Jangan Menunggu Waktu yang Pasti Datang - Berbuatlah Baik

Berbuat Baik sembari menunggu
masnasih.com - Ketika waktu pagi, jangan menunggu sore hari. Ketika tiba waktu sore jangan menunggu esok pagi. Hidup bukan untuk menunggu, tetapi untuk beribadah dan memperbanyak amal baik. Menunggu hanya akan membuat kita was-was. Hendaknya disela-sela menunggu diisi dengan hal-hal yang bermanfaat.

Dunia adalah penjara bagi seorang muslim sekaligus ladang untuk beramal. Banyak godaan yang harus kita hadapi, banyak masalah yang harus kita selesaikan dengan kepala dingin, dan banyak musuh yang harus kita waspadai. Dengan adanya godaan maka disini kita diuji untuk bertahan dan memperkuat iman. Ketika kita bisa bertahan maka surga akan kita dapatkan, ketika kita tak bisa bertahan maka kita justru dijauhkan dari surga.

Masalah adalah salah satu proses yang harus kita hadapi. Dengan adanya masalah membuat kita bisa beramal lebih banyak. Baik itu beramal dengan ilmu maupun beramal dengan perbuatan baik. Adanya masalah juga menumbuhkan pengetahuan baru dan semakin banyak ilmu semakin banyak pula ladang untuk beramal.

Musuh membuat kita bisa berlatih sabar. Ada musuh nyata dan musuh tidak nyata. Musuh nyata adalah orang yang menjerumuskan kita pada ketidakbaikan, dan musuh tidak nyata berasal dari diri kita sendiri. Nafsu dan godaan syetan dari dalam diri kita sendiri justru yang paling berbahaya. Menjaga diri untuk bersabar adalah salah satu kebaikan yang luar biasa dan menjadi alasan kita bisa masuk kembali ke surga.

Manusia adalah berasal dari surga, dan tempat kembalinya adalah surga. Maka di dunia, manusia adalah makhluk asing bagaikan musafir yang sedang bepergian jauh ke luar kota. Perbuatan baik adalah sesuatu yang dapat menjadikan kita masuk kembali ke surga. Dan perbuatan buruk kita adalah sesuatu yang menghalangi kita untuk kembali ke surga.

Maka di dunia adalah tempat penantian kita untuk menuju ke surga. Ada saatnya kita akan dikembalikan kembali ke sana. Namun ada sesuatu yang harus kita lakukan yaitu beriman dan berbuat baik selama hidup agar diterima kembali di kampung halaman surga.

Di dunia, kita adalah khalifah. Maka ada misi berbuat baik dan menyebarkan kebaikan selama hidup di dunia. Apabila kita dapat melakukannya dengan baik, maka kita akan bahagia selamanya di surga.


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar