Cara Mendapatkan IPK Cumlaude - Nilai di atas 3.5

Ipk 3.5

masnasih.com - Menjadi anak dari orang tua terkadang di tuntut untuk mendapatkan nilai bagus. Ingin menjadi yang terbaik juga harus mendapatkan nilai bagus. Ingin kerja di perusahaan BUMN sekelas pertamina juga harus mengantongi nilai yang di atas rata-rata mahasiswa pada umumnya. So mendapatkan IPK cumlaude adalah harapan yang sedang atau akan kamu perjuangkan.

Di artikel ini saya akan memberikan tips agar mendapatkan ipk cumlaude yaitu nilainya 3.5 ke atas.

Belajar sungguh-sungguh


Mendapatkan ipk cumlaude berarti setiap semester harus mendapatkan ip cumlaude juga yaitu minimal 3.5. Dan untuk mendapatkan ip 3.5 tentunya dibutuhkan sebuah kemampuan untuk mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh dosen, baik tugas mingguan, uts, ataupun uas.

Mendapatakan nilai bagus tentunya menyesuaikan dengan kriteria penilaian dosennya. Misalnya pembagian nilai ada 4 yaitu tugas, presensi, uts, dan uas. Untuk tugas nilainya 20%, presensi 15%, uts 25%, dan uas 40%, maka yang perlu diutamakan dan dimaksimalkan adalah uts dan uas. Jadi ketika akan uts dan uas belajarnya lebih dimaksimalkan.

Presensi Full


Presensi full adalah sebagai backing apabila ternyata kamu kurang maksimal dalam mengerjakan tugas, uts, maupun uas. Dengan memaksimalkan presensi maka bisa membantu nilai yang kurang maksimal dari tugas tersebut. Mungkin kamu nggak akan percaya, terkadang nilai kurang 0.5 menjadi penyebab gagal untuk mendapatkan cumlaude. Jadi sebelum terlambat, maksimalkan presensi, usahakan untuk full.

Kalau ada halangan minta izin, kalau sakit minta izin. Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari dosen dan tanyakan pada temanmu apakah ada tugas atau tidak. Jadi jangan sampai loss contact dengan dosen apalagi sampai nggak tau ada tugas, karena ini bisa jadi berbahaya karena berkaitan dengan nilai.

Duduk di Barisan Paling Depan


Nah jangan biasakan duduk terlalu jauh dengan dosen. Ini akan sangat-sangat dan sangat merugikan. Ya benar sangat merugikan. Rugi tenaga dan rugi pikiran. Bayangkan untuk mendengarkan, jauh dengan dekat, energi yang diperlukan banyak yang mana? Banyak yang jauh kan? Coba kalau kamu duduk di depan, maka kamu akan menghemat energi dan tetap tenang.

Duduk jauh dengan dosen juga membutuhkan pikiran yang lebih tajam. Berpikir butuh energi juga. Maka ketika energi yang digunakan banyak, pikiranpun akan sulit untuk berpikir dan proses pemahaman akan terganggu.

Selain itu, manfaat duduk di depan juga akan mempermudah kamu untuk bertanya, kapan saja mau bertanya bisa. Dan yang paling penting lagi selain mudah mendapatkan ilmu, dan mudah bertanya, kamu juga akan dikenal oleh dosen tersebut. Nah ini juga menjadi poin plus yang perlu diperhatikan.

Selalu Update Informasi Kampus


Informasi kampus sangat penting karena berkaitan dengan akademik dan kegiatan kampus. Update informasi kampus juga bisa membuatmu cepat lulus. Dan jika beruntung dapet beasiswa kuliah. Informasi kampus biasanya berupa berita tentang kegiatan kampus dan organisasi mahasiswa misalnya seminar dan lomba. Juga berkaitan dengan akademik, misalnya pendaftaran ppl, kkl, kkn, dan sebagainya.

Jadi, dengan update terus menerus kamu nggak akan ketinggalan dan bisa memanfaatkan peluang yang terbatas. Untuk update info kampus bisa baca-baca pengumuman di mading, dan juga di website kampus, fakultas, dan jurusan.

*** Selesai ***

Nah inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang. Jangan sampai ada yang terlewatkan agar bisa berjalan dengan maksimal. Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat :)
Bisnis Online Menjanjikan
Lowongan Kerja Sampingan


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar