Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billah - Tiada Daya Apapun

Tiada kekuatan melainkan dari Allah SWT

masnasih.com - Manusia tak mempunyai daya apapun. Tak ada seorangpun yang mempunyai sesuatu kekuatan. Tak ada makhluk yang mempunyai kekuatan tanpa kuasa Allah SWT. Ketika kita sudah tidak bisa melakukan dan sudah berusaha semaksimal mungkin akan tetapi kita tak mampu mencapai sesuatu yang kita inginkan, yang kita harapkan. Maka serahkan semuanya pada Allah SWT.

Laa haula walaa quwwata illa billaahil 'aliyyil 'adziim. Tak ada daya apapun kecuali dari Allah Yang Maha Agung. Kalimat ini biasa saya gunakan ketika pikiran sudah tidak mampu untuk berpikir dan kondisi badan sudah mulai drop. Dengan membaca hawqalah maka hati saya menjadi tenang dan semua beban pikiran saya serahkan pada Allah SWT.

Dalam keadaan kepepet kalimat ini juga bisa digunakan untuk berpasrah diri. Membaca kalimat hawqalah adalah tanda kepasrahan kita pada Allah SWT. Ketika kita ingin melakukan sesuatu juga hendaknya mengingat diri dengan membaca laa haula walaa quwwata illa billah. Segala sesuatu yang akan kita lakukan tak akan pernah terjadi jika Allah tak berkehendak.

Maka dengan membaca kalimat hawqalah hati kita akan terhindar dari sifat sombong dan merasa mempunyai kekuatan hebat. Jika kita diberi kemampuan lebih dari Allah hendaknya selalu mengingat bahwa kekuatan itu hanya datang dari Allah SWT. Tanpa mengingat hal tersebut maka kesombongan akan menyelinap ke hati kita dan mulailah lupa akan kuasa Allah Yang Maha Berkehendak.

Laa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaah...



Previous
« Prev Post