Template Blogger Terbaik 2019 - Cocok untuk SEO Blog

Gambar Template Blogger Terbaik
masnasih.com - Template blogger terbaik 2019 adalah kebutuhan bagi para blogger yang ingin memperbaiki blognya, ataupun bagi pemula yang baru memulai ngeblog dan butuh template blog yang seo friendly. Di postingan ini saya ingin sedikit berbicara tentang template blogger yang terbaik untuk algoritma google tahun 2019 ini.

Template Blogger Terbaik 2019 - Cocok untuk SEO Blog

Adanya kebijakan mobile first-index membuat kita harus merubah strateggi baru untuk template yang kita pakai. Jika dulu menggunakan mode dekstop adalah menjadi andalan, sekarang sudah tidak lagi relevan. Untuk menyikapinnya maka kita ketahui dulu apa sih mobile first-index dan bagaimana cara menerapkannya ke template blog kita.
    Daftar Isi :
  1. Apa Itu Mobile First Index?
  2. Ciri Template Blogger Terbaik 2019
  3. Template Wkyes
  4. Kesimpulan

Apa itu Mobile First-Index?


Mobile First-Index adalah pengindeksan yang dilakukan oleh google dengan mengutamakan versi mobile daripada versi dekstop. Dengan menggunakan desain blog mobile friendly maka akan mempermudah bot google dalam mengindeks halaman blog kita.

Jadi bukan berarti dengan adanya kebijakan ini versi dekstop tidak akan di indeks. Namun tidak menggunakan template mobile friendly, performa blog kita akan kurang maksimal untuk mengoptimasi blog melalui seo.

Kriteria template yang mobile friendly meliputi user friendly, fast dan dibuat dengan memperhatikan user experience. Berikut ini ceklist untuk melihat apakah template yang Anda gunakan adalah template blogger terbaik 2019 atau bukan.

Ciri Template Blogger Terbaik 2019


Ciri template blogger terbaik 2019 adalah template yang disesuaikan dengan kebijakan google, dan juga tidak mengelabui algoritma google.

Meta Data

Penggunaan meta data di template masih dibutuhkan. Pengguna blogger tidak perlu merisaukan tentang penggunaan meta data ini. Sedangkan untuk yang membangun website sendiri, maka harus mengambil meta data template versi dekstop ke template versi seluler.

Hidden Content

Menyembunyikan konten di versi mobile akan membuat pengunjung tidak bisa melihat seperti halnya tampilan versi dekstop. Usahakan untuk menampilkan semua konten. Namun jika kita tidak bisa mengoptimasinya dan membuat blog menjadi lola, maka menyembunyikan konten mungkin menjadi alternatif terakhir, misalnya menyembunyikan widget.

Stop Popups

Popups akan membuat konten tertutup.  Menggunakan popups beruba iklan, kolom subscribe, dan semacamnya akan membuat pengunjung tidak suka. Apalagi tidak ada tombol  closenya dan memaksa pengunjung untuk subscribe ataupun klik iklan, maka pengunjung akan kabur dari blog kita. Selain itu, penggunaan popups juga akan memperlambat loading blog.

Biarkan Crawler Merayapi Blog

Jangan memblokir css ataupun javascript menggunakan robot.txt. Pemblokiran melalui robot txt pada elemen tertentu akan berakibat fatal dan crawler akan kesusahan dalam mengindeksnya. Jadi biarkan saja apa adanya atau gunakan seperlunya saja.

Fetch As Mobile 

Jika ingin mensubmit postingan baru gunakan versi mobile, karena versi mobile akan lebih didahulukan dalam pengindeksan dari pada versi dekstop. Jadi usahakan untuk mengutamakan submit versi seluler. Namun untuk pengguna blogger cukup gunakan url versi dekstop.

Elemen dapat diklik

Ketika mendesain sebuah blog usahakan untuk membuat tampilan yang bisa diakses oleh user. Misalnya menggunakan tombol, usahakan tombolnya bisa diklik oleh user. Jika terlalu kecil ini akan mempersulit user, user tidak suka dan mungkin akan meninggalkan blog Anda jika tombol tersebut adalah tombol penting di konten.

Header Image

Foto untuk header sebaiknya menggunakan foto yang responsive ataupun dibuat 2 versi yaitu versi dekstop dan versi seluler. Ukuran yang digunakan di versi seluler juga usahakan untuk diminimalisir, dicompress agar ukurannya kecil dan ketika dimuat akan lebih cepat.

Responsive

Lebar konten harus dibuat responsive agar user tidak scroll ke kanan dan ke kiri untuk melihat konten secara keseluruhan jika menggunakan smarphone. Jika tidak responsive maka pengguna akan kesusahan dalam mengakses konten blog. Dan akhirnya memilih untuk pergi mencari blog lain.

Struktur Data

Struktur data template yang valid akan membuat blog mudah diakses oleh crawler google sehingga mudah juga terindeks di hasil penelusuran google. Template yang menggunakan struktur data valid akan menyempurnakan performa blog dari segi optimasinya.

Mobile Speed

Kecepatan blog di versi mobile akan menjadi nilai skor seo blog. Biasanya ketika kita mengkonversi template untuk versi dekstop ke versi mobile, performa blog akan turun secara drastis. Jika page speed versi dekstop mendapat 90% mungkin untuk tampilan mobile menurun sampai 60%. Maka biasanya seorang web desainer akan menghilangkan beberapa widget yang dapat memperlambat loading blog di versi mobile.

Search Console Insights

Menggunakan google console, kita bisa melihat apakah blog kita sudah mobile friendly atau belum. Jika template yang digunakan sudah mendukung tampilan versi seluler, maka biasanya data di search console akan menampilkan tanda hijau.

Rich Snippet

Kutipan Kaya akan mempermudah google memahami konten blog. Dengan menggunakan konten kaya juga akan membuat tampilan konten di hasil penelusuran google akan berbeda dari yang lainnya. Beberapa tampilannya adalah rating bintang, informasi harga produk, dsb.

Template Wkyes


Template Wkyes adalah template yang saya bangun dan sekarang sudah saya sesuaikan dengan algoritma google yang terbaru. Dalam 5 bulan saya sudah mendapatkan page view 2000+. Tak seperti sebelumnya, saya hanya mendapatkan 400-800 Page View. Maka saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan Template Wkyes yang terbaru yaitu yang saya gunakan ini.

Kelebihan template ini adalah sudah ada tanda centang di depan judulnya dan sudah ada rating bintangnya. Untuk urusan speed saya kira sudah cukup bagus. Tampilan juga bagus karena simpel dan enak untuk dipandang berlama-lama. Template ini juga cocok untuk mendaftar adsense. Saya menggunakan template ini untuk daftar Google Adsense.

File : Template Wkyes

Kesimpulan


Mobile first index harus diperhatikan betul untuk membuat template blog yang sesuai dengan kemauan google. 12 poin yang tersebut di atas bisa Anda gunakan sebagai patokan untuk membuat ataupun mencari template blog yang terbaik di tahun 2019 ini.

Jadi kesimpulannya adalah, template blogger terbaik adalah template blogger yang memperhatikan kenyamanan pengunjung dan juga crawler google. Sebagai alternatifnya Anda bisa menggunakan template yang saya gunakan ini. Fitur premium tanpa berbayar.

Demikianah Artikel tentang Template Blogger Terbaik 2019 - Cocok untuk SEO Blog. Semoga Bermanfaat. Aamiin..


Previous
« Prev Post