Ada Pasang Surut dalam Dunia Blogging

Pasang Surut Dunia Blogging

masnasih.com - Blog pada hakikatnya adalah media untuk sharing sesuatu yang bermanfaat. Sekarang blog telah beralih fungsi menjadi sebuah media yang bisa digunakan untuk mencari uang. Ketika ngeblog bertujuan mendapatkan uang maka harus ada strateginya, salah satunya adalah memanfaatkan seo. Seo adalah cara yang ampuh untuk mendapatkan pengunjung banyak di blog.

Nah ketika kita bermain seo, maka masalah yang akan muncul adalah terjadinya naik turun trafik pengunjung karena adanya perubahan algoritma dari mesin telusur itu sendiri. Namun blog yang tidak dirawat akan cenderung turun performanya, sedangkan blog yang terurus cenderung naik performanya dan tahan banting ketika mengalami penurunan peringkat.

Logikanya ketika kita mempunyai banyak konten dan selalu update setiap hari, maka akan ada banyak peluang peningkatan peringkat dan juga penurunan peringkat. Ketika ada salah satu artikel yang turun peringkatnya ketika kita masih terus update maka kita akan mendapatkan peluang dari artikel yang baru kita publikasi.

Jadi fungsi dari posting rutin adalah untuk mengganti artikel yang mengalami penurunan peringkat di mesin telusur. Anggap saja semua artikel yang pernah kita publikasi tiba-tiba hilang dari hasil penelusuran, maka kita masih mendapatkan harapan baru yaitu mendapatkan peringkat yang baik dari artikel yang baru.

Dan apabila artikel yang lama masih bertahan di peringkat yang baik, maka semakin banyak pula peluang kita mendapatkan pengunjung lebih banyak karena artikel yang baru bisa juga mendapatkan peringkat yang bagus di mesin telusur.

Begitu juga sebaliknya, apabila kita mempunyai blog yang jarang diurus, atau bahkan tidak diurus. Ketika kita mendapatkan deindeks masal, artikel yang pernah kita publikasi semuanya hilang dari hasil penelusuran; maka kita tak akan mendapatkan penggantinya karena kita tidak mengelola blog tersebut (tidak memposting konten baru).

Anggaplah peringkatnya masih bagus, tetapi ternyata ada pesaing baru yang berusaha mengalahkan peringkat blog kita, jika kita tidak mengelolanya dengan baik, maka cepat atau lambat akan tergeser sedikit demi sedikit, dan visitorpun semakin sedikit bahkan habis tak tersisa.

Maka dalam dunia seo ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu pesaing dan algoritma mesin telusur itu sendiri. Itulah ancaman yang pasti datang kapan saja dan cenderung  berdampak tidak baik bagi blog kita. Jadi jangan pernah panik, jangan heran ketika ngeblog mengalami pasang surut, karena semua itu memang butuh proses dan konsisten dalam waktu yang lumayan panjang untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai denga yang diharapkan.


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar