Berdzikir Membuat Hati Tenang, Teduh, dan Senang

Dzikir Itu Menenangkan
masnasih.com - Masalah seringkali membuat kita menjadi galau, sedih, dan putus asa. Hati yang sedang bahagia menjadi merasa sengsara karena munculnya sebuah masalah yang datang tak terduga-duga. Masalah memang datang pada siapa saja, tak melihat apakah dia kaya ataupun miskin, tak melihat apakah ia baik atau tidak. Masalah adalah sunnatullah yang pasti ada di dalam kehidupan di dunia. Masalah adalah sesuatu yang diluar dari harapan. Ketika kenyataan tak sesuai dengan keinginan, itulah yang dinamakan dengan masalah. Maka masalah yang muncul bisa berupa cobaan, atau peringatan dari Allah agar manusia ingat pada Sang Penciptanya, Allah SWT. Mengingat Allah SWT adalah cara terbaik untuk mengembalikan kegalauan, kesedihan, dan keputusasaan.

Berdzikir, mengingat Allah SWT dapat menenangkan hati dan pikiran. Seringkali kita terlalu sombong dengan peringatan-peringatan kecil dari Allah SWT. Ketika kita sehat tidak menggunakan kesehatan kita dengan sebaik mungkin. Kita justru mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang unfaedah, hiburan, foya-foya dsb. di saat itu Allah mengingatkan kita dengan perantara orang yang mengingatkan. Namun biasanya kita mengabaikannya. Sehingga pada waktunya, Allah mengingatkan kita dengan cobaan yaitu sakit.

Sakit adalah salah satu masalah yang pasti pernah dialami oleh manusia selama hidup di dunia. Dalam keadaan sakit, mengeluh justru membuat keadaan semakin tidak membaik. Maka dengan berdzikir, mendekatkan diri kepada Allah, menyadari semuanya dan menyerahkan semuanya kepada Allah setelah berusaha berobat, akan membuat hati menjadi tenang.

Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. sakit atau sembuh adalah hak prerogatif Allah SWT. Maka sebagai makhluk kita hanya bisa berikhtiar agar masalah yang sedang kita alami terselesaikan. Namun kita harus sadar diri bahwa semuanya terserah pada Allah SWT.

Tak hanya pada contoh sakit saja, semua masalah yang kita hadapi, misalnya masalah ekonomi, sosial, dsb; semuanya harus dikembalikan kepada Allah SWT. Dengan mengembalikan semuanya pada Allah, maka hati kita akan merasa tentram, teduh dan nyaman. Berdzikir menyadari semuanya datang dari Allah, dan kepada Allah lah semuanya akan kembali. Maka hati kita akan merasa tentram dan tak ada ketakutan di dalamnya.

Masalah yang datang adalah peringatan dari Allah SWT. Peringatan adalah tanda Allah mengingatkan kita untuk kembali ke jalan-Nya. Itulah bentuk nyata kasih sayang Allah kepada hambanya. Maka ketika kita mengetahui masalah yang datang adalah peringatan dari Allah, maka rasa senang akan muncul. Merasa nikmat karena masalah yang datang adalah bentuk kasih sayang Allah SWT. Dengan begitu, keimanan kita akan bertambah. Masya Allah. Wallahu A'lam.


Previous
« Prev Post