3 Misi Manusia Hidup di Dunia

Hidup di Duni

masnasih.com - Di malam ahad ini, saya ingin berbicara tentang misi manusia hidup di dunia. Ini akan menjadi tulisan yang menarik untuk dibaca, karena memang ini adalah misi utama namun banyak orang yang tak menyadarinya karena belum tahu atau tidak mau tahu. Jadi ada 3 misi utama manusia hidup di dunia.

Menurut tafsir ilmi penciptaan manusia perspektif Alquran dan Sains, yang di terbitkan oleh pemerintah Indonesia, disebutkan bahwa ada 3 misi yang di emban manusia hidup di dunia ini yaitu beribadah kepada Allah SWT, menjadi khalifah di dunia, dan menjaga kelestarian bumi. 

Baiklah kita bahas satu persatu, dimulai dari ibadah. Manusia hidup di dunia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Ibadah adalah kewajiban yang harus dijalankan oleh manusia semasa hidupnya. Ketika manusia tidak menjalankan ibadah semasa di hidupnya, maka berarti telah tersesat dari jalan yang harus dilaluinya. 

Khalifah di dunia berarti menjadi pemimpin, pemimpin untuk dirinya sendiri, untuk keluarganya, desanya, maupun negaranya. Menjadi khalifah berarti menjadi panutan. Menjadi panutan berarti harus mempunyai sifat yang mahmudah, selalu memberikan contoh yang baik. Memaslahatkan umat. Ketika manusia tidak bisa menjadi orang yang baik yang bisa dijadikan contoh untuk orang lain, maka manusia telah menyalahi kodratnya sebagai manusia.

Menjaga kelestarian bumi, artinya menjaga bumi agar tidak rusak. Allah telah menjadikan bumi sebagai sarana untuk dimanfaatkan oleh manusia, untuk dijaga dan untuk dilestarikan agar tetap subur rindang untuk menyambung kehidupan. Ketika manusia tidak menjaga bumi dan kerusakan terjadi, maka manusia lalai dengan tugasnya.

Adanya 3 tugas menjadikan manusia harus mencari ilmu. Ilmu yang dicari adalah tak lain untuk memenuhi tugasnya yaitu beribadah, menjadi khalifah, dan menjaga kelestarian alam. Tanpa mempelajari ilmunya, manusia akan cenderung melakukan hal yang berlawanan dengan tugasnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar