Maksimalkan Smartphone
masnasih com - Dalam kehidupan sehari-hari, berinternet adalah hal yang tidak dapat dihindarkan bahkan kebanyakan orang sudah menjadi netizen dalam dunia internet. Tujuan orang-orang dalam berinternet pun berbeda-beda seperti yang sudah saya jelaskan di postingan saya yang berjudul, "apa yang dicari netizen dalam berinternet?"

Tips Memaksimalkan Penggunaan Internet

Tapi pertanyaannya adalah apakah kita sudah menggunakan fasilitas internet dengan maksimal, apakah kita sudah menggunakannya dengan baik dan benar, dan apakah kita sudah benar-benar mendapatkan apa yang sebenarnya kita butuhkan? Jika dilihat realitanya kita akan menjawab belum. Iya belum. Kita belum menggunakan fasilitas internet itu dengan maksimal dan belum menemukan apa yang sebenarnya kita cari, walaupun sudah sedikit terbantu dengan adanya pelayanan-pelayanan di internet.

Kenyataannya memang seperti itu. Kita masih sering menemukan keganjalan-keganjalan di dunia internet. Penyedia layanan-layanan yang masih membuat kita kebingungan dan masih banyak kekurangan-kekurangan lainnya.

Contohnya konten-konten yang disediakan oleh pengelola blog gadungan yang kerjaannya copy paste. Hal itu akan membuat konten yang disediakan terlihat membosankan karena tidak unik. Hal ini yang menyebabkan banyak orang yang frustasi ketika mencari solusi-solusi melalui internet.

Memaksimalkan penggunaan internet itu gampang-gampang susah. Tapi saya akan mempermudah anda dalam memahami pemaksimalan penggunaan internet. Disini saya bagi menjadi dua sudut pandang yaitu sudut pandang konsumen dan sudut pandang produsen.

Sudut pandang konsumen

Dalam hal ini, anggap saja diri kita adalah konsumen atau bisa disebut sebagai pencari informasi. Dalam mencari informasi biasanya kita mencarinya menggunakan mesin pencari (google, bing, dsb). Ketika kita memasukkan kata kunci di pencarian, maka kita akan menemukan banyak artikel dari berbagai macam blog dan website. Perlu diperhatikan sebelum membuka daftar link judul yang ada di halaman depan.

Kita perhatikan satu-persatu dengan melihatnya dengan cermat judul maupun deskripsinya. Jika sama dengan kata kunci yang kita masukkan, barulah kita buka link tersebut. Kenapa demikian?

Karena biasanya link-link judul artikel tersebut belum tentu sama dengan kata kunci yang kita masukkan atau data yang sebenarnya kita cari. Dan mesin pencarian pun biasanya juga menampilkan artikel-artikel yang hanya mirip dengan kata kunci yang kita masukkan.

Kembali lagi memilih link-link yang kita anggap sama dengan yang kita cari. Buka link-link yang kita anggap cocok dan benar-benar sesuai dengan yang sedang kita cari paling tidak 5 artikel. Kemudian kita baca satu persatu dengan seksama.

Biasanya antara blog satu dengan blog yang lainnya itu berbeda-beda. Dengan perbedaan itu kita bisa menilai artikel mana yang sesuai dengan yang kita cari. Tapi biasanya satu sama lain saling melengkapi. artinya jika artikel-artikel itu digabungkan menjadi satu maka akan menjadi sebuah artikel yang lebih lengkap.

Sudut pandang produsen

Dalam hal ini berarti kita anggap saja diri kita adalah produsen atau penyedia layanan atau penyedia konten. Di posisi ini berarti kita harus belajar mengenai pola perilaku konsumen agar dalam proses pengadaan konten akan lebih hati-hati guna menghasilkan konten yang berkualitas. Karena target kita adalah konsumen berarti kita harus menyediakan konten-konten yang bersahabat dengan konsumen.

Dengan cara memahami karakter konsumen, memahami apa yang dibutuhkan konsumen, dan yang paling penting adalah mengetahui apa yang sedang dicari-cari oleh banyak konsumen kita akan dapat menyediakan konten yang benar-benar dicari oleh konsumen. Dari ketiga hal tersebut kita harus mengetahui dan memikirkannya secara betul demi pemaksimalan pelayanan kepada konsumen.

Dan ada satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya yaitu sabagai produsen, kita harus menyediakan konten-konten yang unik sehingga konsumen akan tertarik dan nyaman dengan konten yang kita sediakan yang akhirnya konsumen itu akan menjadi pelanggan untuk konten yang akan kita buat selanjutnya.

Intinya

Cara memaksimalkan penggunaan fasilitas internet jika kita adalah konsumen, maka dengan cara mencari informasi sebanyak-banyaknya sesuai dengan informasi yang kita butuhkan. Kemudian memilah-milah dan atau menggabungkan informasi-informasi tersebut.

Sedangkan jika kita adalah produsen, maka yang harus kita lakukan adalah menyediakan konten-konten yang lengkap dan berkualitas, Sehingga konsumen akan merasa nyaman. Dari kedua sudut pandang tersebut intinya adalah untuk memaksimalkan penggunaan internet, kita harus lebih cerdas dalam menggunakan fasilitas internet tersebut, sehingga akan benar-benar memaksimalkan penggunaan internet tersebut.

Demikianlah cara memaksimalkan penggunaan Internet. Semoga Bermanfaat.

Baca artikel Tips dan Trik Lainnya.