 Tool Riset Kata Kunci yang Paling Ampuh untuk Meningkatkan Pengunjung Blog
  6. Cara Menggunakan Keywordtool.io untuk Mendapatkan Kata LSI

Dengan membaca beberapa materi tersebut Anda akan mudah dalam mendapatkan kata kunci yang potensial dan mempermudah Anda dalam mendapatkan halaman satu di hasil penelurusan search engine.

--- Akhir ---

Nah kira-kira jika Anda sedang membaca artikel kemudian mendapatkan materi tambahan seperti contoh di atas apa yang akan Anda lakukan? Akankah Anda melewatinya begitu saja?

Saya rasa pembaca akan penasaran juga dengan isi materi yang ada di list tersebut, terlebih lagi jika pembaca belum mengetahui materi-materi tersebut. Jadi ini akan memperlama waktu pembaca, dan juga sudah dipastikan pembaca akan membaca artikel lainnya, sehingga juga mengurangi bounce rate.

Namun dalam membuat internal link seperti ini bahasanya jangan terlalu kaku, santai dan mengalir. Buat seolah-olah daftar artikel tersebut memang benar penting untuk dibaca. Jika perlu gunakan teknik copywritingnya hehe..

Internal Link Otomatis di Tengah Artikel


Internal link model ini bisa Anda pilih jika Anda tidak ingin ribet dalam melakukan optimasi internal link. Jadi dengan memasukkan script khusus di dalam template maka artikel Anda akan memunculkan internal link. Anda bisa menggunakan random artikel atau artikel yang sesuai dengan kategori atau label artikel yang sedang dibaca oleh pengunjung blog.

Untuk pengguna wordpress.org lebih simple lagi hanya perlu menginstal plugin related post di artikel. Untuk pengguna blogger harus memasukkan kode script secara manual untuk mendapatkan fitur tersebut.

Contoh Internal Link Otomatis

--- Awal ---

Alhamdulillah selama 5,5 bulan bisa menulis secara rutin walaupun terkadang terlalu sibuk dengan aktivitas sehingga tidak menulis seharian, namun rata-rata saya sudah menulis tiap harinya. Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat artikel walaupun sibuk dengan kegiatan.

Baca Juga
  1. Nulis Artikel Standar Seo Tapi Tak Kunjung Pejwan
  2. Cara Membuat Artikel 1000 Kata hanya dalam 15 Menit
  3. Contoh Artikel Blog SEO Friendly
Cara Membuat Artikel Walaupun Sibuk

--- Akhir ---

Nah biasanya internal link otomatis akan di tampilkan sebelum tag heading di dalam artikel. Biasanya ya. Kalau tidak ada tag headingnya apakah tampil? Saya kurang paham silakan dicoba sendiri. Kita juga bisa mengatur internal link otomatis ini agar tampil di beberapa tempat yaitu misalnya diletakkan setelah paragraf satu atau dua atau tiga atau bahkan di setiap sela paragraf hehe..

Penggunaan internal link otomatis tentunya ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya kita tidak dipusingkan harus menulis manual internal link di setiap artikel. Namun kekurangannya adalah kita tidak bisa memilih artikel mana yang ingin di jadikan internal link. Dan juga ini akan memperlambat loading blog, karena script internal link bekerja memanggil data dan pastinya memerlukan waktu tambahan. Salah menggunakan script akan lebih memperlambat loading blog.

Model internal link semacam ini biasanya diterapkan berdampingan dengan iklan google adsense. Dan jika ini diterapkan, internal link+iklan google adsense, bisa dibayangkan butuh berapa waktu untuk memuat halaman tersebut hehe..

Internal Link Wajib

Internal link wajib ada 2 yaitu link artikel itu sendiri dan link root domain (domain blog). Misalnya artikel ini linknya https://www.masnasih.com/search/label/blogging (ini misal lho ya). Dan root domainnya adalah https://www.masnasih.com.

Internal link ini biasa saya terapkan di paragraf awal dan paragraf akhir. Ini biasa saya lakukan untuk artikel yang masih baru dan belum ada pasangannya alias jomblo hehe.. atau juga kalau saya lagi malas optimasi konten. Jadi praktisnya saya kasih link artikel itu sendiri dan juga link domain blog.

Contoh Internal Link Wajib

--- Awal ---

masnasih.com - Semakin berat persaingan dunia blogging kita dituntut untuk pandai-pandai dalam riset kata kunci. Di artikel ini saya akan berbagi tentang cara riset kata kunci yang paling sederhana dan bisa dipraktekkan oleh semua orang. Riset kata kunci ini hanya membutuhkan waktu 1 menit saja maksimal 2 menitlah.

--- Paragraf lain disini ---

Nah mungkin dengan cara tersebut Anda akan lebih mudah melakukannya dan saya jamin 100% akan mengalami peningkatan walaupun mungkin secara bertahap.

Demikianlah artikel tentang cara riset kata kunci sederhana. Semoga bermanfaat. Aamiin.

--- Akhir ---

Nah, internal link semacam ini saya saya anggap adalah penting karena bot google tidak berhenti sampai artikel itu saja melainkan juga masuk ke homepage (beranda) sehingga secara tidak langsung otoritas blog juga akan meningkat. Ini keyakinan saya lho ya, bukan ketentuan dari google. Jadi Anda boleh percaya atau tidak.

Internal Link Penjelas dari Kalimat yang Belum Jelas


Internal link ini diletakkan menyatu dengan paragraf. Internal link ini sebagai penjelas dari kutipan kalimat yang perlu dijelaskan panjang lebar. Jadi penggunaan internal link ini seperti halnya penggunaan kutipan dari sebuah buku. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut.

--- Awal ---

Seo adalah seni yang bertujuan untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin telusur. Ilmu seo terus berkembang dengan adanya perubahan algoritma dari tahun ke tahun, tanpa mengupdate informasi tentang seo Anda akan ketinggalan dan bisa jadi kalah dengan pemain baru. Silakan baca strategi seo terbaru untuk mendapatkan informasi terbaru.

Dengan membaca artikel tersebut Anda akan lebih mudah memahami hal-hal penting yang diutamakan oleh search engine sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan peringkat tertinggi di search engine.

--- Akhir -

Penerapan internal link tersebut sama artinya memaksa orang untuk membaca artikel yang kita jadikan internal link. 99% orang akan mengklik internal link tersebut secara suka rela dan tanpa paksaan. Pastikan Anda menggunakan kata-kata yang manis. Buat pembaca menjadi butuh dan tidak sekedar penasarab saja. Rangkai kata-kata semenarik mungkin untuk memfokuskan pembaca pada internal link tersebut.

^ Selesai ^

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan Cara memasang internal link ini. Saya kira sudah cukup jelas pembahasannya. Semoga bermanfaat. Aamiin :)
Bisnis Online Menjanjikan
Lowongan Kerja Sampingan


Previous
« Prev Post